Manajemen Full Day School Dalam Peningkatan Karakter Relegius Peserta Didik

Authors

  • Eka Diana Universitas Nurul Jadid, Probolinggo
  • Ainayatul Kholila Universitas Nurul Jadid, Probolinggo

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4821

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas manajemen full day school dalam meningkatkan karakter religius siswa MTS Negeri 1 Probolinggo. Observasi, wawancara, dan dokumentasi digunakan sebagai pendekatan pengumpulan data dalam penelitian ini. Sedangkan analisis data menggunakan analisis model interaktif Miles dan Huberman untuk reduksi data, tampilan data, dan penarikan kesimpulan. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen  full day school untuk meningkatkan karakter religius siswa di MTS Negeri 1 Probolinggo meliputi beberapa langkah yaitu perencanaan, pelaksanaaan dan evaluasi. Perencanaan dalam manajemen  full day school di MTS Negeri 1 Probolinggo meliputi tiga tahap, yaitu mengartikulasikan visi dan tujuan, menyesuaikan diri dengan perubahan zaman, mendisiplinkan siswa melalui punishment dan rewerd, yang terahir mengimplementasikan perencanaan melalui metode dan model pemebelajaran yang sesuai dengan situasi dan kondisi siswa. Pelaksanaan manajemen  full day school di MTS Negeri 1 Probolinggo memiliki tahapan berupa pelaksanaan dalam kegiatan pembelajaran, kegiatan ekstrakulikuler dan kegiataan pembiasaan. Evaluasi manajemen  full day school di MTS Negeri 1 Probolinggo dilakukan untuk menilai serta membenahi program yang dirasa perlu adanya peningkatan dengan tahapan evaluasi konteks (context), program tersebut sudah tepat, Evaluasi Masukan, Evaluasi proses, Evaluasi produk. Kesimpulan dari penelitian ini adalah sekolah mampu meningkatkan karakter religius siswa melalui manajemen  full day school yang dibuktikan dengan perilaku siswa yang menggambarkan nilai-nilai religius.

Keywords:

Manajemen Full Day, Peningkatan Karakter, Relegius Peserta Didik

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahruddin, & Hakim, M. (2010). Manajemen Pendidikan Islam. UIN Maliki Press.

Amalia, N. F., & Zuhro, D. H. (2022). Analisis Manajemen Pendidikan Karakter Madrasah Ibtidaiyah dalam Mewujudkan Generasi Berakhlakul Karimah. Jurnal Basicedu, 6(2), 2370–2379. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2450

Azmi, F., Mz, I., Sagala, S., & Chaniago, N. S. (2023). Pendidikan Islam Transdisipliner dan Sumber Daya Manusia di Madrasah Negeri Batu Bara. Journal on Education, 05(04), 12117–12132.

Azmi, M. U. (2018). Impelementasi Pendidikan Karakter melalui Budaya Religius di Madrasah. Mahsuni: Jurnal Studi Islam & Ilmu Pendidikan, 1(1), 1–12.

Bachri, B. S. (2010). Implementasi Pengembangan Content Curriculum dalam Proses Perencanaan Pembelajaran. Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(0)

Dewi, E. (2019). Potret Pendidikan di Era Globalisasi Teknosentrisme dan Proses Dehumanisasi. Sukma: Jurnal Pendidikan, 3(1), 93–116. https://doi.org/10.32533/03105.2019

Djuanda, I. (2020). Implementasi Evaluasi Program Pendidikan Karakter Model CIIP (Context, Input, Process dan Output). Al Amin: Jurnal Kajian Ilmu Dan Budaya Islam, 3(1), 37–53.

Hakim, T. R. (2022). Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam dalam Membina Moderasi Kehidupan Beragama. Edukasiana: Jurnal Inovasi Pendidikan, 1(4), 192–200. https://doi.org/10.56916/ejip.v1i4.188

Hapsari, Y. R., & Faizin, I. (2022). Manajemen Full Day School Dalam Peningkatan Karakter Religius Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Promis, 3(2), 181-198.

Hasnadi, H. (2019). Perencanaan Sumber Daya Manusia Pendidikan. Bidayah: Studi Ilmu-Ilmu Keislaman, 141-148.

