Implementasi Kurikulum Merdeka Dilihat Dari Perspektif Tata Kelola Pendidikan Study Kasus SMAN 3 Jakarta
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v11i3.13084Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi implementasi Kurikulum Merdeka di SMA Negeri 3 Jakarta dari perspektif tata kelola pendidikan. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan metode studi kasus, penelitian ini mengumpulkan data melalui wawancara dengan informan, observasi, dan studi kepustakaan. Fokus utama penelitian mencakup analisis komunikasi antara pemerintah dan sekolah, kesiapan sumber daya manusia, sikap pendidik terhadap kebijakan, serta efisiensi struktur birokrasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi Kurikulum Merdeka dipengaruhi oleh berbagai faktor, termasuk dukungan dari pihak manajemen sekolah, keterlibatan guru dalam proses pengambilan keputusan, dan adanya pelatihan yang memadai untuk meningkatkan kompetensi pendidik. Namun, tantangan signifikan muncul dari ketimpangan beban kerja guru akibat distribusi peminatan siswa yang tidak merata, yang berdampak pada motivasi dan kualitas pengajaran. Penelitian ini juga menemukan bahwa tantangan dalam komunikasi antara pemerintah dan sekolah dapat menghambat efektivitas implementasi kebijakan. Oleh karena itu, rekomendasi diberikan untuk meningkatkan kualitas tata kelola pendidikan di Indonesia, termasuk perlunya penyeimbangan beban kerja guru dan peningkatan transparansi serta akuntabilitas dalam proses pengambilan keputusan. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan kebijakan pendidikan yang lebih baik dan mendukung pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan di sektor pendidikan.
Keywords:
kurikulum merdeka, Tata Kelola Pendidikan, Good Governance, Implementasi KebijakanDownloads
References
Abdul Kahar. (2022). GOOD GOVERNANCE SEBAGAI TOLAK UKUR UNTUK MENGUKUR KINERJA PEMERINTAHAN. Jurnal Sosial dan Teknologi (SOSTECH), Volume 2, Number 11, 929–941.
Angga, A., & Iskandar, S. (2022). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Mewujudkan Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 5295–5301. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2918
Arsyad, M. (2023). Model-model Pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka. https://www.researchgate.net/publication/378184629
Bagus. (2017). World Economic Forum Peringkat Kualitas SDM Dunia, Melihat Peringkat Indonesia. https://www.goodnewsfromindonesia.id/2017/09/14/world-economic-forum-lansir-peringkat-kualitas-sdm-dunia-ini-peringkat-indonesia
Baharuddin, M. R. (2021). Adaptasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (Fokus: Model MBKM Program Studi). Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(1), 195–205. https://doi.org/10.30605/jsgp.4.1.2021.591
Bayu Kharisma. (2014). GOOD GOVERNANCE SEBAGAI SUATU KONSEP DAN MENGAPA PENTING DALAM SEKTOR PUBLIK DAN SWASTA (SUATU PENDEKATAN EKONOMI KELEMBAGAAN). Jurnal Buletin Study Ekonomi, Vol. 19, No 1.
Berkovich, I. (2018). When the going gets tough: Schools in challenging circumstances and the effectiveness of principals’ leadership styles. Journal of Community and Applied Social Psychology, 28(5), 348–364. https://doi.org/10.1002/casp.2372
Coryanata, I. (2016). AKUNTABILITAS, PARTISIPASI MASYARAKAT DAN TRANSPARANSI KEBIJAKAN PUBLIK SEBAGAI PEMODERASI HUBUNGAN PENGETAHUAN DEWAN TENTANG ANGGARAN DAN PENGAWASAN KEUANGAN DAERAH. Jurnal Akuntansi Dan Investasi, 12(2), 110–125.
Dalimunthe, Y. P., & Susilawati. (2022). Implementasi kebijakan vaksinasi covid -19 di Kota Medan menggunakan teori edward III. Florona : Jurnal Ilmiah Kesehatan, 1(2). https://jurnal.arkainstitute.co.id/index.php/florona/index
Elisa Intan Yulianasri. (2023). IMPLEMENTASI KEBIJAKAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI SMP ISLAM SIROJUL ULUM DAYA KECAMATAN WANASABA KABUPATEN LOMBOK TIMUR TAHUN AJARAN 2022/2023. Universitas Islam Negeri Mataram.
