Peran Kepemimpinan dan Profesional Guru Terhadap Perbaikan Mutu Pembelajaran

Authors

  • Himawan Bastar Rekso Atmojo Universitas PGRI Palembang
  • Bukman Lian Universitas PGRI Palembang
  • Mulyadi Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1217

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan peran kepemimpinan kepala sekolah dan profesionalisme guru dalam upaya perbaikan mutu pembelajaran. Penilitian ini dilakukan di SMP Negeri I Belitang Madang Raya. Waktu penelitian pada bulan Maret 2021 sampai dengan April  2022. Hasil dari penelitian Kepala sekolah mendorong serta mengarahkan guru untuk menjadi guru professional dengan cara meningkatkan peguasaan IT serta dengan menugaskan guru untuk mengikuti pelatihan, dan seminar, kemudian mengajak guru, menyusun perencanaan pembelajaran yang efektif, efisien serta mengevaluasi hasil dari proses pembelajaran. Guru didorong untuk terus menemukan ide-ide dan cara untuk menyampaikan materi pembelajaran agar para peserta didik mampu menyerap materi dengan baik. Profesionalisme guru merupakan salah satu parameter keberhasilan pembelajaran yang berujung pada peningkatan mutu dan keberhasilan pembelajaran, kepala sekolah yang memegang peranan penting terhadap baik buruknya sekolah yang ia pimpin,kepala sekolah merupakan pemimpin pendidikan yang sangat penting karena kepala sekolah berhubungan langsung dengan pelaksanaan program pendidikan disekolah.

Keywords:

kepemimpinan, profesional, mutu pembelajaran

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmadi. 2011. Guru dan Masa Depan. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi, 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi, 2012. Supervisi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Atik, M.W. 2017. Upaya Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru di MI Mamba’ul Huda Al-Islamiyah Ngabar Ponorogo. Jurnal Manajemen Pendidikan, Volume 2 Nomor 1 September 2017, Halaman 118-133.
Bafadal, Ibrahim. 2014. Manajemen Peningkatan Mutu Sekolah Dasar: dari Sentralisasi Menuju Desentralisasi. Jakarta: Bumi Aksara.
Basri. Hasan. 2014. Kepemimpinan Kepala Sekolah. Bandung: Pustaka Setia.
Buchori. Ahmad. 2012. Kinerja Guru. Jakarta: Raja Graffindo Persada.
Budi. U. B , Kadri. H. A , Kristiawan , dan Lian, Bukman. 2020. Dampak Pelaksanaan Full Day School Terhadap Disiplin Kerja Guru. Dalam Jurnal JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan). Vol 05. No 1 (hal 44-50). UProgram Study Universitas PGRI Palembang.
Bukman Lian, Ratu Wardarita. 2021. Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Budaya Organisasi di SMP Sekecamatan Sako Kota Palaembang. Jurnal Pendidikan Volume 10 Nomor 1, Juni 2021, Halaman 36-51 ISSN. 2313-2652, e-ISSN 2665-8421
Daniel A. 2014. Evolusi Pemikiran Manajemen. New York: John Wiley & Sons, Inc.
Danim, S. 2010. Profesionalisasi dan Etika Profesi Guru. Bandung: Alfabeta.
Darmansyah. 2014. Kontribusi Profesionalisme Guru dan Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru SMP Negeri di Kabupaten Brebes. Jurnal Administrasi Pendidikan, Volume 1 Nomor 3 Juli 2014, Halaman 82-98.
Daryanto. 2017. Administrasi Sekolah: Administrasi Pendidikan Mikro. Jakarta: Rineka Cipta.
Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Fathurrohman, M. 2012. Akreditasi Dalam Kebijakan pendidikan Nasional (MA). UIN Maliki, Malang.
Fitria, Happy. 2020. Pengaruh Supervisi Akademik dan Kompetensi Profesional Guru Terhadap Kinerja Guru di Sekolah Menengah Atas Negeri di Kecamatan Tanjung Raja. Jurnal Manajemen Pendidikan, Volume 9 Nomor 1, Juni 2020. Halaman 103-114. ISSN. 2303-2952, e-ISSN 2622-8491.
Gerungan, WA., 2014. Psikologi Sosial, Bandung: Refika Aditama.
Hadi, Sutrisno. 2011. Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Halim. 2010. Etika Profesi Guru. Jakarta: Kata Pena.
Hendarman dan Rohanim. 2018. Kepala Sekolah Sebagai Manajer Teori dan Praktik. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Hidayat, Ara, Imam Machali. 2013 Pengelolaan Pendidikan, Bandung:Pustaka Educa.
Joko. M. 2018. Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Guru di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Cawas Klaten. Jurnal Manajemen Pendidikan, Volume 2 Nomor 2 Desember 2018, Halaman 144-160.
Kamus Umum Bahasa Indonesia. 2013. Pengertian Disiplin. Jakarta: Balai Pustaka.
Kristiawan, M., Safitri, D., & Lestari, R. 2017. Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish.