Indaryatno, A., & Muchtar, H. S. (2020). Manajemen Revitalisasi Sekolah Menengah Kejuruan Dalam Upaya Meningkatkan Mutu Lulusan. Nusantara Education Review, 3(1), 1-12

Khotimah, K. (2016). Model Manajemen Pendidikan Karakter Relegius di SDIT Qurrota A’yun Ponorogo. Muslim Heritage: Jurnal Dialog Islam Dengan Realitas, 1(2), 371–388.

Koesoema. (2007). Pendidikan Karakter Strategi Mendidik Anak Zaman Global. Gramedia Widiasarana Indonesia.

Koswara, R. (2014). Manajemen pelatihan life skill dalam upaya pemberdayaan santri di pondok pesantren. Empowerment: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Luar Sekolah, 3(1), 37-50.

Leu, B. (2022). Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Mengantisipasi Dampak Perkembangan Iptek. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Sosial, 5(1), 15–33.

Mahmud, A., & AR, Z. T. (2019). Transformasi Pesantren (Studi terhadap Dialektika Kurikulum dan Kelembagaan Pondok Pesantren Rifaiyah Pati). EL-BANAT: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 9(2), 156–176. https://doi.org/10.54180/elbanat.2019.9.2.156-176

Malik, R. S. (2018). Educational Challenges In 21st Century and Sustainable Development. Journal of Sustainable Development Education and Research, 2(1), 9–20.

Maryam, S. (2020). Manajemen Kurikulum Madrasah Berbasis Full Day School Dalam Penanaman Budaya Pesantren di Madrasah Tsanawiyah. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(1), 187–194. https://doi.org/10.31949/educatio.v6i1.345

Moleong, L. J. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyasa. (2011). Manajemen Berbasis Sekolah, Konsep, Strategi dan Implementasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Nurhalimah, I. S. (2022). Manajemen Pendidikan Karakter: Study Kasus di SMP YPPI Baleendah Kabupaten Bandung. Edukasiana: Jurnal Inovasi Pendidikan, 1(4), 219–224. https://doi.org/10.56916/ejip.v1i4.191

Richard, L. D. (2010). Era Baru Manajemen. Selemba Empat.

Sanjaya, W. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Predana Media Grup.

Setiawan, daryanto. (2018). Dampak Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi Terhadap Budaya Impact of Information Technology Development and Communication on. Jurnal Simbolika, 4(1), 62–72.

Sholihah, A. M., & Maulida, W. Z. (2020). Pendidikan Islam sebagai Fondasi Pendidikan Karakter. Qalamuna: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 12(01), 49–58. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v12i01.214

Sukarna. (2011). Dasar Dasar Manajemen. CV Mandar Maju.

Suprihatin, S. (2019). Peranan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membina Akhlaqul Karimah Siswa. At-Tajdid : Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 3(1), 50–69. https://doi.org/10.24127/att.v3i01.976

Tien, Y. C. (2015). Manajemen peningkatan mutu lulusan. Manajer Pendidikan, 9(4).

Trisnantari, H. E., Mutohar, P. M., & Rindrayani, S. R. (2019). Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan Berbasis Karakter Bangsa Dengan Sistem Fds (Full Day School). Jurnal Pendidikan Karakter, 10(1), 116–132. https://doi.org/10.21831/jpk.v0i1.21947

Wahyuningtyas, A., & Wibowo, U. B. (2017). Manajemen Pendidikan Karakter Pada SMP Full Day School di Kota Yogyakarta. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 5(1), 30–44.

Warsita, B. (2013). Evaluasi media pembelajaran sebagai pengendalian kualitas. Jurnal Teknodik, 092-101.

Wicaksono, A. G. (2018). Fenomena Full Day School Dalam Sistem Pendidikan Indonesia. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 1(1), 10–18. https://doi.org/10.32585/jkp.v1i1.12

Widoyoko, E. P., Kustilah, S., & Pamilih, S. E. (2020). Evaluasi Program Pembelajaran Kewirausahaan SMA Negeri 1 Prembun Kabupaten Kebumen. Jurnal PROFIT : Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, 7(2), 121–130.

Downloads

Abstract Views : 665
Downloads Count: 362

Published

2023-06-17

How to Cite

Diana, E., & Kholila, A. (2023). Manajemen Full Day School Dalam Peningkatan Karakter Relegius Peserta Didik. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 891–899. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4821

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.