Gambaran Ketidakadilan Gender dalam Novel Little Women: Kajian Kritik Sastra Feminis
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v8i4.3266Abstract
Isu mengenai ketidakadilan gender dapat disampaikan dengan berbagai cara, salah satunya melalui sastra. Novel Little Women karya Louisa May Alcott merupakan salah satu novel Amerika yang menceritakan kehidupan perempuan pada abad 19 yang mana masih banyak ketimpangan sosial antara perempuan dan laki-laki. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis gambaran ketidakadilan gender dalam novel Little Women. Penelitian dilakukan menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan kritik sastra feminis. Selain itu metode analisis isi wacana digunakan dengan mengambil kutipan dialog yang menggambarkan ketidakadilan gender dalam novel. Hasil penelitian menunjukkan ada tiga bentuk ketidakadilan gender yang digambarkan dalam novel Little Women karya Louisa May Alcott yaitu, subordinasi, stereotip gender, dan kekerasan. Melihat latar belakang penulis dan novel Little Women dapat dilihat bahwa isu ketidakadilan gender diangkat sebagai salah satu cara untuk menyadarkan perempuan di masa itu dan isu tersebut menjadi bagian dari gambaran dari kondisi sosial Amerika di masa itu.
Keywords:
gender, ketidakadilan gender, perempuanDownloads
References
Adji, M. (2016). Perspektif Gender Pada Novel-Novel Populer: Pendekatan Sosiologi Sastra Berperspektif Feminis Terhadap Novel Sang Pemimpi. Sastra Dan Perubahan: Dinamika Masyarakat Dalam Perspektif Sosiologi Sastra.
Afiah, K. N., & Muslim, A. (2021). Feminisme dalam Pesantren Kajian Kritik Sastra Feminis dalam Novel Dua Barista Karya Najhaty Sharma. Gender Equality: International Journal of Child and Gender Studies, 7(1), 104–124. https://doi.org/10.22373/equality.v7i1.8900
Alcott, L. M. (2020). Little Women (Gadis-Gadis March) (A. C. Putri & W. Kirana, Eds.; 2nd ed.). Gramedia Pustaka Utama.
Amalinanda. (2018, February 20). Extra Care for Your Crown! https://journal.moselo.com/extra-care-for-your-crown-734915365016
Amnesty Indonesia. (2021, March 12). Hak Perempuan dan Kesetaraan Gender. https://www.amnesty.id/hak-perempuan-dan-kesetaraan-gender/
Botifar, M., & Friantary, H. (2021). Refleksi Ketidakadilan Gender dalam Novel Perempuan Berkalung Sorban: Perspektif Gender dan Feminisme. Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(1), 45. https://doi.org/10.29300/disastra.v3i1.3559
Damono, S. D. (2011). Pengarang, Karya Sastra, dan Pembaca. LINGUA: Jurnal Ilmu Bahasa dan Sastra, 1(1). https://doi.org/10.18860/ling.v1i1.540
Indrapuri, B. S., & Andalas, E. F. (2019). Emansipasi Perempuan dalam Ranah Domestik Pada Novel “Little Women” Karya Louisa May Alcott. FON: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 14(1).
Karwati, L. (2020). Menolak Subordinasi Gender Berdasarkan Pentingnya Peran Perempuan dalam Pembangunan Nasional Menjelang Bonus Demografi 2035. Jurnal Cendekiawan Ilmiah PLS, 5(2), 122–130.
Lisnawati, I. (2021). Konstruksi Gender dalam Novel Kim Ji-Yeong Lahir Tahun 1982 Karya Cho Nam-Joo sebagai Usulan Bahan Ajar Sastra Inklusif Gender Kelas XII di SMA. Universitas Islam Nusantara.
Saeful, A. (2019). Kesetaraan Gender dalam Dunia Pendidikan. Tarbawi, 1.
Saguni, F. (2014). Pemberian Stereotype Gender. Musawa, 6(2), 195–224. http://www.komnasperempuan.or.id/en/2009/07/membangun-kepekaan-
Siswanto, W. (2008). Pengantar Teori Sastra. Grasindo.
Ulfah, E. M., & Anwar, M. S. (2018). Ketidakadilan Gender pada Perempuan dalam Novel Entrok Karya Okky Madasari. Jurnal Buana Bastra, 5(1), 1–9. https://doi.org/10.36456/bastra.vol5.no1.a3573
Umniyyah, Z. (2021). Kekerasan Berbasis Gender: Belenggu Patriarki Terhadap Perempuan Dalam Novel Tempurung Karya Oka Rusmini. Journal of Feminism and Gender Studies, 1(1), 22–29.
Vadilla, R. (2019). Novel Surfacing Karya Margaret Atwood sebagai Karya Sastra Penentang Penindasan Perempuan di Kanada pada Tahun 1970an. Magistra Andalusia: Jurnal Ilmu Sastra, 1(1). https://doi.org/10.25077/majis.1.1.4.2019
Wiasti, N. M. (2017). Mencermati Permasalahan Gender dan Pengarusutamaan Gender (PUG). Sunari Penjor, 1(1), 29.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Hanna Fauziyah Adzkia, Etti Rochaeti Soetisna, Yessy Hermawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work