Keefektivan Model Make A Match Berbantuan Media Kartu Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Materi Ekosistem
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1315Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan model make a match dengan bantuan media kartu.Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan mengacu pada Arikunto yang terdiri dari empat langkah yaitu 1) Perencanaan, 2)Pelaksanaan, 3) Observasi, dan 4) Refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V di Desa Karang Bener yang berjumlah 10 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non tes. Teknik tes dilakukan melalui tes evaluasi pembelajaran yang dilaksanakan pada akhir siklus, sedangkan teknik non tes yang digunakan antara lain: 1)observasi atau observasi meliputi lembar observasi keterampilan siswa. aspek sikap dan keterampilan, 2) wawancara yaitu wawancara terstruktur, 3) dokumentasi. Teknik pengecekan data yang digunakan adalah validitas isi Expert Judgment. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif komparatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Make A Match berbantuan Media Kartu dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada aspek pengetahuan pada siklus I pada pelajaran Bahasa Indonesia dengan rata-rata 52 dan pelajaran IPS dengan rata-rata 56,5. Pada siklus II, skor rata-rata meningkat lagi pada pelajaran Bahasa Indonesia 82 dan pelajaran IPS sebesar 83. Berdasarkan data di atas, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Make A Match berbantuan media kartu dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada tema Ekosistem di Desa Karang Bener.
Keywords:
hasil belajar siswa, media kartu, model make a matchDownloads
References
Arikunto Suharsimi, dkk. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : PT Bumi Aksara.
Arikunto Suharsimi, dkk. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : PT Bumi Aksara.
Fatimah Iis Daniati. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Make a Match dengan Media Kartu Bergambar untuk meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. Ilmu Pendidikan. Volume 2 Nomor 1 Tahun 2017.
Kanzunnudin mohammad.2017.Bahasa Indonesia Untuk Perguruan Tinggi.Kudus: Magnum.
Kosasih, E. 2014. Strategi Belajar dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum 2013. Bandung : Yrama Widya.
Murtono. 2017. Merencanakan dan Mengelola Model-Model Pembelajaran Inovatif (Student Center Leraning). Ponorogo : WADE Group.
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.
Sudjana, Nana. 2004. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar Mengajar Cetakan Pertama. Bandung : Rosdakarya.
Sudjana, Nana. 2013. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar Mengajar Cetakan Pertama. Bandung : Rosdakarya.
Sugiyono, 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung, Alfabeta.
Sugiyono, 2017. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung, Alfabeta.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work