Penerapan Grammarly Tool Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Analisis Ekspositoris Siswa
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v7i2.1144Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa melalui Grammarly checker pada siswa kelas XI MIPA 4 SMA Negeri 1 Jalaksana tahun pelajaran 2019/2020. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIPA 4 berjumlah 35 siswa. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan berdasarkan penelitian tindakan kelas kolaboratif, dimana peneliti sebagai guru Bahasa Inggris di Kelas XI MIPA 4 berkolaborasi dengan guru Bahasa Inggris yang juga mengajar di SMA Negeri 1 Jalaksana sebagai pengamat dan kolaborator. Penelitian ini dilakukan melalui dua siklus yang setiap siklus terdiri dari tiga pertemuan. Setiap siklus dilakukan dengan mengikuti model Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri dari perencanaa, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, catatan lapangan, angket, dan tes. Peneliti kemudian menganalisis data, baik secara kuantitatif maupun kualitatif. Peneliti melakukan pre-test pada siklus 1, tes pada siklus 1 dan 2 untuk mengukur keterampilan menulis siswa terutama dalam menulis teks eksposisi analitis.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan yang signifikan terhadap keterampilan menulis siswa setelah menerapkan alat Grammarly di kelas. Pada akhir setiap periode, sebagian besar siswa memperoleh nilai yang memuaskan seteah menggunakan alat Grammarly. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil skor siswa dalam tes tertulis dari setiap siklus. Pada pre-test, nilai rata-rata siswa adalah 66.43. kemudian, setelah menerapkan alat Grammarly, nilai rata-rata siswa pada post-test 1 adalah 72,00 dan post-test 2 adalah 80,74. Berdasarkan data di atas, pencapaian keterampilan menulis siswa pada post-test 2 telah mencapai target penelitian tindakan kelas. Dari hasil nilai rata-rata siswa bisa dilihat bahwa Grammarly dapat memberikan efek positif terhadap keterampilan menulis siswa.
Keywords:
Grammarly tool, keterampilan menulis, teks analistik ekspositorisDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work