Metode Latihan Berbasis Permainan VS Latihan Ball Feeling Peningkatan Dribbling Sepakbola Club Marshal FC
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v10i2.6553Abstract
Sepak bola merupakan olahraga yang populer dan menuntut keterampilan tinggi dalam dribbling. Dalam rangka meningkatkan kemampuan dribbling pemain, penelitian ini menguji efektivitas latihan berbasis permainan dan latihan ball feeling pada tim sepak bola Marshal FC. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan desain eksperimen pre-test dan post-test dua kelompok. Sebanyak 20 pemain Marshal FC menjadi sampel penelitian. Instrumen tes yang digunakan adalah tes dribbling dengan alat bantu seperti bola sepak dan cones. Data dikumpulkan dari hasil pre-test dan post-test serta dianalisis menggunakan uji statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua metode latihan, baik berbasis permainan maupun ball feeling, memberikan peningkatan signifikan dalam kemampuan dribbling pemain. Hasil post-test menunjukkan penurunan waktu dalam menyelesaikan tes dribbling dibandingkan dengan pre-test, dengan nilai signifikan pada kedua kelompok. Uji homogenitas menunjukkan bahwa data homogen, sedangkan uji hipotesis menunjukkan pengaruh signifikan dari kedua metode latihan terhadap kemampuan dribbling. Kesimpulannya, latihan berbasis permainan dan ball feeling efektif dalam meningkatkan kemampuan dribbling pemain sepak bola. Namun, latihan berbasis permainan cenderung memberikan peningkatan yang lebih besar dibandingkan dengan ball feeling. Oleh karena itu, dalam mengembangkan kemampuan dribbling, latihan berbasis permainan dapat menjadi pilihan yang lebih disukai bagi pemain sepak bola.
Keywords:
permainan, ball feling, dribblingDownloads
References
Ardianda, E., & Arwandi, J. (2018). Latihan Zig-Zag Run dan Latihan Shuttle Run Berpengaruh Terhadap Kemampuan Dribbling Sepakbola. Jurnal Performa Olahraga, 3, 32–41.
Arifin, Z. (2019). Pengaruh Latihan Game Dan Sprint 50 Meter Terhadap Peningkatan Vo2Max Atlet Sepakbola Ssb Kakimas Dampit Kabupaten Malang Kelompok Umur 14-15. Jp.Jok (Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan), 3(1), 103–114. https://doi.org/10.33503/jp.jok.v3i1.561
Bakti, R. A. F. A. P. (2021). Latihan Ball Feeling Dan Latihan Ladder Drill Terhadap Kelincahan Menggiring Bola Pemain Sepakbola. Jurnal Kesehatan Olahraga, 09(03), 381–390.
Dinata, N. S. (2021). Pengaruh Latihan Variasi Dribbling Dan Latihan Ball Feeling Terhadap Keterampilan Dribbling Pemain Futsal Smk Kesehatan Fania Salsabila Jambi (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS JAMBI).
Mahfud, I., Yuliandra, R., Gumantan, A., & Indonesia, U. T. (2020). Model Latihan Dribling Sepakbola Untuk Pemula. 1(2), 1–9.
Okilanda, A. (2017). Analisis Pembelajaran Gerak Keterampilan…. Ardo Okilanda), 7, 31–41.
Prabowo, D., & Setiakarnawijaya, Y. (2020). MODEL-BASED SMALL-sided FUTSAL PASSING GAMES For Under 16 years. Gladi: Jurnal Ilmu Keolahragaan, 11(02), 165-175.
Saptiyanto, I. D. (2015). Pengaruh Latihan Tendangan Mengunakan Kaki Dalam Dan Punggung Kaki Penuh Terhadap Ketepatan Shotiing Ke Gawang (Eksperimen Pada SSB Apacinti Kabupaten Semarang U16).
Suryanto, B. (2018). Pengaruh Latihan Interval Dan Latihan Fartlek Terhadap Peningkatan O2max Pada Atlet Futsal Ps. Himalaya.
Taufik, M. S. (2018). Meningkatkan Teknik Dasar Dribbling Sepakbola Melalui Modifikasi Permainan Muhamad Syamsul Taufik Penjas FKIP Universitas Suryakancana. VIII(01), 26–36.
Wibawa, A. C. P., Mumtaziah, H. Q., Sholaihah, L. A., & Hikmawan, R. (2021). Game-based learning (gbl) sebagai inovasi dan solusi percepatan adaptasi belajar pada masa new normal. Jurnal: Integrated (Information Technology and Vocational Education), 3(1), 17-22.
Wibowo, N. (2013). Pengaruh Latihan Ball Feeling Terhadap Kemampuan Dribbling Pada Siswa Peserta Sekolah Sepak Bola (Ssb) Melati Muda (Mm) Bantul KU 13-15 Tahun.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Venus Isa Ismail, Wening Nugraheni, Firman Maulana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work