Pengaruh Model Komunikasi Terapeutik dan Kompetensi Tenaga Kesehatan Terhadap Kenyamanan Pasien di Klinik Pratama St. Martin De Porres Ende

Penulis

  • Agueda Da Conceicao Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya
  • Dasrun Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya
  • Yani Restiani Widjaja Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya

DOI:

https://doi.org/10.31949/entrepreneur.v6i2.14346

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh komunikasi terapeutik dan kompetensi tenaga kesehatan terhadap kenyaman pasien di Klinik Pratama St. Martin de Porres. Kenyamanan pasien dipandang sebagai indikator mutu layanan kesehatan primer yang mencakup dimensi fisik, emosional, sosial, dan psikologis. Metode penelitian campuran (mixed methods) yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain eksplanasi sekuensial (The Explanatory Sequential Design), diawali dengan kuantitatif digunakan melalui survei terhadap 100 Responden dengan pelengkap data kualitatif dari wawancara delapan informan. Hasil uji regresi parsial menunjukkan bahwa komunikasi terapeutik berpengaruh signifikan terhadap kenyamanan pasien, sementara kompetensi tenaga kesehatan tidak menunjukkan pengaruh yang signifikan. Namun, secara simultan kedua variabel berpengaruh signifikan dengan kontribusi sebesar 9%. Temuan kualitatif mendukung pentingnya komunikasi empatik dan profesionalisme dalam menciptakan kenyamanan. Penelitian ini merekomendasikan pengembangan instrumen yang lebih valid serta eksplorasi variabel perantara seperti kepercayaan dan persepsi fasilitas, dengan pendekatan mixed-method atau Structural Equation Modeling (SEM) untuk analisis yang lebih komprehensif di masa mendatang.

Kata Kunci:

: Komunikasi Interpersonal, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

DAFTAR PUSTAKA

Abraham, S. A., Nsatimba, F., Agyare, D. F., Agyeiwaa, J., Opoku-Danso, R., Ninnoni, J. P., Doe, P. F., Kuffour, B. O., Anumel, B. K., Berchie, G. O., Boso, C. M., Druye, A. A., Okantey, C., Owusu, G., Obeng, P., Amoadu, M., & Commey, I. T. 2024. Barriers and Outcomes of Therapeutic Communication between Nurses and Patients in Africa: A Scoping Review. BMC Nursing, 23(1). https://doi.org/https://doi.org/10.1186/s12912-024-02038-0

Alya, N., & Latunreng, W. 2023. Analisis Pengaruh Kompetensi dan Kedisiplinan Tenaga Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Puskesmas Jasinga Kabupaten Bogor Jawa Barat. Jurnal Transparansi: Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi, 1608–1625.

Danaher, T. S., Berry, L. L., Howard, C., Moore, S. G., & Attai, D. J. 2023. Improving How Clinicians Communicate With Patients: An Integrative Review and Framework. Journal of Service Research, 26(4), 493–510. https://doi.org/https://doi.org/10.1177/10946705231190018

Edgman-Levitan, S., & Schoenbaum, S. C. 2021. Patient-Centered Care: Achieving Higher Quality by Designing Care through the Patient’s Eyes. Israel Journal of Health Policy Research, 10(1). https://doi.org/https://doi.org/10.1186/s13584-021-00459-9

Eijkelenboom, A. M., & Bluyssen, P. M. 2022. Comfort and Health of Patients and Staff, Related to the Physical Environment of Different Departments in Hospitals: A Literature Review. Intelligent Buildings International, 14(1), 95–113. https://doi.org/https://doi.org/10.1080/17508975.2019.1613218

Elkefi, S., & Asan, O. 2023. The Impact of Patient-Centered Care on Cancer Patients’ QOC, Self-Efficacy, and Trust Towards Doctors: Analysis of a National Survey. Journal of Patient Experience, 10. https://doi.org/https://doi.org/10.1177/23743735231151533

Fite, R. O., Assefa, M., Demissie, A., & Belachew, T. 2019. Predictors of Therapeutic Communication between Nurses and Hospitalized Patients. Heliyon, 5(10). https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2019.e02665

Grover, S., Fitzpatrick, A., Azim, F. T., Ariza-Vega, P., Bellwood, P., Burns, J., Burton, E., Fleig, L., Clemson, L., Hoppmann, C. A., & Madden, K. M. 2022. Defining and Implementing Patient-Centered Care: An Umbrella Review. Patient Education and Counseling.

Hikmah, N., & Gunardi, D. 2024. Pengaruh Kompetensi dan Komunikasi Perawat Terhadap Kepuasan Pasien dengan Kinerja Perawat Sebagai Variabel Mediasi. Journal of Management, 7(1).

Kolcaba, K. Y., & Student, P. 1994. A Theory of Holistic Comfort for Nursing. Journal of Advanced Ntlrsing, 19.

Kwame, A., & Petrucka, P. M. 2021. A Literature-Based Study of Patient-Centered Care and Communication in Nurse-Patient Interactions: Barriers, Facilitators, and the way Forward. BMC Nursing, 20(1). https://doi.org/https://doi.org/10.1186/s12912-021-00684-2

Ramadia, A., Rahmaniza, & Maulidi, A. 2022. Hubungan Komunikasi Terapeutik Perawat Dengan Tingkat Kepuasan Pasien di Ruang Rawat Inap. Jurnal Keperawatan Jiwa (JKJ): Persatuan Perawat Nasional Indonesia, 10, 393–402.

Rusiana, P. H., Hadi, I., Supriyatna, L. D., Purqoti, N. D. S., & Intan, G. A. P. 2023. Pengaruh Kompetensi Komunikasi Interpersonal Perawat terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap di Puskesmas. Jurnal Kesehatan Qamarul Huda, 11(2), 419–424. https://doi.org/https://doi.org/10.37824/jkqh.v11i2.2023.536

Tian, Y. 2023. A Review on Factors Related to Patient Comfort Experience in Hospitals. Journal of Health, Population and Nutrition, 42(1). https://doi.org/https://doi.org/10.1186/s41043-023-00465-4

Unduhan

Abstract Views : 2
Downloads Count: 0

Diterbitkan

2025-07-31

Cara Mengutip

Da Conceicao, A., Hidayat, D., & Widjaja, Y. R. (2025). Pengaruh Model Komunikasi Terapeutik dan Kompetensi Tenaga Kesehatan Terhadap Kenyamanan Pasien di Klinik Pratama St. Martin De Porres Ende. Entrepreneur: Jurnal Bisnis Manajemen Dan Kewirausahaan, 6(2), 204–213. https://doi.org/10.31949/entrepreneur.v6i2.14346

Terbitan

Bagian

Articles