Strategi Pemasaran Pariwisata Dan Manajemen SDM Berbasis Kearifan Lokal Dalam Penguatan atribut Produk Pariwisata Kecamatan Kabila Bone Kabupaten Bone Bolango
DOI:
https://doi.org/10.31949/entrepreneur.v6i1.12790Abstrak
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Strategi Pemasaran Pariwisata Dan Manajemen Sdm Dalam Meningkatkan Ekonomi Kreatif Berbasis Kearifan Lokal Penguatan Atribut Produk Pariwisata Lokal Kecamatan Kabila Bone Kabupaten Bone Bolango. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan regresi berganda. Hasil Penelitian bahwa dari segi atraksi objek wisata Kecamatan Kabila Bone Kabupaten Bone Bolango sesuai tanggapan pengunjung berada pada kategori menarik, Fasilitas objek wisata berada pada kategori kurang memadai, sedangkan aksesibilitas objek wisata Pantai berada pada kategori cukup tersedia. Manajemen SDM (pengelola) akan memberi dampak positif terhadap nilai kepercayaan pengunjung objek wisata (atraksi, fasilitas dan aksesibilitas). Jika ditingkatkan lagi maka akan semakin baik menyuguhkan atraksi akan memberikan nilai pelanggan semakin meningkat. Dari aspek kearifan local perlu dikuatkan edukasi Masyarakat sekitar untuk pemahaman kunjungan wisatawan asing untuk menikmati Susana Pantai. Fasilitas memiliki dampak nilai pelanggan artinya semakin baik penyediaan fasilitas akan memberikan nilai pelanggan semakin meningkat. Dan aksesibilitas juga memiliki dampak nilai pelanggan artinya semakin baik penyediaan aksesibilitas akan memberikan nilai pelanggan semakin meningkat, sehingga akan meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat khususnya pengelola objek wisata pantai. Dengan nilai keunggulan meningkatnya pengunjung yang diperoleh dari nilai manfaat relatif lebih baik, tetapi dilihat dari kategori baik nilai manfaat maupun nilai korbanan termasuk dalam kategori yang baik menjadi modal penentu keunggulan daya tarik wisata Pantai Kecamatan Kabila Bone Kabupaten Bone Bolango.
Kata Kunci:
Strategi pemasaran, Manajemen SDM, Kearifan local, Atribut Produk dan Pariwisata Lokal.Unduhan
Referensi
Ahmad, M. (2019). The Influence of Product Attribute and Reference Group Towards Customer Value of Moslem’s Wear Kerawang Handycraft In Gorontalo Province Muchtar Ahmad Gorontalo State University. International Journal Of Accounting & Finance in Asia Pasific, 2(1), 1–12.
Ahmad, M. R. (2014). Atribut Produk dan Kelompok Reverensi Dalam Perspektif Pelanggan Kerajinan Karawo (U. P. Hastanto & D. W. Handayani (eds.); 1st ed.). DeePublish.
Ahmad, M., & Radji, D. L. (2022). Strengthening Attributes of Local Tourism Products To The Excellence Value of National Tourism Destination Objects Bongo Village Gorontalo. European Journal of Research Development and Sustainability (EJRDS), 3(9), 1–8.
Asthu, A. A., Dewandini, A. S., Wirastuti, A. R., Pradjwalita K, C. F. P., Aqmarina, L., Husna, Rifasya, M. F., Rosyidi, M. I., Bachtiar, N., Utam, R. D., Damayanti, S. N., Swesti, W., & Usman, Y. F. (2023). Outlook Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif Indonesia 2023/2024.
