Penerapan Model PBL dalam Matakuliah Teori Pengambilan Keputusan untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1290Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar mata kuliah teori pengambilan keputusan melalui penerapan model Problem-Based Learning (PBL) pada mahasiswa IAIN Pekalongan. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah mahasiswa yang menempuh mata kuliah teori pengambilan keputusan kelas IIA Prodi Ekonomi Syariah IAIN Pekalongan yang berjumlah 29 mahasiswa. Pengumpulan data menggunakan metode observasi dengan instrumen checklist dan tes unjuk kerja. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut: (a) penerapan model PBL dalam pembelajaran mata kuliah teori pengambilan keputusan dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis mahasiswa dalam pembelajaran yaitu sebesar 24,2%, (b) Keterampilan berpikir kritis mahasiswa setelah penerapan PBL yaitu mahasiswa dengan kategori keterampilan berpikir kritis sangat tinggi sebanyak 20 mahasiswa (69%), kategori tinggi sebanyak 7 mahasiswa (24,2%), kategori rendah sebanyak 2 mahasiswa (6,9%) dan kategori sangat rendah yaitu sebanyak 0 mahasiswa (0%), (c) penerapan PBL dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa sebesar 31,03%, dan (d) Hasil belajar mahasiswa setelah penerapan PBL yakni jumlah mahasiswa yang mencapai KKM sebanyak 29 mahasiswa (100%).
Keywords:
Model PBL, Berpikir Kritis, Teori Pengambilan KeputusanDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work