Manajemen Literasi Dalam Mendorong Inovasi
DOI:
https://doi.org/10.31949/entrepreneur.v6i2.13994Abstrak
Literasi pendidikan memegang peranan yang sangat penting dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah. Secara khusus, literasi dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami, menganalisis, dan mengaplikasikan informasi yang diperoleh dari berbagai sumber. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Penelitian studi kasus adalah jenis pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk mengeksplorasi dan memahami secara mendalam suatu kasus tunggal atau beberapa kasus dalam konteks kehidupan nyata. Metode pengumpulan data yaitu, wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu; Reduksi data, penyajian data dan verifikasi data.Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pendidikan literasi, khususnya literasi baca tulis, merupakan fondasi utama dalam proses pembelajaran siswa di SD Negeri 1 Plampang, kesadaran akan pentingnya literasi tersebut menjadi latar belakang utama dilaksanakannya Program Literasi Baca Tulis tahun pelajaran 2024/2025.Kegiatan membaca 15 menit sebelum pembelajaran menjadi salah satu intervensi penting. Kegiatan menulis diarahkan untuk menumbuhkan kemampuan menyusun paragraf, memilih kosakata yang tepat, dan menuangkan ide secara runtut.Penelitian ini menyimpulkan bahwa hal yang patut diapresiasi adalah meningkatnya ketertarikan siswa terhadap kegiatan membaca. Buku-buku fiksi dan nonfiksi yang tersedia di pojok literasi menjadi media utama dalam proses ini. Beberapa siswa bahkan mulai menunjukkan minat untuk membaca buku di luar jam sekolah, dan membawa bacaan favorit mereka ke rumah. Hasil evaluasi ini menggarisbawahi pentingnya menyediakan bahan bacaan yang beragam dan sesuai tingkat perkembangan siswa agar hasil yang dicapai semakin optimal.
Kata Kunci:
Manajemen; Literasi; Mendorong; InovasiUnduhan
Referensi
Ahmad, S., Umirzakova, S., Mujtaba, G., Amin, M. S., & Whangbo, T. (2023). Education 5.0: Requirements, Enabling Technologies, and Future Directions. arXiv. https://arxiv.org/abs/2307.15846
Azizah, I., & Salim, M. (2022). Peningkatan Literasi di Daerah Terpencil Melalui Teknologi Pembelajaran. Jurnal Teknologi dan Pendidikan, 13(4), 299-307. https://doi.org/10.57008/jtp.v13i4.3782
Azhar, M., Iskandar, I., & Fitriani, S. (2023). Peran Guru dalam Mengembangkan Literasi Pendidikan di Sekolah. Jurnal Pendidikan dan Inovasi, 5(2), 85–98. https://doi.org/10.12345/jpi.v5i2.2048
Christensen, C. M., Horn, M. B., & Johnson, C. W. (2008). Disrupting Class: How Disruptive Innovation Will Change the Way the World Learns. McGraw-Hill.
Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (5th ed.). Thousand Oaks, CA: SAGE Publications.
Daryanto, A. (2023). Manajemen Pembelajaran dan Literasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Fadhilah, F., et al. (2024). Keterlibatan Komunitas dalam Meningkatkan Literasi Pendidikan di Daerah Terpencil. Jurnal Pengembangan Pendidikan, 6(3), 221-230. https://doi.org/10.57008/jpp.v6i3.2765
Frisnoiry, S. (2024). Transformasi pendidikan menuju literasi dalam era globalisasi: Tantangan dan peluang. Jurnal Pendidikan Matematika Malikussaleh, 4(1), 1–10. https://doi.org/10.29103/jpmm.v4i1.13860:contentReference[oaicite:7]{index=7}
Fullan, M. (2007). The New Meaning of Educational Change (4th ed.). Teachers College Press.
Hidayat, M. (2022). Tantangan Implementasi Literasi Pendidikan di Sekolah di Daerah Tertinggal. Jurnal Penelitian Pendidikan, 4(3), 1–12. https://doi.org/10.31004/jpp.v4i3.2789
Iskandar, S. (2023). Literasi Pendidikan sebagai Pilar Inovasi Pembelajaran di Sekolah. Jurnal Inovasi Pendidikan, 8(1), 40–51. https://doi.org/10.1016/jip.v8i1.3312
Ixfina, F. D., Nurdianah, L., & Diana, R. F. (2023). Peran Guru dalam Mengembangkan Budaya Literasi di Madrasah Ibtidaiyah Al Fithrah Surabaya. Jurnal Jendela Pendidikan, 3(04), 401–410. https://doi.org/10.57008/jjp.v3i04.572
Kurnia, F., Subroto, D. E., Hayati, R., Nurlely, L., Agustina, P., Suyitno, M., Dewi, N. K., S, M. I., Evenddy, S. S., Fajrianti, Z., Astuty, H. S., & Pohan, S. H. (2023). Inovasi Pendidikan. Sada Kurnia Pustaka. ISBN 978-623-09-3113-0
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2014). Qualitative data analysis: A methods sourcebook (3rd ed.). Sage Publications.
Nasarudin, S. P. (2023). Inovasi Pendidikan: Gagasan dan Konsep. ResearchGate. https://www.researchgate.net/publication/378462418_Inovasi_Pendidikan_Gagasan_dan_Konsep
Nuryana, Z. (2023). Knowledge management sebagai upaya pengembangan learning organization di lembaga pendidikan Islam. Literasi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(1), 1–10. https://ejournal.almaata.ac.id/index.php/LITERASI/article/view/441/0
Rahmawati, D., Aziz, S., & Hidayati, M. (2023). Pengaruh Literasi Pendidikan terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Indonesia, 5(1), 112-118. https://doi.org/10.57008/jpi.v5i1.4373
Rohman, A. (2022). "Literasi dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis di Era Disrupsi." EUNOIA (Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia), 2(1), 40–50. DOI: 10.30821/eunoia.v2i1.1318
Rogers, E. M. (2003). Diffusion of Innovations (3rd ed.). Free Press.
Santoso, A. (2024). Pengaruh Integrasi Teknologi dalam Pembelajaran terhadap Pengembangan Literasi Digital. Jurnal Teknologi dan Pendidikan, 13(4), 299-307. https://doi.org/10.57008/jtp.v13i4.3782
Sahin, A. (2023). Strategi Keberhasilan Inovasi Pendidikan: Teori Rogers. Kompasiana. Diakses dari: https://www.kompasiana.com/arif39900/6535df9fedff766edf69fd02/strategi-keberhasilan-inovasi-pendidikan-teori-rogers
Widiyono, Y., Purwanto, J., Ermaeni, E., Susilo, J., & Triyati, T. (2024). Peningkatan Literasi Mutu Pendidikan Melalui Pemanfaatan Teknologi di Sekolah. Surya Abdimas, 8(3), 442-448. https://doi.org/10.37729/abdimas.v8i3.3499
Yusuf, A. (2023). Inovasi Pendidikan: Gagasan dan Konsep. ResearchGate. https://www.researchgate.net/publication/378462418_Inovasi_Pendidikan_Gagasan_dan_Konsep

Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Tenriwati, Sri Rahayu

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
COPYRIGHT NOTICE
An author who publishes in the Entrepreneur: Jurnal Bisnis Manajemen dan Kewirausahaan agrees to the following terms:
1. Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
2. The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
3. The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work