Media Komik Digital dalam Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar: Literature Review
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v10i4.10195Abstract
Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di Sekolah Dasar (SD) bertujuan yaitu untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan siswa tentang tanggung jawab sosial, budaya, ekonomi, geografi, dan kehidupan sosial sehingga mereka siap untuk berpartisipasi secara produktif dalam lingkungan. Namun fakta di lapangan menunjukkan pembelajaran IPS sering dianggap membosankan dikarenakan kurangnya media dengan elemen visual yang menarik. Semakin berkembangnya teknologi digital, berbagai jenis media pembelajaran bermunculan untuk meningkatkan kualitas dan menjadikan pembelajaran lebih menarik, seperti halnya media komik digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tren penggunaan komik digital dalam pembelajaran IPS di SD yang meliputi manfaat komik digital dalam pembelajaran di SD. Hasil penelitian ini diharapkan akan dapat memberikan gambaran dan referensi bagi guru terkait media yang dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran khususnya pada muatan pelajaran IPS. Penelitian ini termasuk studi literatur menggunakan metode SLR (Systematic Literature Review). Teknik analisis data meliputi Identifikasi, seleksi, pengolahan data, analisis, dan penyajian hasil. Berdasarkan hasil analisis dari 14 artikel penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa dalam pengembangan penelitian komik digital terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan lebih yaitu dalam hal bahasa, ilustrasi, serta kualitas dan tampilan komik digital. Komik digital merupakan media pembelajaran yang sangat efektif untuk meningkatkan motivasi, pemahaman konsep dan hasil belajar, serta pengembangan karakter siswa. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media komik digital efektif dalam pembelajaran IPS di SD.
Keywords:
media komik digital, IPS SD, studi literaturDownloads
References
Abidin, R. (2020). SOCIAL STUDIES (PIPS) SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN SOCIAL RESPONSIBILITY DAN SOCIAL SKILLS PESERTA DIDIK DI TENGAH GLOBALISASI. Keraton: Journal of History Education and Culture. https://doi.org/10.32585/keraton.v1i2.524
Adiyono, A., Hayat, E. W., Oktavia, E. D., & Prasetiyo, N. T. (2024). Learning interaction in the digital era: Technological innovations and education management strategies to enhance student engagement. Journal of Research in Instructional, 4(1), 205–221. https://doi.org/10.30862/JRI.V4I1.333
Alfi Riski Ramadanti, & Kurniana Bektiningsih. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital Berbasis Flipbook Pada Muatan IPAS Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Journal for Lesson and Learning Studies. https://doi.org/10.23887/jlls.v6i3.68053
Allawiyah, L. N., Rustini, T., & Nurjaman, A. R. (2023). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK DIGITAL BERBASIS ANDROID MATERI KERAGAMAN BUDAYA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Sosial Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan IPS. https://doi.org/10.26418/skjpi.v3i1.57209
Andriani, N. F., Maksum, A., & Wardhani, P. A. (2022). MEDIA KOMIK DIGITAL BERBASIS NILAI KARAKTER DALAM MUATAN PELAJARAN IPS TEMA “PAHLAWANKU” KELAS IV SEKOLAH DASAR. JURNAL PENDIDIKAN DASAR. https://doi.org/10.46368/jpd.v10i1.407
Boucher, M., Bach, B., Stoiber, C., Wang, Z., & Aigner, W. (2023). Educational Data Comics: What can Comics do for Education in Visualization? Proceedings - 2023 IEEE VIS Workshop on Visualization Education, Literacy, and Activities, EduVis 2023, 34–40. https://doi.org/10.1109/EDUVIS60792.2023.00012
Candrayani, N. M. W., Agung, A. A. G., & ... (2023). Komik Digital: Media Pembelajaran Berbasis Nilai Karakter dalam Cerita Pewayangan Ramayana Muatan Pelajaran IPS SD. … Education Journal. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IVCEJ/article/view/54657
Candrayani, N. M. W., & Sujana, I. W. (2023). Digital Comics: Character Value-Based Learning Media in the Ramayana Puppet Story Content Social Studies Elementary School. Indonesian Values and Character Education Journal, 6(1), 63–72. https://doi.org/10.23887/IVCEJ.V6I1.54657
Dhea Ramadhani, Ari Suriani, & Sahrun Nisa. (2024). Hubungan Antara Motivasi Belajar dan Prestasi Akademik Dalam Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 2(3), 249–254. https://doi.org/10.55606/JUBPI.V2I3.3108
Dzikri, A., Aisya Hadi, N. S., Susilawati, S., & Rahmasari, S. M. (2024). Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa: Systematic Literature Review. AB-JME: Al-Bahjah Journal of Mathematics Education, 1(2). https://doi.org/10.61553/ABJME.V1I2.55
Isnani, F., & Rezania, V. (2023). Media e-Komik Berbasis Pendidikan Multikultural dalam Pembelajaran IPS Sekolah Dasar Materi Keanekaragaman Bangsa. JUDIKDAS: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar Indonesia. https://doi.org/10.51574/judikdas.v3i1.1011
Kumar, A. (2023). Systematic Literature Review (SLR). In Meta-analysis in Clinical Research: Principles and Procedures. https://doi.org/10.1007/978-981-99-2370-0_2
Mariani, R., Novita, R., & Sari, S. M. (2023). Pemanfaatan Komik Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 4(3), 2881–2887. https://doi.org/10.54373/IMEIJ.V4I3.664
Marinda, L. (2020). TEORI PERKEMBANGAN KOGNITIF JEAN PIAGET DAN PROBLEMATIKANYA PADA ANAK USIA SEKOLAH DASAR. An-Nisa’ : Jurnal Kajian Perempuan Dan Keislaman. https://doi.org/10.35719/annisa.v13i1.26
Maulia Delasari, K. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-KOMIK BERBASIS PENDIDIKAN LINGKUNGAN PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SD/MI. In UIN Raden Intan Lampung.
