Snowball Throwing Berbantuan Media Roda Putar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.5037Abstract
Rendahnya minat belajar siswa karna kurangnya pemanfaatan media dan model-model pembelajaran, hal ini bisa menyebabkan menurunnya hasil belajar siswa. Oleh sebab itu, perlunya suatu penerapan model pembelajaran snowball throwing berbantuan media roda putar. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan dan menganalisis suatu model pembelajaran snowball throwing berbantuan media roda putar terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan design penelitian One -Group Pretest- Posttest. Populasi dalam penelitian ini seluruh kelas VIII MTs Nurul Jadid. Sampel yang di ambil adalah 20 siswa kelas VIII. Tehnik analisis data ini dilakukan dengan menggunakan uji “t”. dari hasil penelitian ini menunjukan bahwa ada pengaruh yang signifikan mobel pembelajaran snowball throwing berbantuan media roda putar terhadap hasil belajar siswa kelas VIII MTs Nurul Jadid hal ini dibuktikan bahwa dengan hasil thitung sebesar 78,65 > ttabel sebesar 62,30, hal ini menunjukan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak sehingga hipotesis diterima.
Keywords:
snowball throwing, media roda putar, hasil belajarDownloads
References
Adelina, S., & Rosy, B. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Administrasi Umum Kelas X OTKP Di SMK Ketintang Surabaya. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(2), 205–214. https://doi.org/10.26740/jpap.v8n2.p205-214
Ananda, N. T., Kuncahyono, K., & Sudjalil, S. (2020). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Tematik Sekolah Dasar. JP2SD, 8(2), 157-162.
Apdoludin, A., Guswita, R., & Orlanda, B. T. (2022). Peningkatan Hasil Belajar IPS Menggunakan Media Roda Berputar Di Kelas IV Sdn 60/ii Muara Bungo. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Teknologi Informasi (JIPTI), 3(1), 18-25.
Apsari, N. P. J., Dibia, I. K., & Antara, P. A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar IPS. Mimbar Ilmu, 24(3), 354-363.
Astutik, Y. (2020). Pembelajaran Snowball Throwing dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar IPS. Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS, 14(1), 15-21.
Efiyanti, N. P., Suarni, N. K., & Parmiti, D. P. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing Berbasis Penilaian Proyek Terhadap Hasil Belajar IPS. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 2(2), 119–129. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPPG/article/view/19174.
Fadillah, T. (2022). Pengaruh Model Snowball Throwing Berbantuan Media Roda Putar Terhadap Kreativitas Belajar Siswa Dalam Soal Cerita Bangun Datar Kelas 5 SDN 105292 Bandar Klippa. EduGlobal: Jurnal Penelitian Pendidikan, 1(4), 399-407..
Hasibuan, A. M., Fatmawati, F., Pulungan, S. A., Wanhar, F. A., & Yusrizal, Y. (2021). Meningkatkan Minat Belajar Matematika Siswa dengan Menggunakan Metode Snowball Throwing pada Siswa Kelas VI SD Swasta PAB 15 Klambir Lima. Elementary School Journal PGSD FIP Unimed, 11(2), 179-188.
Juwita, E. N., & Kelana, J. B. (2021). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis pada Materi Pecahan Siswa SD Kelas iii Menggunakan Model Pembelajaran Snowball Throwing. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 4(2), 187-194.
Kusuma, Y. Y. (2020). Peningkatan Hasil Belajar SIswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1460-1467.
Kuswari, R. (2019). Keefektifan Model Make A Match Dengan Media Rorumat Matematika Terhadap Hasil Belajar Siswa. Mimbar Ilmu, 24(1), 20-27..
Mursid, K. B., Suryana, A., & Sugiyanto, A. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Tipe Snowball Throwing terhadap Hasil Belajar Siswa di MI Al-Mursyid Citeureup-Bogor. EduInovasi: Journal of Basic Educational Studies, 1(1), 54-76.
Mursid, K. B., Suryana, A., & Sugiyanto, A. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPA Kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Al-Mursyid Citeureup Bogor. At-Tadris: Journal of Islamic Education, 1(2), 85–100. https://doi.org/10.56672/attadris.v1i2.38
Ningsih, T. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing Dengan Media Kartu Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ipa Kelas Iv Di Madrasah Ibtidaiyah. Primary: Jurnal Keilmuan dan Kependidikan Dasar, 13(1), 21-30.
Novitasari, J., & Pujiastuti, H. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Keaktifan Matematis Materi Lingkaran Pada Siswa SMP. Barekeng: Jurnal Ilmu Matematika dan Terapan, 14(3), 357-364..
Nurhaedah, A., & Amran, M. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas V SDN Mapala Kota Makassar. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 1(1), 11–22. https://ojs.unm.ac.id/JIKAP/article/view/5041
Oktaviani, M. D. S., Suwatra, I. W., & Murda, N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing Berbantuan Media Audiovisual terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(1), 89–97. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JISD/article/view/17662
Putra, I. K. S., Sudana, D. N., & Tastra, I. D. K. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Berbantuan Media Power Point Terhadap Hasil Belajar IPA. Mimbar PGSD Undiksha, 5(2). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/10769.
Ratnasari, I., Abidin, Z., & Praherdhiono, H. (2021). Penguatan Kemampuan Siswa Berpikir Kreatif Melalui Model Pembelajaran Snowball Throwing Dengan Motivasi Belajar. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 4(3), 280-288. https://doi.org/10.17977/um038v4i32021p280
Reski, S. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing Terhadap Berpikir Kreatif Peserta Didik Dalam Pembelajaran Fisika (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).
Roosyanti, A., & Hapsari, R. P. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing terhadap Hasil Belajar Materi Perubahan Energi pada Siswa Kelas III SDN Asemrowo Surabaya. Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 3(1), 1-9.
Siregar, R., Ardiana, N., & Lubis, J. R. (2019). Efektivitas penggunaan model pembelajaran snowball throwing dengan macromedia flash 8 terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di kelas X MAN Padang lawas Utara. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 2(02), 76-84.
Sukarja, W. (2019). Penggunaan Model Pembelajaran Make a Match Sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Agama Hindu. Mimbar Ilmu, 24(3), 338. https://doi.org/10.23887/mi.v24i3.21468
Supardi, S. U., Leonard, L., Suhendri, H., & Rismurdiyati, R. (2015). Pengaruh media pembelajaran dan minat belajar terhadap hasil belajar fisika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(1).
Wahid, A. (2018). Pentingnya Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar. Istiqra: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, 5(2)..
Yunita, D., & Wijayanti, A. (2017). Pengaruh media video pembelajaran terhadap hasil belajar IPA ditinjau dari keaktifan siswa. Sosiohumaniora: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Dan Humaniora, 3(2), 153–160.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Nur Aisyah, Nadia Latifa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work