Manajemen Pembiayaan Pendidikan untuk Meningkatkan Mutu Peserta Didik di MA Al-Mashduqiah

Authors

  • Durratul Ma’ Nuna Universitas Nurul Jadid, Probolinggo
  • Abdurrahman Universitas Nurul Jadid, Probolinggo

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v10i1.6607

Abstract

Kegiatan perencanaan keuangan yang berupa penyusunan anggaran pembiayaan berbasis madrasah dan pengembangan rencana kegiatan dan anggaran madrasah menjadi ruh dalam upaya peningkatan mutu peserta didik. Selanjutnya kegiatan pelaksanaan pembiayaan pendidikan meliputi penerimaan dana dan pengeluaran dana. Tahapan ketiga yaitu evaluasi pembiayaan yang terjadi di MA Al-Mashduqiah ialah terjadi jika sudah melakukan transaksi. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan manajemen pembiayaan pendidikan dalam meningkatkan mutu peserta didik yang meliputi peningkatan prestasi belajar peserta didik, peningkatan sarana dan prasarana, pembelajaran dan kepuasan peserta didik terhadap layanan  pendidikan. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Subjek penelitian ini kepala madrasah dan kepala biro pendidikan. Teknik pengumpulan data mengunakan wawancara mendalam dan observasi. Teknik analisis data mengunakan trianggulasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dampak manajemen pembiyaan pendidikan dalam meningkatkan mutu peserta didik berdampak terhadap, a). Peningkatan prestasi belajar siswa pada MA Al-Mashduqiah, b). Peningkatan sarana dan prasarana pembelajaran, c). Kepuasan peserta didik terhadap layanan pendidikan.

Keywords:

Manajemen Pembiayaan, Peningkatan Mutu Peserta Didik, MA Al-Mashduqiah

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abduh, M., Alawiyah, T., Apriansyah, G., Abdullah, R., & Afgani, M. W. (2023). Jurnal Pendidikan Sains dan Komputer Survey Design : Cross Sectional dalam Penelitian Kualitatif Jurnal Pendidikan Sains dan Komputer. Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer, 3(1), 31–39.

Abdurrahman, A. (2022). Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa di MI Tarbiyatul Islamiyah Sentong Krejengan Probolinggo. TRILOGI: Jurnal Ilmu Teknologi, Kesehatan, Dan Humaniora, 3(1). https://doi.org/10.33650/trilogi.v3i1.3246

Anisa, C., & Rahmatullah, R. (2020). Visi Dan Misi Menurut Fred R. David Perspektif Pendidikan Islam. Journal EVALUASI, 4(1), 70. https://doi.org/10.32478/evaluasi.v4i1.356

Bashori. (2023). No Title.

Bastian, I., & Idrus, O. (2019). Paradigma Baru Manajemen Pendidikan. Modul Universitas Terbuka.

Ekowati, T. E., & Murniati, N. A. N. (2021). Manajemen Pembiayaan Pendidikan Di Sekolah Dasar Islam Ar Rahmah Kecamatan Suruh. Jurnal Manajemen Pendidikan (JMP), 10(1). https://doi.org/10.26877/jmp.v10i1.9428

Hayanti, A. T., Suryani, N., & Rozi, F. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Citra Sekolah, dan Emosional Terhadap Kepuasan Peserta Didik. Economic Education Analysis Journal, 8(3), 1260–1274. https://doi.org/10.15294/eeaj.v8i3.34955

Islam, U., & Nur, A. (2022). PENDAHULUAN Pendidikan yang diselenggarakan di setiap satuan pendidikan , mulai dari pendidikan dasar sampai pendidikan tinggi , bahkan yang dilakukan di lembaga-lembaga nonformal dan informal seharusnya dapat menjadi landasan bagi pembentukan pribadi pes. 3.

Juliansari, W., Tobari, T., & Houtman, H. (2020). Manajemen Peningkatan Mutu Peserta Didik. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 5(2), 175. https://doi.org/10.31851/jmksp.v5i2.3765

Khumaidah, A. (2020). Manajemen keuangan pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah Darul Hikmah Menganti Kedung Jepara. Skripsi, Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

Komariah, N. (2018). Konsep Manajemen Keuangan Pendidikan. Jurnal Al-Afkar, 6(1), 67–94.

Kumala, A. (2023). No Title.

Lexy J. Moleong, D. M. A. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). PT. Remaja Rosda Karya. https://doi.org/10.1016/j.carbpol.2013.02.055

Meytati Rahma, Rahmi Susanti, M. (2023). Meningkatkan Mutu Peserta Didik Melalui Pengimplementasian Nilai-Nilai Pancasila Dalam Bingkai Bhinneka Tunggal Ika. Jurnal Adijaya Multidisplin, 1(1), 64–75.

Mukaromah, ’Uliyatul. (2021). Manajemen Pembiayaan Dalam Meningkatkan Sumber Dana Di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Hasan Babadan Ponorogo. MA’ALIM: Jurnal Pendidikan Islam, 2(02). https://doi.org/10.21154/maalim.v2i2.2994

Mukhlasin, A. dan M. H. P. (2020). Journal Research and Education Studies. Invention, 1(1), 33–43.

Nafisah, D., Widiyanto, & Sakitri, W. (2019). Manajemen Pembiayaan Pendidikan Di Madrasah Aliyah. Economic Education Analysis Journal, 6(3), 788–797.

Naila, S., & Effane, A. (2022). Desentralisasi Manajemen Pembiayaan Dan Konflik Dalam Mahalnya Biaya Pendidikan. Karimah Tauhid, 1, 84–89.

Pahleviannur, M. R., Grave, A. De, Sinthania, D., Hafrida, L., Bano, V. O., & Saputra, D. N. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif. In Pradina Pustaka.

Putri, D. A. (2020). Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Manajemen Keuangan Pelaku UMKM. Platform Riset Mahasiswa Akuntansi, 1(4).

Sa’adah, Z. M. (2022). Manajemen pembiayaan pendidikan di Pondok Pesantren Al-Mawaddah Kudus. Eprints.Walisongo.Ac.Id, 1.

Solehan, S. (2022). Manajemen Pembiayaan Pendidikan dalam Meningkatkan Mutu Lembaga Pendidikan Islam. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1). https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3046

Sugiono, P. D. (2014). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif.pdf. In Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D.

Syaifullah MS. (2021). Analis Swot Kementerian Agam. Journal of Pedagogy, 4(1), 12–17.

Syamsuri. (2023). No Title.

Wulandari, Azizah. Munastiwi, Erni. Dinana, A. (2022). Implementasi Manajemen Keuangan Lembaga Pendidikan Pondok Pesantren Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1).

Zebua, A. M. (2020). Aplikasi Eletronik Manajemen Keuangan DIPA pada Lembaga Pendidikan Islam Negeri di Tengah Pandemi Covid-19 Sebagai Upaya WFH. FIKROTUNA, 12(02). https://doi.org/10.32806/jf.v12i02.4086

Downloads

Abstract Views : 689
Downloads Count: 484

Published

2024-01-03

How to Cite

Ma’ Nuna, D., & Abdurrahman, A. (2024). Manajemen Pembiayaan Pendidikan untuk Meningkatkan Mutu Peserta Didik di MA Al-Mashduqiah. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 10(1), 61–68. https://doi.org/10.31949/educatio.v10i1.6607

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 31 32 33 34 35 36 37 38 39 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.