Pengaruh Islamic Lifestyle dan Islamic Branding Terhadap Keputusan Masyarakat Kota Cirebon Dalam Menggunakan Produk Perbankan Syariah
DOI:
https://doi.org/10.31949/entrepreneur.v6i2.13897Abstrak
Pertumbuhan pesat perbankan syariah di Indonesia tidak lepas dari meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya penggunaan produk halal sehingga merubah gaya hidup masyarakat menjadi gaya hidup islami atau Islamic Lifestyle dan upaya pemasaran yang dilakukan Perbankan Syariah melalui Islamic Branding yang dapat meningkatkan keputusan penggunaan masyarakat terhadap produk perbankan syariah. Islamic Lifestyle yang semakin populer dan Islamic Branding dianggap sebagai kunci yang dapat berkontribusi pada peningkatan keputusan menggunakan produk perbankan syariah. Dengan demikian, penelitian ini bertujuan untuk mencari pengaruh islamic lifetyle dan islamic branding terhadap keputusan menggunakan produk Perbankan Syariah pada Masyarakat Kota Cirebon. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian lapangan (Field Research), teknik pengambilan sampel dilakukan dengan metode non probability sampling dengan jenis purposive sampling. Dengan demikian dapat diketahui sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 responden. Teknik analisis data pada penelitian ini di analisis dengan menggunakan regresi linear berganda dengan menggunakan aplikasi IBM SPSS Statistic versi 30. Hasil penelitian menunjukan bahwa, variabel islamic lifestyle memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menggunakan produk Perbankan Syariah dengan pengaruh parsial sebesar 14,87%. Variabel islamic branding memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menggunakan produk Perbankan Syariah dengan pengaruh parsial sebesar 11,37%. Hasil uji simultan (uji F) menunjukan bahwa variabel islamic lifestyle dan islamic branding berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menggunakan produk Perbankan Syariah dengan pengaruh simultan sebesar 26,3%.
Kata Kunci:
Halal Label, Celebrity Endorsment, Purchase Decision, Brand ImageUnduhan
Referensi
Ahadi, G. D., & Zain, N. N. L. E. (2023). Pemeriksaan Uji Kenormalan dengan Kolmogorov-Smirnov, Anderson-Darling dan Shapiro-Wilk. Eigen Mathematics Journal, 11–19.
Amanda, L., Yanuar, F., & Devianto, D. (2019). Uji validitas dan reliabilitas tingkat partisipasi politik masyarakat kota Padang. Jurnal Matematika UNAND, 8(1), 179–188.
Aulia, A. G. (2020). Pengaruh Labelisasi Halal Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Pizza Hut Ciputra Pekanbaru. https://library.uir.ac.id
Darma, B. (2021). Statistika Penelitian Menggunakan SPSS (Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Regresi Linier Sederhana, Regresi Linier Berganda, Uji t, Uji F, R2). Guepedia.com
Isnaini, N. (2022). Konsep Pembentukan Islamic Branding Tinjauan Etika Bisnis Islam. Jurnal Ekonomika Dan Bisnis Islam, 5(3), 127–144.
Mardiatmoko, G. (2020). Pentingnya uji asumsi klasik pada analisis regresi linier berganda (studi kasus penyusunan persamaan allometrik kenari muda [canarium indicum l.]). BAREKENG: Jurnal Ilmu Matematika Dan Terapan, 14(3), 333–342.
Prayuda, R. Z. (2023). Peran Budaya Organisasi, Motivasi Kerja Terhadap Organizational Citizenship Behaviour Melalui Mediasi Komitmen Organisasi pada BUMD. Journal of Industrial Engineering & Management Research, 4(5), 7–14.
Rosita, E., Hidayat, W., & Yuliani, W. (2021). Uji validitas dan reliabilitas kuesioner perilaku prososial. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling Dalam Pendidikan), 4(4), 279–284.
Sahir, S. H. (2021). Metodologi penelitian. Penerbit KBM Indonesia.
Santoso, S. (2015). AMOS 22 untuk structural equation modelling. Elex Media Komputindo.
Setiawan, B. (2017). Teknik hitung manual analisis regresi linear berganda dua variabel bebas. CV. MEDIA SAINS INDONESIA.
Siregar, H. D., Wassalwa, M., Janani, K., & Harahap, I. S. (2024). Analisis Uji Hipotesis Penelitian Perbandingan menggunakan Statistik Parametrik. Al Ittihadu, 3(1), 1–12.
Slamet, R., & Wahyuningsih, S. (2022). Validitas dan reliabilitas terhadap instrumen kepuasan kerja. Aliansi: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 17(2).
Soeprajogo, M. P., & Ratnaningsih, N. (2020). Perbandingan Dua Rata-Rata Uji-T. Pusat Mata Nasional. Rumah Sakit Mata CICENDO.
Sugiyono, P. D. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (M. Dr. Ir. Sutopo. S. Pd. ALFABETA, Cv.
Sukendra, I. K., & Atmaja, I. (2020). Instrumen penelitian. Mahameru Press.
WATI, L. (2017). Pengaruh Kepemimpinan dan Komunikasi terhadap Produktivitas Kerja Pegawai Kepolisian Resor Kutai Timur. Ekonomia, 6(2), 272–281.
Widana, I. W., & Muliani, N. P. L. (2020). Uji persyaratan analisis. Penerbit Klik Media.
Wisudaningsi, B. A., Arofah, I., & Belang, K. A. (2019). Pengaruh kualitas pelayanan dan kualitas produk terhadap kepuasan konsumen dengan menggunakan metode analisis regresi linear berganda. Statmat: Jurnal Statistika Dan Matematika, 1(1), 103–116.

Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Prayogi Hasan, Rita Kusumadewi, Diana Djuwita, Budi Rusdian

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
COPYRIGHT NOTICE
An author who publishes in the Entrepreneur: Jurnal Bisnis Manajemen dan Kewirausahaan agrees to the following terms:
1. Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
2. The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
3. The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work