Kurniasih, Imas. 2017. Kompetensi Pedagogik, Teori dan Praktik Untuk Peningkatan Kinerja dan Kualitas Guru. Jakarta: Kata Pena
Kustimi. 2013. Kinerja Kepala Sekolah dan Pengawas dalam Membina Kemampuan Mengajar Guru. Tesis. Universitas Pendidikan Indonesia.
Lian, Bukman. 2017. Kepemimpinan Dan Kualitas Kinerja Pegawai. Noer Fikri Offset. Palembang
Mangkunegara. 2011. Jurnal: Profesionalisme Guru dan Upaya Meningkatkannya. Jakarta: www.emaskuwinggo-mangkunegara.html.
Maya. 2018. Peran Kepala Sekolah Sebagai Supervisor dalam Mewujudkan Profesionalisme Guru di Sekolah Menengah Kejurusan Ma’arif 1 Semaka Kabupaten Tanggamus. Jurnal Manajemen Pendidikan, Volume 1 Nomor 2 Juli 2018, Halaman 102-117.
Moleong. L. 2011. Metodologi Penelitian. Bandung: Sinar Baru.
Mulyadi. 2009. Manajemen dan kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.
Mulyasa. 2013. Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.
Muwahid, Shulhan. 2013. Model Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Pembinaan Kinerja Guru. Yogyakarta: Teras.
Nanang. 2016. Strategi Pendidikan. Jakarta: Raja Graffindo Persada.
Nata, Abuddin.2013 Manajemen Pendidikan, Mengatasi Kelemahan Pendidikan Islam Di Indonesia, Cet. I. Bogor: Kencana
Nawawi, Hadari. 2016. Kepemimpinan mengefektifkan Organisasi. Yogyakarta: Gadjah Mada Press.
Nurdin, S. 2012. Guru Profesional dan Implementasi Kurikulum. Jakarta: Ciputat Pers.
Nurkholis, 2013, Manajemen Berbasis Sekolah , Teori, Model dan Aplikasi, Jakarta: P.T. Gramedia Widiasarana Indonesia
Nurul, L.I. 2014. Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Muhammadiyah 3 Kaliwungu dan SMP Muhammadiyah 6 Kendal. Jurnal Manajemen Pendidikan, Volume 3 Nomor 1 Oktober 2014, Halaman 57-72.
Purwanto. 2014. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Rachman. 2016. Guru Powerfull (Kunci Sukses Menjadi Guru Efektif). Bandung: Kolbu.
Rochman, C. 2011. Pengembangan Kompetensi Kepribadian Guru. Jakarta: Rajawali Pers.
Rohiat. 2013. Kecerdasan Emosional Kepemimpinan Kepala Sekolah. Cetakan Pertama. Bandung: Refika Aditama.
Rusman. 2012. Guru dan Profesinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Rusyan. 2016. Manajemen Peningkatan Kinerja Guru. Konsep Strategi dan Implementasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Rusyan. 2016. Manajemen Peningkatan Kinerja Guru. Konsep Strategi dan Implementasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sahertian. 2016. Konsep Dasar dan Teknik Supervisi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Samsudin. 2016. Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sani, B. 2017. Kompetensi Pedagogik, Teori dan Praktik Untuk Peningkatan Kinerja dan Kualitas Guru. Jakarta: Kata Pena.
Sanjaya, Wina. 2014. Guru dan Anak Didik dalam Interaktif Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Santyasa. 2014. Peningkatan Profesionalisme Guru dalam Kerangka Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.
Sitti Umami, Bukman Lian, Missriani, 2018. Pengaruh kepemimpinan dan Motivasi kerja guru terhadap disiplin kerja.Jurnal JMKSP Volume 16 Nomor 1, Juni 2018. Halaman 103-881 ISSN. 2303-2652, e-ISSN 2665-8491.