Ham, S. H., Duyar, I., & Gumus, S. (2015). Agreement of self-other perceptions matters: Analyzing the effectiveness of principal leadership through multi-source assessment. Australian Journal of Education, 59(3), 225–246. https://doi.org/10.1177/0004944115603373
Hewi, L., Shaleh, M., & IAIN Kendari, P. (2020). Refleksi Hasil PISA (The Programme For International Student Assesment): Upaya Perbaikan Bertumpu Pada Pendidikan Anak Usia Dini). Jurnal Golden Age , Universitas Hamzanwadi, Vol. 04 No. 1(1), 30–41.
Hidayat, E., Pardosi, A., & Zulkarnaen, I. (2023). Efektivitas Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Penerapan Kurikulum Merdeka. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 6(1), 9–18. https://doi.org/10.30605/jsgp.6.1.2023.2339
Kadek Cahya Susila Wibawa. (2019). Urgensi Keterbukaan Informasi dalam Pelayanan Publik sebagai Upaya Mewujudkan Tata Kelola Pemerintahan yang Baik. Online Administrative Law & Governance Journal, 2(2).
Kasmad, R. (2018). Studi Implementasi Kebijakan Publik. kedaiaksara. https://www.researchgate.net/publication/327762798
kemendikbud. (2024). Indikator dan Level Refleksi Kompetensi Guru. https://pusatinformasi.guru.kemdikbud.go.id/hc/id/articles/23329367282329-Indikator-dan-Level-Refleksi-Kompetensi-Guru#:~:text=Mengacu%20pada%20ketentuan%20Undang%2DUndang,model%20kompetensi%20dalam%20Refleksi%20Kompetensi.
Kempa, R., Ulorlo, M., & Wenno, I. H. (2017). Effectiveness Leadership of Principal. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE), 6(4), 306–311.
Mardawani, & Dessy Triana Relita. (2021). PELAKSANAAN GOOD GOVERNANCE SEBAGAI PERWUJUDAN VISI-MISI KEPALA DAERAH TERPILIH DI KABUPATEN SINTANG PERIODE 2016-2021. SOSIAL HORIZON : Jurnal Pendidikan Sosial, Vol. 8, No. 1.
McKenzie, P., Nugroho, D., Ozolins, C., & McMillan, J. (2014). Study on Teacher Absenteeism in Indonesia 2014. Education Sector Analytical and Capacity Development Partnership (ACDP) Agency for Research and Development (Balitbang), Ministry of Education and Culture. www.acdp-indonesia.org
Melis, Abd, A. M., & Apoda. (2016). ANALISIS PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PEMBANGUNAN DESA (STUDI DI DESA WAWOLESEA KECAMATAN LASOLO KABUPATEN KONAWE UTARA). Jurnal Ekonomi (JE), 1(1), 99–105. http://ojs.uho.ac.id/index.php/JE
Mulyono. (2009). Model Implementasi kebijakan George Edward III. https://mulyono.staff.uns.ac.id/2009/05/28/model-implementasi-kebijakan-george-edward-iii/
Munawar, Abdullah Muzakkar, & Badarudin. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Berdiferensiasi, Di SMA Lombok Timur. Jurnal Suluh Edukasi, Volume 04 No 1, 43–52.
Nekwek, L. (2022). IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENGEMBANGAN KOMPETENSI SUMBER DAYA APARATUR SIPIL NEGARA DI KABUPATEN YALIMO PROVINSI PAPUA. JURNAL ADHIKARI. https://doi.org/https://doi.org/10.53968/ja.v1i3.40
Novianto, K. (2020). INDEKS PEMERATAAN GURU (IPG): IKHTIAR MEMPERCEPAT DISTRIBUSI GURU (Vol. 02, Issue 02).
Nur, D., Sutrisno, A., Mahfud, H., Saputri, D. Y., Guru, P., & Dasar, S. (2024). Kompetensi kepribadian dan sosial guru dalam menerapkan sikap disiplin peserta didik kelas I pada pembelajaran PPKn di Sekolah Dasar.
