Implementasi Strategi Social Media Marketing Dan Marketing Mix 4P Pada Umkm Dapur Yura Di Desa Baturiti Terhadap Kinerja Penjualan
DOI:
https://doi.org/10.31949/entrepreneur.v6i2.13656Abstrak
UMKM adalah Usaha Mikro Kecil Menengah. Menurut Undang-undang, UMKM dibagi menjadi beberapa bagian yaitu Usaha Mikro, Usaha Kecil dan Usaha Menengah. UMKM memiliki peran penting dalam perekonomian masyarakat Indonesia. Sebagai pelaku UMKM, tentunya mengharapkan UMKM dapat berjalan dengan stabil dan bisa mencapai keuntungan yang baik. Untuk menjaga kestabilan UMKM dan mencapai keuntungan, maka diperlukan Strategi Marketing yang tepat dengan tujuan untuk Meningkatkan Kinerja Penjualan serta meningkatkan Brand Awareness. Di era digital saat ini, Strategi Marketing yang dapat diterapkan diantaranya yaitu seperti Social Media Marketing dan Marketing Mix 4P. Dengan penggunaan Strategi Marketing yang tepat, maka pelaku UMKM dapat mencapai Target Penjualan. Berdasarkan permasalah tersebut, maka tujuan dari Penelitian Eksperimental ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang pentingnya Strategi Marketing yang tepat guna untuk Meningkatkan Kinerja Penjualan, Serta dengan Penelitian Eksperimental ini, maka Peneliti dapat membandingkan tingkat keberhasilan suatu UMKM yang menggunakan Strategi Marketing yang Tepat dengan UMKM yang tidak menggunakan Strategi Marketing yang Tepat.
Kata Kunci:
Pemasaran, Media Sosial, Bauran Pemasaran, UMKMUnduhan
Referensi
Bangun, C. S., & Purnama, S. (2023). Optimalisasi pemanfaatan digital marketing untuk umkm (usaha mikro, kecil dan menengah). ADI Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 89-98.
Risandi, M. D., & Dwiridotjahjono, J. (2024). Implementasi Strategi Bauran Pemasaran dalam Meningkatkan Volume Penjualan Ekspor Pada PT Panjimas Textile. MASMAN: Master Manajemen, 2(1), 111-118.
Nasrullah, R. (2015). Media sosial: Perspektif komunikasi, budaya, dan sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media, 2016, 2017.
Prasetijo, R., & Ihalauw, J. (2005). Perilaku konsumen. Yogyakarta: Andi.
Rauf, A. (2021). Pengertian digital marketing. Digital Marketing: Konsep dan Strategi, 1(2).
Risal, M., dan Salju. (2017). "Pengaruh Bauran Pemasaran (4Ps) Dalam Meningkatkan Kinerja Pemasaran". Jurnal Balance, XIV(1), 1-18. http://103.114.35.30/index.php/balance/article/view/1282.
Sofjan Assauri, 2011, Manajemen Pemasaran : Dasar, Konsep Dan Strategi, Cetakan Kesebelas, PT. Raja Grafindo, Jakarta.
Untari, D., & Fajariana, D. E. (2018). Strategi pemasaran melalui media sosial instagram (studi deskriptif pada akun@ subur_batik). Widya Cipta: Jurnal Sekretari Dan Manajemen, 2(2), 271-278

Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Yusuf Stefanus, Ngurah Gede Dwi Mahadipta, Putu Yogi Agustia Pratama, Nukke Sylvia

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
COPYRIGHT NOTICE
An author who publishes in the Entrepreneur: Jurnal Bisnis Manajemen dan Kewirausahaan agrees to the following terms:
1. Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
2. The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
3. The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work