Slavin. 2011. Pengembangan Model Pembelajaran. Jakarta: Raja Graffindo Persada.
Soebagio. 2014. Manajemen Pelatihan. Ardadizya Jaya: Jakarta
Soepandi. (2018). Supervisi dan Administrasi di Sekolah. Jakarta: Raja Graffindo Persada.
Soetopo. 2018. Manajemen Supervisi & Kepemimpinan Kepala Sekolah. Bandung: Alfabeta.
Sudrajat. Rachmad. 2014. Supervisi Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Suharsaputra, Uhar. 2018. Supervisi Pendidikan (Pendekatan Sistem Berbasis Kinerja). Bandung: Refika Aditama.
Sukadi. 2016. Guru dan Masa Depan. Jakarta: Rajawali Press.
Sukmadinata, 2015 “Metode Penelitian dan Pendidikan”, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya,
Sulistyorini. 2015. Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan. Bandung: Alfabeta.
Supardi. 2013. Kinerja Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Supratikno, Hendrawan. 2016. Manajemen Kinerja Untuk Menciptakan Keunggulan Bersaing. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Suryadana. 2015. Kepemimpinan dalam Organisasi. Edisi ke Lima. Jakarta: Indeks.
Sutanto. 2016. Teori dan Praktek Kepemimpinan. Jakarta: Rineka Cipta.
Syafaruddin dan Asrul. 2013. Pemimpin dan Kepemimpinan. Jakarta: Rajawali Press.
Syaiful. Sagala. 2016. Supervisi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Syarwani, Ahmad. 2013. Ketahanmalangan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelicha.
Triana. 2015. Pengantar Penelitian Pendidikan Bagi Pengembangan Profesi Pendidikan dan Tenaga Kependidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Trianto dan Triwulan. 2012. Sertifikasi Guru dan Upaya Peningkatan Kualifikasi, Kompetensi dan Kesejahteraan. Jakarta: Prestasi Pustaka
Undang-Udang Nomor 20 2003. Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Kemendikbud RI.
Usman. 2011. Teori-teori Kepemimpinan. Solo: Universitas Sebelas Maret.
Wahjosumidjo. 2016. Organisasi, Kepemimpinan & Prilaku Administrasi. Jakarta: Gunung Agung.
Wahyudi. 2012. Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Organisasi Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Widodo,. 2014. Manajemen Mutu Kurikulum Pendidikan. Yogyakarta: Diva Press
Yamin, M. 2017. Manajemen Mutu Kurikulum Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.
Yenni, Bukman,Artanti,2020. Peran intrucsional leadership Kepala Sekolah, Untuk Meningkatkan Mutu. Jurnal Education Of Reaserche Volume 10 Nomor 1, Juni 2020. Halaman 103-881 ISSN. 2303-2652, e-ISSN 2665-8491.
Yuliati, Eko. Atmojo. 2018. Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah. Salatiga: Griya Media.
Yusutria. 2016. Jurnal. Profesionalisme Guru dalam Meningkatkan Sumber Daya Manusia. Padang : STKIP-PGRI Sumatera Barat.

Downloads

Abstract Views : 1049
Downloads Count: 1153

Published

2021-07-26

How to Cite

Atmojo, H. B. R. ., Lian, B. ., & Mulyadi, M. (2021). Peran Kepemimpinan dan Profesional Guru Terhadap Perbaikan Mutu Pembelajaran. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 744–752. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1217

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.