Keterampilan Komunikasi Siswa Kelas V SDN 13 Ampenan dan Hubungannya Dengan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran PPKn

Authors

  • Lolita Yulis Pusvita Universitas Mataram
  • Nurhasanah Universitas Mataram
  • Dyah Indraswati Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.6015

Abstract

Studi ini menginvestigasi hubungan antara keterampilan komunikasi siswa dengan hasil belajar mereka pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) di sekolah dasar. Melalui pendekatan kuantitatif, penelitian ini dilakukan di SDN 13 Ampenan untuk mengidentifikasi pentingnya keterampilan komunikasi dalam meningkatkan pencapaian belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan komunikasi siswa secara umum berada pada tingkat yang baik, dengan aspek terbaik adalah kemampuan menggunakan bahasa yang efektif. Namun, terdapat tantangan dalam mengeluarkan ide dan pemikiran secara efektif. Meskipun demikian, hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn secara umum mencapai tingkat baik, dengan mayoritas siswa memperoleh nilai cukup. Analisis statistik menunjukkan adanya korelasi positif yang signifikan antara keterampilan komunikasi siswa dan hasil belajar mereka. Temuan ini menegaskan pentingnya pengembangan keterampilan komunikasi siswa dalam konteks pembelajaran. Dalam menghadapi kompleksitas pembelajaran abad ke-21, guru dan pendidik perlu memperhatikan aspek interpersonal siswa selain aspek kognitif. Temuan ini memberikan landasan bagi pendidik untuk merancang strategi pembelajaran yang memfokuskan pada pengembangan keterampilan komunikasi siswa, sehingga hasil belajar siswa dapat ditingkatkan secara signifikan pada mata pelajaran PPKn.

Keywords:

Keterampilan Komunikasi, Hasil Belajar

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alaon, C. L., Delos Santos, J., & San Jose, A. (2023). Improving Speaking Communication Skills in English through Self-Directed Strategy. International Journal of Educational Innovation and Research, 2(1), 1–9. https://doi.org/10.31949/ijeir.v2i1.2920

Anisah, N., Padillah, S. P., Barus, P., Sepriandito, R., Rusdi, M., Hasibuan, R. B., & Kustiawan, W. (2022). Psikologi komunikasi. JIKEM: Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi dan Manajemen, 2(1), 1705-1715.

Daga, A. T. (2022). Penerapan Pendekatan Saintifik dalam Kurikulum 2013 untuk Mengembangkan Keterampilan Abad 21 Siswa Sekolah Dasar. JIRA: Jurnal Inovasi Dan Riset Akademik, 3(1), 11-28.

Experenza, P., Isnaini, M., & Irmita, L. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Terhadap Keterampilan Berkomunikasi Siswa Pada Larutan Elektrolit Dan Non Elektrolit. Orbital: Jurnal Pendidikan Kimia, 3(1), 81-93.

Gajić, A., Arsić, B. ., Vidojković, S. ., Maćešić-Petrović, D. ., & Bašić, A. . (2022). The use of stimulus-stimulus pairing procedure in inducing vocal speech with nonverbal child with autism spectrum disorders. International Journal of Educational Innovation and Research, 1(2), 122–127. https://doi.org/10.31949/ijeir.v1i2.2478

Mahadi, U. (2021). Komunikasi pendidikan (urgensi komunikasi efektif dalam proses pembelajaran). JOPPAS: Journal of Public Policy and Administration Silampari, 2(2), 80-90.

Ningrum, A. R., & Putri, N. K. (2020). Hubungan Antara Keterampilan Berkomunikasi Dengan Hasil Belajar IPS Pada Peserta Didik Kelas V SD. Terampil: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 7(2), 177-186.

Pratiwi, E. A., Witono, A. H., & Jaelani, A. K. (2022). Keterampilan Komunikasi Siswa Kelas V SDN 32 Cakranegara Kecamatan Sandubaya Kota Mataram Tahun Ajaran 2021/2022. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3b), 1639-1646.

Purnaningrum, W. D. (2023). Hubungan Komunikasi Verbal dengan Kemampuan Pragmatik Anak Usia Prasekolah di TKIT Harapan Ummat Ngawi. Jurnal Terapi Wicara dan Bahasa, 1(2), 215-227.

Somnaikubun, D., Paat, W. R. L., & Palilingan, V. R. (2022). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Simulasi dan Komunikasi Digital Siswa SMK. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 2(2), 295-307.

Syafina, V., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi SPLDV. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(2).

Toifur, A., & Kurniawan, W. D. (2022). Efektivitas metode pembelajaran teams games tournament (TGT) terhadap kemampuan komunikasi siswa. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 11(2), 148.

Wahyuningrum, S. R., Putri, A. P., & Jamaluddin, M. (2021). Pre-Experimental Design Bimbingan Kelompok dengan Teknik Assertive Training dalam Peningkatan Keterampilan Komunikasi Siswa di SMK Kesehatan Nusantara. NUANSA: Jurnal Penelitian Ilmu Sosial dan Keagamaan Islam, 18(1), 14-28.

Wilhalminah, A., Rahman, U., & Muchlisah, M. (2017). Pengaruh Keterampilan Komunikasi Terhadap Perkembangan Moral Siswa Pada Mata Pelajaran Biologi Kelas XI IPA SMA Muhammadiyah Limbung. Jurnal Biotek, 5(2), 37-52.

Downloads

Abstract Views : 968
Downloads Count: 351

Published

2023-10-30

How to Cite

Pusvita, L. Y., Nurhasanah, N., & Indraswati , D. (2023). Keterampilan Komunikasi Siswa Kelas V SDN 13 Ampenan dan Hubungannya Dengan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran PPKn. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(4), 2005–5010. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.6015

Similar Articles

<< < 64 65 66 67 68 69 70 71 72 73 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.