Pengembangan Media Literasi Fisik (Melifis) bagi Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4707Abstract
Media literasi fisik dapat menjadi salah satu solusi untuk memberikan pemahaman kepada siswa tentang aktivitas fisik. Tujuan penelitian dan pengembangan adalah untuk menghasilkan produk berupa Media Literasi Fisik (Melifis) dan menguji kelayakannya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah research and development (R & D) dengan menggunakan model Sugiyono yang terdiri dari 10 tahapan yaitu: potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk, produk massal. Penelitian dan pengembangan mengambil lokasi di SDN Setumbak, Nusa Tenggara Barat. Instrumen yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan media literasi fisik yaitu angket validasi untuk ahli materi dan ahli media, angket respon guru kelas dan respon siswa sebagai pengguna produk. Berdasarkan hasil uji validasi ahli materi, diperoleh hasil persentase terhadap media yang dikembangkan yaitu poster, pamflet dan mading secara berturut-turut 90%, 87.5%, 90% dan dapat disimpulkan bahwa media yang dikembangkan masuk dalam kategori sangat layak. Sedangkan pada hasil uji validasi ahli media diperoleh hasil persentase sebesar 83.33% untuk poster, 81.94% untuk media pamflet dan 81.94% untuk media mading atau memiliki kriteria sangat layak untuk digunakan. Penelitian dan pengembangan yang telah dilakukan telah menghasilkan produk berupa media poster, pamflet, dan mading. Materi yang difokuskan pada Melifis diantaranya mengenai aktivitas fisik anak SD diantaranya yaitu: pengertian aktivitas fisik, manfaat aktivitas fisik, pentingnya aktivitas fisik, jenis-jenis aktivitas fisik, macam-macam aktivitas fisik, dan intensitas, durasi, dan frekuensi.
Keywords:
literasi, fisik, mediaDownloads
References
Anshel, M. (2014). Applied Health Fitness Psychology. Human Kinetics.
Chen, A. (2015). Operationalizing physical literacy for learners: Embodying the motivation to move. Journal of Sport and Health Science, 4(2), 125–131. https://doi.org/10.1016/j.jshs.2015.03.005
Damopolii, I., & Nunaki, J. H. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Ipa Terpadu Materi Sistem Pencernaan Pada Manusia Insar Damopolii 7, 8. Jurnal Universitas Negeri Jember, 5.61.
Edwards, L. C., Bryant, A. S., Keegan, R. J., Morgan, K., & Jones, A. M. (2017). Definitions, Foundations and Associations of Physical Literacy: A Systematic Review. Sports Medicine, 47(1), 113–126. https://doi.org/10.1007/s40279-016-0560-7
Harahap, H., Sandjaja, N., & Nur Cahyo, K. (2013). Pola Aktivitas Fisik Anak Usia 6,0–12,9 Tahun Di Indonesia. Gizi Indonesia, 36(2), 99.
Kohl, W, Harlod, Cook, D, Heather. (2013) Educating The Student Body: Taking Physical Activity and Physical Education to School. National Academies Press. Washington, DC.
Liu, Y., & Chen, S. (2021). Physical literacy in children and adolescents: Definitions, assessments, and interventions. European Physical Education Review, 27(1), 96–112. https://doi.org/10.1177/1356336X20925502
Lontoh, S. O., Kumala, M., & Novendy, N. (2020). Gambaran Tingkat Aktifitas Fisik Pada Masyarakat Kelurahan Tomang Jakarta Barat. Jurnal Muara Sains, Teknologi, Kedokteran Dan Ilmu Kesehatan, 4(2), 453. https://doi.org/10.24912/jmstkik.v4i2.8728
Oktaviani, R. (2021). Pengembangan Media Mading 3D Untuk Literasi Budaya Siswa Kelas IV di SD Negeri 1 Hadiwarno (Doctoral dissertation, STKIP PGRI PACITAN).
Prawitasari, I., & Christiana, E. (2019). Pengembangan Media Leaflet Untuk Meningkatkan Pemahaman Bahaya Merokok Pada Siswa Kelas V SD Driyorejo Gresik. Jurnal BK UNESA, 77-84.
Putra, K. P., Kinasih, A., & Kriswandaru, P. (2018). Gambaran Aktivitas Fisik Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri di Salatiga. Seminar Nasional Pendidikan Jasmani UMMI, 5, 244–248.
Ramadhani, D. Y., & Bianti, R. R. (2017). Aktivitas Fisik Dengan Perilaku Sedentari Pada Anak Usia 9-11 Tahun di SDN Kedurus Iii / 430 Kelurahan Kedurus Kecamatan. Adi Husada Nursing Journal, 3(2), 27–33.
Riyanto, P., & Mudian, D. (2019). Pengaruh Aktivitas Fisik Terhadap Peningkatan Kecerdasan Emosi Siswa. Journal Sport Area, 4(2), 339–347. https://doi.org/10.25299/sportarea.2019.vol4(2).3801
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.
Sugiyono. (2013). Memahami penelitian kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Susilawati, E. (2018). Pengembangan Media Poster Sebagai Suplemenpembelajaran Fisika Materi Tata Surya Pada Siswa SMP Kelas VII (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).
Taufiq, Muhammad, I., Dedy, A., & Abdillah, T. R. (2020). Implementasi Augmented Reality (AR) Pada Brosur Promosi Fikom Universitas Almuslim Menggunakan Unity. Jurnal Teknologi Terapan and Sains 4.0, 1(1), 1–19.
Utoyo, A. W. (2020). Analisis Komunikasi Visual Pada Poster Sebagai Media Komunikasi Mendorong Jarak Sosial Di Jakarta Saat Epidemi Covid 19. LUGAS Jurnal Komunikasi, 4(1), 35–42. https://doi.org/10.31334/lugas.v4i1.939
Voutama, A., & Novalia, E. (2021). Perancangan Aplikasi M-Magazine Berbasis Android Sebagai Sarana Mading Sekolah Menengah Atas. Jurnal Tekno Kompak, 15(1), 104. https://doi.org/10.33365/jtk.v15i1.920
WHO. Global Recommendations on Physical Activity for Health. 2010
Wicaksono, A. (2021). Buku Aktivitas Fisik dan Kesehatan (Issue July). https://www.researchgate.net/publication/353605384
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Wiwik Rosiana, Prayogi Dwina Angga, Muhammad Tahir

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work