Instrumen Literasi Matematika Model PISA dengan Konteks Budaya Baduy pada Tingkat SMP
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v8i4.3839Abstract
Literasi matematika merupakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh masyarakat, tetapi pada kenyataannya kemampuan literasi matematika siswa Indonesia masih tergolong rendah. Salah satu upaya yang dilakukan adalah membiasakan siswa untuk mengerjakan soal literasi matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen literasi matematika model PISA dengan menggunakan konteks budaya Baduy yang valid dan reliabel. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model pengembangan Tessmer. Tahap pengembangannya terdiri dari preliminary, self evaluation, prototyping yang terdiri dari tahap expert review, one-to-one, dan small group, serta yang terakhir adalah tahap field test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa instrumen dinyatakan “sangat valid” pada expert review dan skor akhir pada uji lapangan menunjukkan bahwa instrumen “valid” dan “reliabel”.
Keywords:
Literasi Matematika, PISA, BaduyDownloads
References
Anam, R. A. S. (2017). Instrumen Penelitian Yang Valid Dan Reliabel. Jurnal Edukasi Sebelas April, 1(1), 1.
Arikunto, S. (2005). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Bandung: Bumi Aksara.
Ginanjar, A. Y., & Widayanti, W. (2018). Penerapan model pembelajaran multiliterasi untuk meningkatkan kemampuan literasi matematis siswa di SD/MI. Primary: Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan Dasar, 10(2), 117-124.
Hidayati, V. R., Wulandari, N. P., Maulyda, M. A., Erfan, M., & Rosyidah, A. N. K. (2020). Literasi Matematika Calon Guru Sekolah Dasar dalam Menyelesaikan Masalah PISA Konten Shape And Space. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 3(3), 185-194.
Jufri, L. H. (2015). Penerapan double loop problem solving untuk meningkatkan kemampuan literasi matematis level 3 pada siswa kelas viii smpn 27 bandung. Lemma, 2(1), 144762.
Kuswidi, I. (2015). Brain-based learning untuk meningkatkan literasi matematis siswa. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 195-202.
Laurens, T. (2016). Analisis Etnomatematika dan Penerapannya dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sumbar, 3(1), 86-96.
Mansur, N. (2018, February). Melatih Literasi Matematika Siswa dengan Soal PISA. In Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 1, pp. 140-144).
Matondang, Z. (2009). Validitas dan Reliabilitas Suatu Instrumen Penelitian. Jurnal tabularasa, 6(1), 87-97.
OECD., K. (2018). OECD science, technology and innovation Outlook 2018. Paris: OECD Publishing.
Putra, Y. Y., Zulkardi, Z., & Hartono, Y. (2016). Pengembangan Soal Matematika Model PISA Konten Bilangan untuk Mengetahui Kemampuan Literasi Matematika Siswa. Jurnal Elemen, 2(1), 14-26.
Rachmawati, I. (2012). Eksplorasi Etnomatematika Masyarakat Sidoarjo. Ejournal Unnes, 1(1), 1-8.
Soedjadi, R. (2007). Inti Dasar-Dasar Pendidikan Matematika Realistik Indonesia. Jurnal pendidikan matematika, 1(2), 1-10.
Sugiyono, D. (2010). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Wahyuni, A., Tias, A. A. W., & Sani, B. (2013). Peran Etnomatematika dalam Membangun Karakter Bangsa. In Makalah Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, Prosiding, Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY, Yogyakarta: UNY (Vol. 1, No. 1).
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Septina Shinta Monica, Aan Subhan Pamugkas, Jaenudin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work