Metode Quantum Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa

Authors

  • Nur Hasanah Universitas Tompotika, Luwuk

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v8i4.3823

Abstract

Belajar merupakan upaya yang harus dilakukan oleh setiap individu untuk dapat mencapai tujuan hidupnya. Untuk melakukan kegiatan belajar, dibutuhkan guru yang berkompeten, agar peserta didik mampu bersaing dan dapat diandalkan dalam setiap lini kehidupan masyarakat. Untuk itu, setiap mahasiswa keguruan terkhusus mahasiswa Program Studi PPKn perlu memahami bagaimana cara menjadi seorang guru yang berkulitas. Guru yang berkualitas tidak hanya mampu berbicara di depan kelas saja, melainkan juga harus mampu untuk menyusun Perangkat Pembelajaran. Namun, pada kenyataannya terdapat beberapa mahasiswa yang kurang memiliki ketertarikan pada mata kuliah Perencanaan Pembelajaran PPKn, sehingga mengakibatkan kurang maksimalnya nilai yang didapatkan oleh mahasiswa Program Studi PPKn. Untuk itu peneliti ingin melakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan mencoba menerapkan metode Quantum Learning pada mata kuliah tersebut. Adapun tahap yang harus dilalui yaitu dengan melakukan tes yang terdiri dari pre test dan post test. Penelitian dilakukan dengan melakukan 2 siklus, hasil dari siklus 1 menunjukkan bahwa terdapat 11 mahasiswa (55 %) yang tuntas dan 9 mahasiswa (45 %) tidak tuntas,   dengan   nilai   rata-rata   kelas 74,75. Hal ini menunjukkan bahwa pelaksanaan siklus 1 belum berhasil. Kemudian peneliti lanjut pada siklus 2 dengan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 16 mahasiswa (80 %) yang tuntas dan 4 mahasiswa (20 %) tidak tuntas dengan nilai rata-rata kelas 80,2. Peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II sebanyak 25 %. Berdasarkan hal tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode Quantum Learning efektif digunakan.

Keywords:

Metode Quantum Learning, hasil belajar

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ananda, R. (2019). Perencanaan pembelajaran. Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI).

Atmojo, I. R. W. (2012). Mind Mapping Dalam Metode Quantum Learning Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Dan Kreativitas Mahasiswa. Didaktika Dwija Indria, 2(1).

De Porter, B., & Hernacki. M. (2011). Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Terjemahan oleh Alwiyah Abdurrahman dari Quantum Learning Unleashing the Genius in You. Bandung: PT. Mizan Pustaka.

Dewi, A. C., Hapidin, & Akbar, Z. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran dan Kemampuan Berpikir Kritis terhadap Pemahaman Sains Fisik. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 18. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.136.

Fitri, A., Saparahayuningsih, S., & Agustriana, N. (2017). Perencanaan Pembelajaran Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Potensia, 2(1), 1-13.

Marlina, L. (2017). Perencanaan Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2).

Moleong. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Musgamy, A. (2017). Quantum Learning Sebagai Proses Pembelajaran Bahasa Arab Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif Dan Menyenangkan. Al Daulah: Jurnal Hukum Pidana Dan Ketatanegaraan, 6(1), 145-155.

Nasution, A. G. J. (2017). Pembelajaran Edutainment: Tinjauan Filosofis Pendidikan Islam. Ihya al-Arabiyah: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Arab, 3(2).

Oktavia, Y., & Hulu, F. (2017). Pengaruh metode quantum learning berbasis media interaktif terhadap prestasi belajar Bahasa Indonesia Mahasiswa di Universitas Putera Batam. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 3(2), 255-269.

Puspitasari, E. (2016). Profesionalisme Guru Dalam Mengenal Perkembangan Siswa Sebagai Subjek Belajar. Edueksos: Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi, 4(2).

Putrianingsih, S., Muchasan, A., & Syarif, M. (2021). Peran Perencanaan Pembelajaran Terhadap Kualitas Pengajaran. INOVATIF: Jurnal Penelitian Pendidikan, Agama, dan Kebudayaan, 7(1), 138-163.

Ramlan, A. M. (2017). Peningkatan hasil belajar mahasiswa melalui metode quantum learning dengan teknik Mind mapping. Journal of Educational Science and Technology (EST), 3(2), 129-135.

Susanti, P. (2019). Peningkatan hasil belajar IPA MI/SD menggunakan model Quantum learning pada mahasiswa PGMI. Jurnal Kajian dan Pengembangan Umat, 2(1).

Usman, U. (2002). Konteks Implementasi Berbasis Kurikulum, Bandung: CV. Sinar Baru

Widyastuti, A., Sudarmanto, E., Silitonga, B. N., Ili, L., Purba, S. R. F., Khalik, M. F., ... & Situmorang, K. (2021). Perencanaan Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.

Wiriatmadja, R. (2008). Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Wulanditya, P. (2016). Quantum Learning: Experiment To Increase Learning Outcomes. Journal of Accounting and Business Education, 1(4). https://doi.org/10.26675/jabe.v1i4.6039.

Zahran, M. (2019). Quantum Learning: Spesifikasi, Prinsip, dan Faktor yang Mempengaruhinya. Journal of Research and Thought of Islamic Education, 2(2), 141–157. http://jurnaliainpontianak.or.id/index.php/jrtie/article/download/1405/pdf.

Zayadi, A. (2017). Quantum Learning dalam Perspektif Pendidikan Islam. Hikmah: Journal of Islamic Studies, 13(1), 115. https://doi.org/10.47466/hikmah.v13i1.84.

Zendrato, J. (2016). Tingkat penerapan rencana pelaksanaan pembelajaran dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas suatu studi kasus di SMA Dian Harapan Jakarta. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(2), 58-73.

Downloads

Abstract Views : 471
Downloads Count: 209

Published

2022-12-24

How to Cite

Hasanah, N. (2022). Metode Quantum Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa . Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(4), 1453–1458. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i4.3823