Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Materi Limit Fungsi Aljabar
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v8i4.4004Abstract
Latar belakang penelitian yaitu belum adanya media pembelajaran berbasis android pada mata pelajaran Matematika di SMAS 2 Muhammadiyah Pontianak agar siswa dapat belajar secara mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pengembangan media pembelajaran berbasis android pada materi Limit Fungsi Aljabar di SMAS 2 Muhammadiyah Pontianak; 2) Kelayakan ahli media dan ahli materi terhadap media pembelajaran berbasis android pada materi Limit Fungsi Aljabar di SMAS Muhammadiyah 2 Pontianak; 3) Respon siswa terhadap media pembelajaran berbasis android pada materi Limit Fungsi Aljabar di SMAS Muhammadiyah 2 Pontianak. Metode yang digunakan yaitu Penelitian dan Pengembangan. Model yang digunakan yaitu Borg and Gall. Penelitian dilakukan di SMA Muhammadiyah 2 Pontianak. Subjek penelitian dilakukan di kelas XI yang berjumlah 33 orang siswa. Instrumen yang digunakan berupa angket. Hasil penelitian yaitu pengembangan media pembelajaran berbasis android menggunakan model pengembangan Borg and Gall. Kelayakan ahli media yaituf 97 termasuk dalam kategori Sangat Layak, sedangkan untuk ahli materi diperoleh skor 110 kategori layak. Respon siswa diperoleh 4 jadi, hasil penilaian media pembelajaran berbasis android termasuk dalam kategori baik.Sehingga dapat disimpulkan media pembelajaran berbasis android layak digunakan oleh siswa dalam prose pembelajaran.
Keywords:
android, pengembanganDownloads
References
Afriani, N. R., Maksum, A., & Yuliati, S. R. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Infografis Berbasis Android Pada Muatan IPS Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Educatio, 935-942.
Husniyah, A. M. (2022). Media Aplikasi DORA (Dongeng Nusantara) pada Pembelajaran Menyimak Dongeng di Era Digitaldi Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas.
Ibrahim, N., & Ishartiwi. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Android Mata Pelajaran IPA untuk SMP. Jurnal Refleksi Edukatika, 81-88.
Ismayani. (2018). Cara Mudah Membuat Aplikasi Pembelajaran Berbasis Android dengan Thunkable. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Kuswanto, J., & Radiansah, F. (2018). Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Sistem Operasi Jaringan Kelas X. Jurnal Media Infotama.
Mansur, H., & Rafiudin. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Infografis untuk Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 37-48.
Masluhah, Afifah, K. R., & Hafid, A. (2022). Efektivitas media pembelajaran berbasis infografis terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Jurnal Teori Dan Praksis Pembelajaran IPS, 11-20.
Muyaroah, S., & Fajartia, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android dengan Menggunakan Adobe Flash CS 6 Pada Mata Pelajaran Biologi. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology, 79-83.
Myori, D. E., Krismadinata, H., Eliza, F., & Fadli, R. (2019). eningkatan Kompetensi Guru dalam Penguasaan Teknologi Informasi dan Komunikasi melalui Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android. JTEV: Jurnal Teknik Elektro Dan Vokasional, 102-109.
Nurhamidah, S. D., Sujana, A., & Karlina, D. A. (2022). engembangan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Android Pada Konsep Sistem Peredaran Darah di Sekolah Dasar. Basicedu, 1318-1329.
Pribadi, B. A. (2017). Media dan Teknologi Dalam Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Rahmah, S., Yuliati, L., & Irawan, E. B. (2017). Penguasaan Konsep IPA pada Siswa Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional PS2DMP ULM, (pp. 35-40).
Rozie, F. (2019). ersepsi Guru Sekolah Dasar Tentang Penggunaan Media Pempelajaran sebagai Alat Bantu Pencapaian Tujuan Pembelajaran. Widyagogik: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1-12.
Sari, E. P., Anwar, C., & Irwandani. (2018). Pengembangan Media Berbentuk Infografis Sebagai Penunjang Pembelajaran Fisika Sma Kelas X. Indonesia Journal of Science and Mathematics Education, 71-78.
Yektyastuti, R. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Materi Kelarutan untuk Meningkatkan Performa Akademik Siswa SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 88-99.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Nurbani, Henny Puspitasari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work