Nur, F., & Kurniawati, A. (2022). MENINJAU PERMASALAHAN RENDAHNYA KUALITAS PENDIDIKAN DI INDONESIA DAN SOLUSI. AoEJ: Academy of Education Journal, Vol. 13 Nomor 1(1).
OECD. (2023). PISA 2022 Results (Volume I) The State Of Learning and Equity in Education. OECD. https://doi.org/10.1787/53f23881-en
Permatasari, I. A. (2020). KAJIAN PENERAPAN PRINSIP GOOD GOVERNANCE PEMERINTAH KABUPATEN LEBAK A STUDY ON THE IMPLEMENTATION OF GOOD GOVERNANCE PRINCIPLES IN THE LEBAK REGENCY. Jurnal Kebijakan Pembangunan Daerah, Volume 4, No. 1(1), 33–48.
Pratiwi, I. (2019). EFEK PROGRAM PISA TERHADAP KURIKULUM DI INDONESIA. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 4(1), 51–71. https://doi.org/10.24832/jpnk.v4i1.1157
Ridwan, P. (2024). Alasan Apple Berani Investasi Lebih Besar di Vietnam daripada di RI. https://www.idntimes.com/business/economy/ridwan-aji-pitoko-1/alasan-apple-berani-investasi-lebih-besar-di-vietnam-daripada-di-ri
Rusli, M. (n.d.). Merancang Penelitian Kualitatif Dasar/Deskriptif dan Studi Kasus. http://repository.uin-
Safitri, A. O., Yunianti, V. D., & Rostika, D. (2022). Upaya Peningkatan Pendidikan Berkualitas di Indonesia: Analisis Pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs). Jurnal Basicedu, 6(4), 7096–7106. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3296
Sanusi, H. (2022). Media Kurikulum Merdeka Belajar Suatu Kajian Sosiologi Pendidikan dalam Menggugah Perspektif Masa Kini. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran, 4(3).
Schwab, K., & Zahidi, S. (2020). The Global Competitiveness Report How Countries are Performing on the Road to Recovery. www.weforum.org
Setiawan, I., Maryani, S., & Martin, N. (2023). PELATIHAN IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA (IKM) DI SMK NEGERI 1 LINGSAR LOMBOK BARAT. SELARAPANG (Pengabdian Masyarakat Berkemajuan), Vol 7, Nomor 4.
Setiyorini, S. R., & Setiawan, D. (2023). Perkembangan Kurikulum Terhadap Kualitas Pendidikan di Indonesia. Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(1). https://doi.org/10.47134/jtp.v1i1.27
Setyawan, D., Nanang, D., & Srihardjono, B. (2016). ANALISIS IMPLEMENTASI KEBIJAKAN UNDANG-UNDANG DESA DENGAN MODEL EDWARD III DI DESA LANDUNGSARI KABUPATEN MALANG. 6(2).
Sifa Fauziah. (2019). PENERAPAN PRINSIP GOOD GOVERNANCE DALAM PENGELOLAAN IT CENTER DI DINAS BINA MARGA KABUPATEN KOTABARU. As Siyasah Penerapan Prinsip, Vol. 4, No. 2.
Subijanto. (2010). Prinsip-Prinsip dan Efektivitas Desentralisasi Pendidikan Dalam Rangka Meningkatkan Mutu dan Relevansi Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 16, Nomor 5(5). http://pokguruonline.
Sugiyono. (2013). METODE PENELITIAN KUANTITATIF, KUALITATIF DAN R & D (Vol. 19). PENERBIT ALFABETA BANDUNG.
Taherdoost, H. (2022). What are Different Research Approaches? Comprehensive Review of Qualitative, Quantitative, and Mixed Method Research, Their Applications, Types, and Limitations. Journal of Management Science & Engineering Research, 5(1), 53–63. https://doi.org/10.30564/jmser.v5i1.4538
Wanda Nurfadillah. (2024). ANALISIS IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN ABAD-21 PADA SMA NEGERI 36 JAKARTA. Sindoro CENDIKIA PENDIDIKAN, Vol. 4, 62–82.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ilham Sefti Vian, Suci Emilia Fitri, Nurkholis Majid

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work