Media Engklek Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar

Authors

  • Eka Ratna Dewi Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Iis Nurasiah Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Irna Khaleda Nurmeta Universitas Muhammadiyah Sukabumi

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v9i3.5742

Abstract

Kemampuan membaca merupakan salah satu aspek penting dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, terutama pada tingkat sekolah dasar. Pada kelas rendah, siswa sedang mengembangkan kemampuan membaca permulaan yang memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan membaca selanjutnya. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk menyelidiki kemampuan membaca siswa kelas 1 di Sekolah Dasar Negeri 1 Curughilir pada tahun pelajaran 2022/2023 dengan menggunakan media engklek. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah siswa kelas 1 di Sekolah Dasar Negeri 1 Curughilir. Untuk mengumpulkan data tentang kemampuan membaca siswa, digunakan instrumen tes yang telah dikembangkan berdasarkan kriteria dan indikator yang telah ditentukan sebelumnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I, persentase ketuntasan mencapai 64% dengan tingkat kemampuan membaca yang tergolong sedang. Pada siklus II, kemampuan membaca siswa mengalami peningkatan yang signifikan dan mencapai tingkat yang tergolong tinggi, dengan persentase ketuntasan mencapai 94%, sesuai dengan target yang ditetapkan oleh peneliti yaitu 90%. Berdasarkan analisis data yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa penerapan media engklek dalam pembelajaran mampu meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas 1 di SDN 1 Curughilir tahun pelajaran 2022/2023. Temuan ini menunjukkan bahwa media engklek efektif dalam membantu siswa mengembangkan kemampuan membaca mereka. Media ini memberikan suasana pembelajaran yang menarik dan menyenangkan, sehingga siswa lebih termotivasi dan aktif dalam proses pembelajaran. Dengan demikian, penggunaan media engklek dalam pembelajaran membaca pada kelas 1 sekolah dasar dapat menjadi strategi yang efektif untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa.

Keywords:

media engklek, membaca permulaan, sekolah dasar

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akın, F., Koray, Ö., & Tavukçu, K. (2015). How Effective is Critical Reading in the Understanding of Scientific Texts? Procedia - Social and Behavioral Sciences, 174. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.01.915.

Aydın, G., & Bağcı Ayrancı, B. (2018). Reading Preferences of Middle School Students. World Journal of Education, 8(2), 127. https://doi.org/10.5430/wje.v8n2p127.

Bursali, H., & Yilmaz, R. M. (2019). Effect of augmented reality applications on secondary school students’ reading comprehension and learning permanency. Computers in Human Behavior, 95. https://doi.org/10.1016/j.chb.2019.01.035.

Calhoon, M. B., Sandow, A., & Hunter, C. V. (2010). Reorganizing the instructional reading components: Could there be a better way to design remedial reading programs to maximize middle school students with reading disabilities’ response to treatment? Annals of Dyslexia, 60(1). https://doi.org/10.1007/s11881- 009-0033-x

Hapidin, H., & Yenina, Y. (2016). Pengembangan model permainan tradisional dalam membangun karakter anak usia dini. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 10(2), 201-212.

Indriyani, D., Muslihin, H. Y., & Mulyadi, S. (2021). Manfaat permainan tradisional engklek dalam aspek motorik kasar anak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(3), 349-354.

Kartini, K. (2016). Penggunaan Media Komik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mengarang Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas VI Pada Min Uteun Gathom. Lentera: Jurnal Ilmiah Sains Dan Teknologi, 147534.

Lin, P. H., Su, Y. N., & Huang, Y. M. (2019). Evaluating reading fluency behavior via reading rates of elementary school students reading e-books. Computers in Human Behavior, 100, 258–265. https://doi.org/10.1016/j.chb.2018.10.004.

Marpaung, D. (2018). Penerapan metode diskusi dan presentasi untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa di kelas XI IPS-1 SMA Negeri 1 Bagan Sinembah. School Education Journal Pgsd Fip Unimed, 8(4), 360-368.

Memiş, A. D., & Kandemir, H. (2019). The Relationship Between the Study Habits and Attitudes and Metacognitive Reading Comprehension Self-Awareness, Reading Comprehension, Reading Attitudes. World Journal of Education, 9(4), 133. https://doi.org/10.5430/wje.v9n4p133.

Munawaroh, H. (2017). Pengembangan Model Pembelajaran dengan Permainan Tradisional Engklek Sebagai Sarana Stimulasi Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi, 1(2), 90. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i2.304.

Muslihin, A. S. H. H. Y., & Rahman, T. (2022). Pemanfaatan Media Kelereng Marble Slide untuk Memfasilitasi Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini. Jurnal Kewarganegaraan, 6(2).

Nani, N., & Hendriana, E. C. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas V SDN 12 Singkawang. Journal of Educational Review and Research, 2(1), 55-62.

Nugrahanto, S., & Zuchdi, D. (2019). Indonesia PISA Result and Impact on The Reading Learning Program in Indonesia. International Conference on Interdisciplinary Language, Literature and Education (ICILLE 2018), 297(0), 373–377. https://doi.org/10.2991/icille-18.2019.77.

Putri, F. N. (2020). Pendidikan Karakter Siswa Melalui Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 8(1), 16-24.

Rajab, H., & Al-Sadi, A. (2015). An Empirical Study of Reading Habits and Interest of Saudi University EFL Learners. International Journal of Linguistics, 1–17. https://doi.org/10.5296/ijl.v7i2.7034.

Rohayati, R., & Budiarti, E. (2022). Menumbuhkan Literasi Membaca Awal Melalui Permainan Tradisional Engklek Di TK Nurul Aulia Depok. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(3), 1715-1724.

Rusnilawati, R., Muthmainnah, H. T., Mufti, F. N., Istiqomah, I., Ulima, E. T., & Hidayati, Y. M. (2019). Metode permainan tradisional engklek pada pembelajaran bangun datar menumbuhkembangkan motivasi belajar siswa. In Prosiding University Research Colloquium (pp. 189-195).

Tristyanto, B. (2019). Pengaruh Permainan Tradisional Engklek Terhadap Perkembangan Sosial Anak (Penelitian Quasi Eksperimen Terhadap Anak SDN Kebedilan Kota Serang). e-Jurnal Mitra Pendidikan, 3(1), 16-28.

Tse, W. S., Choi, L. Y. A., & Tang, W. S. (2019). Effects of video-based flipped class instruction on subject reading motivation. British Journal of Educational Technology, 50(1), 385–398. https://doi.org/10.1111/bjet.12569.

Vuong, Q. H., Le, A. V., La, V. P., Vuong, T. T., Do, T. H., Vuong, H. M., Do, D. L., Hoang, P. H., Vu, T. H., Ho, M. T., & Ho, M. T. (2019). A dataset of vietnamese junior high school students’ reading preferences and habits. Data, 4(49), 1–12. https://doi.org/10.3390/data4020049

Wiranti, D. A. et all. (2018). Kefektifan Permainan Engklek dalam Mengembangkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 9(1), 67. https://doi.org/10.24176/re.v9i1.2810.

Downloads

Abstract Views : 722
Downloads Count: 616

Published

2023-08-17

How to Cite

Ratna Dewi, E., Nurasiah, I., & Nurmeta, I. K. (2023). Media Engklek Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(3), 1409–1415. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i3.5742

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >> 

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.