Pengembangan Media PENAWAPI Berbasis Kontekstual Materi Hewan Ruminansia Muatan Pelajaran IPA Siswa Kelas V

Authors

  • Larasati Palupi Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
  • Mimin Ninawati Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v8i3.2660

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah : 1) mengembangkan media PENAWAPI pada muatan IPA kelas V di SDN Wanaherang 05, 2) mengetahui kelayakan dari pengembangan media PENAWAPI berbasis kontekstual, dan 3) mengetahui respon dari siswa terhadap penggunaan media PENAWAPI. Metode yang digunakan pada penelitian R&D dengan model 4D (Define, Design, Develop, Disseminate). Penelitian dilakukan langsung ke SDN Wanaherang 05 Kabupaten Bogor. Pengambilan data dilakukan dengan pengisian angket untuk uji validasi oleh ahli media, ahli materi dan implementasi pada siswa kelas V SDN Wanaherang 05. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa media PENAWAPI sangat layak dengan hasil prosentase 93% oleh ahli media, 97% oleh ahli materi dan 88% dari hasil implementasi pada siswa kelas V. Maka dapat disimpulkan bahwa media PENAWAPI sangat layak untuk digunakan pada muatan pelajaran IPA materi hewan ruminansia kelas V SDN Wanaherang 05.

Keywords:

Pengembangan, Media, PENAWAPI, IPA

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dwijayani, N. M. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Misykat, 03(2), 171–187. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1321/2/022099

Ernawati. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berdasarkan Model 4-D pada Materi Getaran Gelombang dan Bunyi dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa SMP Negeri 6 Palu. Jurnal Sains Dan Teknologi Tadulaka, 3(1), 62–71.

Hakim, R. A., Mustika, I., & Yuliani, W. (2021). Validitas Dan Reliabilitas Angket Motivasi Berprestasi. Fokus, 4(4), 263–268.

Jundu, R., Tuwa, P. H., & Seliman, R. (2020). Hasil Belajar IPA Siswa SD di Daerah Tertinggal dengan Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(2), 103–111. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i2.p103-111

Kahfi, M., Ratnawati, Y., Setiawati, W., & Saepuloh, A. (2021). Efektivitas Pembelajaran Kontekstual Dengan Menggunakan Media Audiovisual Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Siswa Pada Pembelajaran Ips Terpadu. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(1), 84–89. https://doi.org/10.36312/jime.v7i1.1636

Kristianto, H. (2020). Pengembangan Media Spasi (Sistem Pencernaan Sapi) Pada Materi Ipa Siswa Kelas V Sdn Bendan Ngisor Semarang. Caruban: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 3(1), 15–28. https://doi.org/10.33603/cjiipd.v3i1.3037

Laksana, D. N. L. (2016). Miskonsepsi Dalam Materi Ipa Sekolah Dasar. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 5(2), 166. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i2.8588

Ninawati, M. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Literasi Kritis Berbasis Pendekatan Konsep Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Kreatif Siswa Sekolah Dasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, IV, 68–78. https://doi.org/10.23969/jp.v4i1.1747

Ninawati, M., & Nurafni. (2021). Efektivitas Penerapan Aplikasi Linktree dan Wordwall Terhadap Motivasi Intrinsik Siswa Kelas V Sekolah Dasar. JP2SD( Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar), 9(2), 217–225.

portanata Lia, L. Y. S. I. (2021). ANALISIS PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA SD. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 3(April), 2013–2015.

Rahmawati, M., Sujarwanta, A., & Santoso, H. (2021). Penilaian Ranah Afektif Peserta Didk Dengan Menggunakan Modul Berorientasi Literasi Sains Materi Komponen Ekosistem. Biolova, 2(2), 114–121. https://doi.org/10.24127/biolova.v2i2.327

Sri Haryati. (2012). ( R & D ) Sebagai Salah Satu Model Penelitian Dalam. Academia, 37(1), 13.

Suarjana, I. M., Pt, N., Riastini, N., & Pustika, I. G. N. Y. (2017). Media Konkret Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar. International Journal of Elementary Education, 1, 103–114.

Suwandi, E., Imansyah, F. H., & Dasril, H. (2018). Analisis Tingkat Kepuasan Menggunakan Skala Likert pada Layanan Speedy yang Bermigrasi ke Indihome. Jurnal Teknik Elektro, 11.

Tema, K., Sahabat, L., Kelas, K., Hidayah, N., Putro, S. E., & Ngazizah, N. (2022). Pengembangan Worksheet Berbasis Keterampilan Proses dan. 8(1), 27–33. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i1.1450

Downloads

Abstract Views : 628
Downloads Count: 592

Published

2022-07-30

How to Cite

Palupi, L., & Ninawati, M. . (2022). Pengembangan Media PENAWAPI Berbasis Kontekstual Materi Hewan Ruminansia Muatan Pelajaran IPA Siswa Kelas V. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(3), 838–845. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i3.2660

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.