Analisis Ketercapaian Implementasi Rencana Pengembangan Sekolah Standar Proses Pendidikan di SMK Mandala Kabupaten Bogor
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v7i2.993Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketercapaian implementasi rencana pengembangan sekolah pada standar proses Pendidikan di SMK Mandala Kabupaten Bogor. Dimana standar proses merupakan ketentuan yang harus dilaksanakan oleh guru dalam menjamin pelaksanaan pembelajaran yang efektif. Penelitian ini menggunakan pendekatan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif yang didukung dengan alat pengumpulan data berupa angket dalam bentuk google form dalam megukur ketercapaian standar proses dengan fokus pada tiga indikator utama, yaitu: Perencanaan Pembelajaran, Pelaksanaan Pembelajaran, dan Evaluasi pembelajaran dan dituangkan dalam bentuk 25 pertanyaan. Sementara, sampel penelitian yang menjadi sasaran penelitian ini adalah guru-guru SMK Mandala Kabupaten Bogor yang berjumlah sebanyak 27 orang guru. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara umum ketercapaian Standar Proses Pendidikan mencapai 71.33%, dan secara spesifik pencapaian pada indicator Perencanaan Pembelajaran sebesar 71.53%, Indikator Pelaksanaan Pembelajaran sebesar 71.4%, dan terakhir indikator evaluasi pembelajaran sebesar 71.05%. Dari pencapain tersebut, dapat dimaknai bahwa guru-guru di SMK Mandala telah menjalankan standar proses pendidikan sesuai dengan ketentuan standar proses yang berlaku dengan baik dan berkesinambungan, serta guru-guru telah menjalankan prinsip pembelajaran sesuai yang ditetapkan dalam Rencana Pengembangan Sekolah.
Keywords:
rencana pengembangan sekolah, standar proses pendidikan, guruDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work