Depari, C. D. A., & Cininta, M. (2023). Perancangan Kawasan Wisata Berbasis Partisipasi Komunitas dan Karakter Lokal di Dusun Trucuk, Desa Triwidadi, Bantul. Jurnal Atma Inovasia, 3(2), 139–147. https://doi.org/10.24002/jai.v3i2.6920
Fauziah, S., Febiola Aritonang, Y., Manajemen, D., Udara, T., & Abstrak, Y. (2023). Analisis Fasilitas Penunjang Sektor Pariwisata Di Bandara Internasional Hang Nadim Batam. Media Online) Jurnal Flight Attendant Kedirgantaraan, 5(1), 2962–6765.
Fitriana, F., Hilman, Y. A., & Triono, B. (2020). Peran Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Dalam Upaya Pelestarian Kesenian Budaya Lokal. Jurnal Inovasi Ilmu Sosial Dan Politik, 2(1), 1. https://doi.org/10.33474/jisop.v2i1.4899
Musleh, M. (2023). Tata Kelola Wisata Pulau Gili Iyang: Perspektif Community Based Tourism. Journal of Contemporary Public Administration (JCPA), 3(1), 42–50. https://doi.org/10.22225/jcpa.3.1.2023.42-50
Nawawi, A., & Miswadi. (2020). Kesesuaian dan Daya Dukung Wisata di Kawasan Mangrove Rawa Mekar Jaya Kabupaten Siak Provinsi Riau. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(6).
Nugraha, Y. E. (2021). Pariwisata Berbasis Masyarakat Konsep dan Praktik. Pena Persada, 1–11. http://dx.doi.org/10.31237/osf.io/m6qpk
Nurdin, I. S. H. (2019). Metodologi penelitian sosial (Lutfiah (ed.)).
Sahir, S. H. (2021). Metodologi Penelitian (Cetakan 1). KBM INDONESIA.
Silitonga, F., Cahayani, K., Supriono, T., & Andesta, I. (2024). Metode Penelitian Pariwisata. Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Politeknik Pariwisata Batam.
Sudarmanto, E., Fitriana, A., Malau, M., Nainggolan, C. D., Zunaidi, A., Manurung, S., Halisa, N. N., Syairozi, M. I., Paranita, E. S., Wicaksono, G., Pangestuti, D. C., Hasbi, I., Bambang, & Hidayat, G. (2004). Penganggaran Perusahaan. https://www.researchgate.net/publication/350940616
Sudarmanto, E., Raharjo, B. B., Sulaiman, S., & Kristiyanto, A. (2022). Pengelolaan Objek Wisata Desa Kemuning sebagai Media Rekreasi Masyarakat. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana Universitas Negeri Semarang, 323–328.
Sugiono. (2017). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sutikno, D. U., Revida, E., Munsarif, M., Semarang, U. M., Mangiring, H., Simarmata, P., Indonesia, P. B., & Saputra, D. H. (2020). Tourism Marketing (Issue February 2021).
Tohop, R., Aneta, Y., A. Hulinggi, P., & Ahmad, M. (2024). Tourism Development Policy in Tomini Bay Area Gorontalo, Indonesia. KnE Social Sciences. https://doi.org/10.18502/kss.v9i7.15537
Tohopi, R., Radji, D. L., Idris, U., & Corawati. (2021). Strengthening Village Government Policies in Improving Diversification of Processed Fish Products in Molutabu Village , Bone Bolango Regency , Indonesia. International Journal of Innovative Science and Research Technology, 6(9), 738–748.
Wahyuni, D. (2021). Upaya Pemulihan Pariwisata Yogyakarta pada Masa Pandemi Covid-19 Yogyakarta Tourism Recovery Efforts during the Covid-19 Pandemic Pendahuluan. 12(2). https://doi.org/10.46807/aspirasi.v12i2.2502
Wardiyanta. (2010). Metode Penelitian Pariwisata. Andi OFFSET.

Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Muchtar Ahmad, Djoko Lesmana Radji, Siti Nur A. Saman

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
COPYRIGHT NOTICE
An author who publishes in the Entrepreneur: Jurnal Bisnis Manajemen dan Kewirausahaan agrees to the following terms:
1. Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
2. The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
3. The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work