Mayer, R. E. (2024). The Past, Present, and Future of the Cognitive Theory of Multimedia Learning. Educational Psychology Review, 36(1). https://doi.org/10.1007/S10648-023-09842-1
Mulya, W. E. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK DIGITAL PADA MATERI IPS SEKOLAH DASAR KELAS V (Mengenal Peninggalan Sejarah Kerajaan Hindu, Budha Dan Islam). Repository Raden Intan.
Page, M. J., McKenzie, J. E., Bossuyt, P. M., Boutron, I., Hoffmann, T. C., Mulrow, C. D., Shamseer, L., Tetzlaff, J. M., Akl, E. A., Brennan, S. E., Chou, R., Glanville, J., Grimshaw, J. M., Hróbjartsson, A., Lalu, M. M., Li, T., Loder, E. W., Mayo-Wilson, E., McDonald, S., … Moher, D. (2021). The PRISMA 2020 statement: An updated guideline for reporting systematic reviews. In The BMJ. https://doi.org/10.1136/bmj.n71
Pratiwi, A. D., Amini, A., Nasution, E. M., Handayani, F., & Mawarny, N. P. (2023). Identifikasi Permasalahan Pembelajaran IPS di Semua Tingkat Pendidikan Formal (SD, SMP dan SMA). El-Mujtama, 3(2), 606–617. https://doi.org/10.47467/ELMUJTAMA.V3I3.2818
Raaijmakers, E. A. L., & Van Berlo, Z. M. C. (2023). Billions of blue blistering barnacles! What we can learn from comics about the visualization of complex ideas : Educational methods and innovations in engineering education. EAEEIE 2023 - Proceedings of the 2023 32nd Annual Conference of the European Association for Education in Electrical and Information Engineering, 1–6. https://doi.org/10.23919/EAEEIE55804.2023.10182035
Rosyada, T. N., & Asmarani, R. (2023). The Development of Digital Comics Learning Media Based on Scientific Approach as Character Strengthening for Grade 2 Elementary School. Indonesian Journal of Primary Science Education, 4(1), 58–65. https://doi.org/10.33752/IJPSE.V4I1.2858
Salahuddin, Erifa Syahnaz, Vanie Wijaya, & Sri Wahyuni. (2020). PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK DIGITAL PADA PEMBELAJARAN IPS SISWA SDN 02 KELAS III KAB. SAMBAS. Journal of Scientech Research and Development. https://doi.org/10.56670/jsrd.v2i2.15
Sukmanasa, E., Windiyani, T., & Novita, L. (2017). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK DIGITAL PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL BAGI SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR DI KOTA BOGOR. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar. https://doi.org/10.30870/jpsd.v3i2.2138
Triana, N. W., & Tamba, R. (2023). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS KOMIK DIGITAL PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI DI DAERAHKU KELAS IV SD. Jurnal Handayani. https://doi.org/10.24114/jh.v14i1.47059
Triwulandari, Y. (2021). PENGEMBANGAN KOMIK MULTIMEDIA BERBASIS ANDROID DALAM PEMBELAJARAN IPS SD. Joyful Learning Journal. https://doi.org/10.15294/jlj.v10i4.46209
Umy Oktami Andini, Tio Gusti Satria, & R. Angga Bagus K. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK PADA MATERI KERAGAMAN BUDAYA SISWA KELAS IV SD NEGERI TRANS CIPTODADI MUSI RAWAS. LJSE: Linggau Journal Science Education. https://doi.org/10.55526/ljse.v2i2.221
Wicaksana, I. P. G. C. R., Agung, A. A. G., & Jampel, I. N. (2020). PENGEMBANGAN E-KOMIK DENGAN MODEL ADDIE UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR TENTANG PERJUANGAN PERSIAPAN KEMERDEKAAN INDONESIA. Jurnal Edutech Undiksha. https://doi.org/10.23887/jeu.v7i2.23159
Yurti, Y., Kresnadi, H., & Salimi, A. (2023). Pengembangan Komik Digital pada Pembelajaran IPAS Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 35 Pontianak Selatan. AS-SABIQUN. https://doi.org/10.36088/assabiqun.v5i6.4015
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ratna Sulistriyaniva, Ganes Gunansyah, Nasution

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work