Analisis Kapabilitas Pemasaran Dan Orientasi Pasar Terhadap Keunggulan Daya Saing UMKM Seketeng
DOI:
https://doi.org/10.31949/entrepreneur.v5i3.11374Abstrak
Kemampuan pemasaran sebagai kemampuan untuk menggunakan input dan sumber daya, seperti sumber daya keuangan dan basis pelanggan yang ada untuk digunakan secara lebih efisien dalam menghasilkan penjualan yang diinginkan. Usaha Mikro Kecil dan Menengah yang berorientasi pasar dan memiliki kemampuan pemasaran diperlukan untuk mencapai kinerja pemasaran dan keunggulan bersaing. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kemampuan pemasaran, orientasi pasar terhadap keunggulan bersaing Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Desa Seketeng Kabupaten Sumbawa. Metode penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis Statistical Package for the Social Sciences. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kemampuan Pemasaran dan Orientasi Pasar secara simultan atau bersama-sama memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Keunggulan Bersaing Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Desa Seketeng dengan tingkat signifikansi 5% (0,05) dan F = (k; n-k) = f (2; 68) = 3,13. Sehingga diperoleh nilai Ftabel sebesar 3,13 karena nilai Fhitung > Ftabel (24,915 > 3,13). Untuk meningkatkan produktivitas UMKM di Desa Seketeng, Kabupaten Sumbawa, kemampuan kapabilitas pemasaran dan orientasi pasar dalam meningkatkan kinerja pemasaran UMKM perlu diperhatikan. UMKM yang memiliki kapabilitas pemasaran yang lebih baik dan menggunakan kanal digital untuk mempromosikan produk atau layanannya cenderung berkinerja lebih baik dalam hal pertumbuhan penjualan, akuisisi pelanggan, retensi pelanggan, dan kepuasan pelanggan. Selain itu, kapabilitas pemasaran memegang peranan penting dalam meningkatkan keunggulan kompetitif UMKM. UMKM membutuhkan kapabilitas pemasaran untuk membangun keunggulan kompetitif yang berkelanjutan karena kapabilitas pemasaran menciptakan aset tak berwujud yang berharga, seperti pengetahuan yang langka dan sulit ditiru.
Kata Kunci:
kemampuan pemasaran, orientasi pasar, keunggulan daya saingUnduhan
Referensi
Agyapong, A., Osei, H. V., & Akomea, S. Y. (2015). Marketing capability, competitive strategies and performance of micro and small family businesses in ghana. Journal of Developmental Entrepreneurship, 20(4), 1–25.
Da Costa, J. C. N., Camargo, S. M., Machado Toaldo, A. M., & Didonet, S. R. (2018). The role of marketing capabilities, absorptive capacity, and innovation performance. Marketing Intelligence and Planning, 36(4), 410– 424.
Fidela, A., Pratama, A., & Nursyamsiah, T. (2020). Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dengan Program Pemasaran Desa Jambu Raya di Desa Jambu , Kabupaten Sumedang. Jurnal Pusat Inovasi Masyarakat, 2(3), 493–498.
Frans Sudirjo, Arief Yanto Rukmana, Hilarius Wandan, & Muhammad Lukman Hakim. (2023). Pengaruh Kapabilitas Pemasaran, Digital Marketing Dalam Meningkatkan Kinerja Pemasaran UMKM Di Jawa Barat. Jurnal Bisnisman : Riset Bisnis Dan Manajemen, 5(1), 55–69. https://doi.org/10.52005/bisnisman.v5i1.134
Frans Sudirjo, A. Y. (2023). Pengaruh Kapabilitas Pemasaran, Pemasaran Digital Dalam Meningkatkan Kinerja Pemasaran UMKM di Jawa Barat. Vol. 5 No. 1.
Hudiyono, R. F. (2022). Analisis Program Pengembangan Usaha Mikro, Kecil, Danmenengah (Umkm) Oleh Pt Lima Pondasi Bersama. Jurnal Administrasi Bisnis Terapan, 4(2). https://doi.org/10.7454/jabt.v4i2.1026
Liliani, L., & Wiliana, J. (2018). Kapabilitas Dinamis UMKM dalam Merespons Perubahan Lingkungan Bisnis. Business and Finance Journal, 3(1), 33–46. https://doi.org/10.33086/bfj.v3i1.417
Liu, G., Eng, T., & Takeda, S. (2015). An investigation of marketing capabilities and social enterprise performance in the UK and Japan. Entrepreneurship Theory and Practice, 39(2), 267–298.
Lubis, Khairul Akhir. 2008. Pengaruh Pelatihan dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Perkebunan Nusantara IV. Tesis. Medan: Sekolah Pascasarjana Universitas Sumatera Utara, Medan.
Moeljadi. 2005. “Pengaruh Kekuatan Bersaing terhadap Kinerja Perusahaan Berdasarkan Pendekatan Balanced Scorecard”. Jurnal Ekonomi dan Manajemen, Volume 6 Nomor 3.
Mohammad Hoiron, E. W. (2018, Oktober). Pengaruh Kapabilitas Pemasaran, Keunggulan Bersaing dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja UKM (Usaha sKecil dan Menengah ) di Kabupaten Lumajang. Majalah Ilmiah (DIAN ILMU), Vol. 18 No. 1
Purnamasari, S., & Wijaya, A. (2020). Pengaruh Orientasi Pasar, Orientasi Kewirausahaan Dan Kemampuan Pemasaran, Terhadap Kinerja Bisnis Umkm Clothing Line. Business Management Journal, 16(1), 12. https://doi.org/10.30813/bmj.v16i1.2052
Riki Afriwan Wahyudi, E. K. (2023). Pengaruh Orientasi Pasar, Orientasi Kewirausahaan dan Inovasi Produk terhadap Kinerja Pemasaran pada Coffee Shop di Kota Padang. Jil. 22 No. 2.
Susilowati, Rini. 2005. Membangun Keunggulan Bersaing melalui Penataan Internal Rumah Sakit (Studi Kasus di Rumah Sakit Umum Daerah Ungaran). Tesis. Semarang: Program Studi Magister Managemen Program Pascasarjana Universitas Diponegoro.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Siregar, Baldric. (2017). Akuntansi Sektor Publik (Akuntansi keuangan Pemerintah Daerah Berbasis Akrual). Yogyakarta: UPP STIM YKPN
Sulistyawati, A. I., Indarto, & Saifudin. (2018). Beberapa Faktor yang Mempengaruhi Keunggulan Bersaing pada UMKM Handycraft di Semarang. Prosiding Seminar Nasional Unimus, 1, 307–315.
Wahyudin, N. (2015). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keunggulan Bersaing untuk Meningkatkan Kinerja Pergutuan Tinggi (PTS) pada Sekolah Tinggi dan Akademi di Semarang. Holistic Journal of Management Research, 3(2), 77–93. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.23258.64961

Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Sri Rahayu, I Putu Gede Diatmika

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
COPYRIGHT NOTICE
An author who publishes in the Entrepreneur: Jurnal Bisnis Manajemen dan Kewirausahaan agrees to the following terms:
1. Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
2. The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
3. The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work