Media Pembelajaran Audiovisual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Rosa Meilina Nurcahyanti Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Feri Tirtoni Universitas Muhammadiyah Purworejo

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v9i1.4605

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena berdasarkan studi lapangan ditemukan rendahnya hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Sugihwaras pada mata pelajaran IPS. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V di SDN sugihwaras dengan menggunakan media pembelajaran audio visual. Penelitian ini menggunakan metode Pre – Eksperimental Design dengan desain penelitian One Grup Pretest – Posttest Design.  Penelitian ini dilaksanakan pada tahun 2022 dengan jumlah sampel adalah 30 siswa kelas VSDN Sugihwaras. Instrumen penelitihan yang digunakan berupa Pretest – Posttest hasil belajar siswa. Teknik analisis data penelitian menggunakan uji perbedaan rata-rata dua sampel berpasangan. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata – rata data post test lebih besar dibandingkan rata-rata pretest. Sedangkan hasil pengujian perbedaan rata-rata menunjukkan bahwa antara data pre-test dan post-test memiliki perbedaan yang signifikan. Hasil tersebut menunjukkan bahwa hasil belajar siswa setelah menggunakan media audiovisual lebih baik dibandingkan sebelumnya. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan media audiovisual terbukti dapat meningktkan hasil belajar IPS siswa kelas V di SD Negeri Sugiwaras Candi.

Keywords:

Media Audio visual, IPS, Hasil Belajar

Downloads

Download data is not yet available.

References

Achmad, Z. A., Fanani, M. I. D., Wali, G. Z., & Nadhifah, R. (2021). Video Animasi Sebagai Media Pembelajaran Efektif bagi Siswa Sekolah Dasar di Masa Pandemi COVID-19. JCommsci-Journal Of Media and Communication Science, 4(2), 54-67.

Akmaliah, S. (2014). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi di Kelas X MA Attaqwa. Jakarta: Skripsi.

Andriyani, N. L., & Suniasih, N. W. (2021). Development Of Learning Videos Based On Problem-Solving Characteristics Of Animals And Their Habitats Contain in Science Subjects On 6th-Grade. Journal of Education, 5(1), 37–47. http://dx.doi.org/10.23887/jet.v5i1.32314.

Ariyani, B., & Kristin, F. (2021). Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa SD. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(3), 353-361.

Bungalangan, Y. T. (2020). Penerapan metode diskusi terbimbing dalam meningkatkan hasil belajar ips siswa kelas VI SD Negeri 1 Hongoa Kabupaten Konawe. Jurnal Profesi Keguruan, 6(2), 190-197.

Christian, A. C., Surya, E. P., Sembiring, M. B., & Syahaf, M. I. (2022). Pemanfaatan Media Audio Visual Sebagai Sumber Belajar Sejarah Di Madrasah Aliyah Tahfizhil Qur’an. BEST Journal (Biology Education, Sains and Technology), 5(2), 338-343.

Diputra, K. S. (2016). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Tematik Integratif Untuk Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 5(2), 125. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i2.8475.

Fatmawati, F., Yusrizal, Y., & Hasibuan, A. M. (2021). Pengembangan media pembelajaran berbasis aplikasi android untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa. Elementary School Journal Pgsd Fip Unimed, 11(2), 134-143.

Harahap, A. M. (2020). Kemampuan Siswa Memahami Materi Pembelajaran Fiqih Bab Shalat melalui Media Audio Visual di Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Bahrul ‘Ulum Al-Islamy Pantai Raja Kabupaten Kampar (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau).

Heo, M., & Toomey, N. (2020). Learning with multimedia: The effects of gender, type of multimedia learning resources, and spatial ability. Computers and Education, 146, 103747. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2019.103747.

Jubaedah, S., & Rahim, A. (2022). Pemanfaatan audio visual dalam pembelajaran sejarah kebudayaan Islam kelas 4 Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Haurgeulis. Jurnal Penelitian Multidisiplin Ilmu, 1(2), 73-82.

Lubis, T. C., & Mavianti, M. (2022). Penerapan Media Audio Visual Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam Pada Anak. Jurnal Raudhah, 10(2).

Najib, D. A. dan E. (2016). Pengaruh Penerapan Pembelajaran Bermakna (Meaningfull Learning) Pada Pembelajaran Tematik IPS Terpadu Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas III di MI Ahliyah IV Palembang. Jurnal PGMI, 2(1), 19–28. http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jip/article/view/1063.

Purwanti, B. (2015). Pengembangan Media Video Pembelajaran Matematika dengan Model Assure. Jurnal Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan, 3(1), 42–47. https://doi.org/10.22219/jkpp.v3i1.2194.

Ramadhani, M. I. (2021). Peningkatan Hasil Belajar IPS menggunakan Model Pembelajaran Make A Match pada Siswa Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 2237-2244.

Rose, J. A., O’Meara, J. M., Gerhardt, T. C., & Williams, M. (2016). Gamification: using elements of video games to improve engagement in an undergraduate physics class. Physics Education, 51(5). https://doi.org/10.1088/0031-9120/51/5/055007.

Setiawan, A., Kusmawanti, R. N., Pratama, D. F., & Kuswendi, U. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pada Siswa SD Kelas IV Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 3(1), 12-18.

Soucy, J. N., Owens, V. A. M., Hadjistavropoulos, H. D., Dirkse, D. A., & Dear, B. F. (2016). Educating patients about Internet-delivered cognitive behaviour therapy: Perceptions among treatment seekers and nontreatment seekers before and after viewing an educational video. Internet Interventions, 6, 57–63. https://doi.org/10.1016/j.invent.2016.09.003.

Syifa, F. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Take And Give Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Kelas Iii Min 10 Bandar Lampung (Doctoral Dissertation, Uin Raden Intan Lampung).

Taqiya, Nuroso, & Reffiane. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Terpadu Tipe Connected Berbantu Media Video Animasi. Mimbar PGSD Undiksha, 7(3), 289–295. http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i3.19492.

Tegeh, Simamora, & Dwipayana. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran Dengan Model Pengembangan 4D Pada Mata Pelajaran Agama Hindu. Jurnal Mimbar Ilmu, 24(2), 158–166. hhttp://dx.doi.org/10.23887/mi.v24i2.21262.

Utari, R. (2016). Kontribusi Motivasi Belajar Dan Kebiasaan Belajar Siswa Kelas 1 Teknik Audio Video Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Diklat Pkdle Di Smk N 1 Padang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 1(oktober 2016), 108–114. http://dx.doi.org/10.30870/volt.v1i2.2877

Wuryanti. (2016). Pengembangan Media Video Animasi untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Karakter Kerja Keras Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 6(2). https://doi.org/ 10.21831/jpk.v6i2.12055

Yusnia, Y. (2019). Penggunaan Media Video Scribe Dalam Pembelajaran Literasi Sains Untuk Mahasiswa PGPAUD. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 10(1), 71–75. hhttps://doi.org/10.17509/cd.v10i1.17436.

Downloads

Abstract Views : 1972
Downloads Count: 1611

Published

2023-03-16

How to Cite

Nurcahyanti, R. M., & Tirtoni, F. (2023). Media Pembelajaran Audiovisual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(1), 265–270. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i1.4605

Similar Articles

<< < 67 68 69 70 71 72 73 74 75 76 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.