Implementasi Strategi Social Media Marketing Dan Marketing Mix 4P Pada Umkm Dapur Yura Di Desa Baturiti Terhadap Kinerja Penjualan

Penulis

  • Yusuf Stefanus Institut Desain dan Bisnis Bali
  • Ngurah Gede Dwi Mahadipta Institut Desain dan Bisnis Bali
  • Putu Yogi Agustia Pratama Insititut Desain dan Bisnis Bali
  • Nukke Sylvia Universitas Mercu Buana

DOI:

https://doi.org/10.31949/entrepreneur.v6i2.13656

Abstrak

UMKM adalah Usaha Mikro Kecil Menengah. Menurut Undang-undang, UMKM dibagi menjadi beberapa bagian yaitu Usaha Mikro, Usaha Kecil dan Usaha Menengah. UMKM memiliki peran penting dalam perekonomian masyarakat Indonesia. Sebagai pelaku UMKM, tentunya mengharapkan UMKM dapat berjalan dengan stabil dan bisa mencapai keuntungan yang baik. Untuk menjaga kestabilan UMKM dan mencapai keuntungan, maka diperlukan Strategi Marketing yang tepat dengan tujuan untuk Meningkatkan Kinerja Penjualan serta meningkatkan Brand Awareness. Di era digital saat ini, Strategi Marketing yang dapat diterapkan diantaranya yaitu seperti Social Media Marketing dan Marketing Mix 4P. Dengan penggunaan Strategi Marketing yang tepat, maka pelaku UMKM dapat mencapai Target Penjualan. Berdasarkan permasalah tersebut, maka tujuan dari Penelitian Eksperimental ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang pentingnya Strategi Marketing yang tepat guna untuk Meningkatkan Kinerja Penjualan, Serta dengan Penelitian Eksperimental ini, maka Peneliti dapat membandingkan tingkat keberhasilan suatu UMKM yang menggunakan Strategi Marketing yang Tepat dengan UMKM yang tidak menggunakan Strategi Marketing yang Tepat.

Kata Kunci:

Pemasaran, Media Sosial, Bauran Pemasaran, UMKM

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Bangun, C. S., & Purnama, S. (2023). Optimalisasi pemanfaatan digital marketing untuk umkm (usaha mikro, kecil dan menengah). ADI Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 89-98.

Risandi, M. D., & Dwiridotjahjono, J. (2024). Implementasi Strategi Bauran Pemasaran dalam Meningkatkan Volume Penjualan Ekspor Pada PT Panjimas Textile. MASMAN: Master Manajemen, 2(1), 111-118.

Nasrullah, R. (2015). Media sosial: Perspektif komunikasi, budaya, dan sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media, 2016, 2017.

Prasetijo, R., & Ihalauw, J. (2005). Perilaku konsumen. Yogyakarta: Andi.

Rauf, A. (2021). Pengertian digital marketing. Digital Marketing: Konsep dan Strategi, 1(2).

Risal, M., dan Salju. (2017). "Pengaruh Bauran Pemasaran (4Ps) Dalam Meningkatkan Kinerja Pemasaran". Jurnal Balance, XIV(1), 1-18. http://103.114.35.30/index.php/balance/article/view/1282.

Sofjan Assauri, 2011, Manajemen Pemasaran : Dasar, Konsep Dan Strategi, Cetakan Kesebelas, PT. Raja Grafindo, Jakarta.

Untari, D., & Fajariana, D. E. (2018). Strategi pemasaran melalui media sosial instagram (studi deskriptif pada akun@ subur_batik). Widya Cipta: Jurnal Sekretari Dan Manajemen, 2(2), 271-278

Unduhan

Abstract Views : 5
Downloads Count: 2

Diterbitkan

2025-07-28

Cara Mengutip

Stefanus, Y., Mahadipta, N. G. D., Pratama, P. Y. A., & Sylvia, N. (2025). Implementasi Strategi Social Media Marketing Dan Marketing Mix 4P Pada Umkm Dapur Yura Di Desa Baturiti Terhadap Kinerja Penjualan. Entrepreneur: Jurnal Bisnis Manajemen Dan Kewirausahaan, 6(2), 88–97. https://doi.org/10.31949/entrepreneur.v6i2.13656

Terbitan

Bagian

Articles