Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Puisi Melalui Pemodelan pada Siswa Sekolah Dasar Kelas IV

Authors

  • Widha Yunikasari SDN Burengan 1 Pesantren Kota Kediri

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1334

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca puisi dengan menerapkan metode pemodelan siswa kelas IV SDN Burengan Ngasem Kediri Tahun Pelajaran 2020/2021. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan tes kerja siswa. Data yang diperoleh pada siklus I yaitu 13 siswa yang tuntas dan 19 siswa belum tuntas, dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 40,6%. Pada siklus II, 24 siswa memperoleh nilai tuntas dan 8 siswa masih belum tuntas dengan persentase ketuntasan klasikal 75% meningkat sebanyak 34,4% dari siklus I. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan membaca puisi siwa yang dilihat dari aspek pemahaman, ekspresi dan mimik, intonasi, pelafalan, serta penampilan dan kinesik. Berdasarkan hasil tersebut, metode pemodelan sangat baik untuk diterapkan dalam pembelajaran membaca puisi.

Keywords:

Kemampuan, Membaca, Puisi, Pemodelan

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Abstract Views : 355
Downloads Count: 401

Published

2021-08-08

How to Cite

Yunikasari, W. (2021). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Puisi Melalui Pemodelan pada Siswa Sekolah Dasar Kelas IV. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 1040–1045. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1334

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.