Upaya Meningkatkan Kemampuan Guru Sekolah Dasar Dalam Mengelola Pembelajaran Melalui Supervisi Klinis
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v7i2.1015Abstract
Pengelolaan kelas merupakan aspek yang sangat penting dimiliki guru. Guru yang terampil mengelola kelas akan berdampak pada kualiatas pembelajaran yang dihasilkan. Namun dari hasil observasi terhadap guru SD Sukasari Kaler II Kabupaten Majalengka ditemukan permasalahan rendahnya kemampuan dalam mengelola pembelajaran di kelas. Penulis mencoba melakukan penelitian dengan melakukan supervisi klinis sebagai upaya untuk memecahkan permasalahan tersebut. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian tindakan sekolah. Yang menjadi subjek penelitian ini adalah guru-guru SD Sukasari Kaler II Kabupaten Majalengka Tahun Pelajaran 2020/2021 yang berjumlah 10 orang. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran di kelas dari mulai pra siklus hingga siklus terakhir. Dengan demikian disimpulkan bahwa pembinaan Supervisi dapat meningkatkan kemampuan Guru dalam mengelola Pembelajaran di SD Sukasari Kaler II Kabupaten Majalengka Tahun Pelajaran 2020/2021.
Keywords:
pembinaan, sepervisi, pengelolan pembelajaranDownloads
References
Asbar, A. M. (2018). Strategi Guru Dalam Pengelolaan kelas pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Negeri 39 Bulukumba. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan, 89-112.
Astuti, S. Y. (2019). Meningkatkan Kinerja Guru Dalam Mengelola Pembelajaran Melalui Supervisi Akademik di SDN 2 Barabai Barat Kecamatan Barabai. Jurnal Penelitian Tindakan dan Pendidikan, 5(2).
Berliani, T. (2017). Implementasi Supervisi Oleh Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru. JMSP (Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan), 1(3), 218-226.
Erwinsyah, A. (2017). Manajemen kelas dalam meningkatkan efektifitas proses belajar mengajar. TADBIR: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(2), 87-105.
Evriani, L., Sasongko, R. N., & Juarsa, O. (2017). Supervisi Akademik Kepala Sekolah dalam Upaya Membantu Guru Mengatasi Kesulitan Mengajar di SMP. Manajer Pendidikan, 11(5).
Imron, A., & Maisyaroh, M. (2017). Pelaksanaan Supervisi Pembelajaran Di Sekolah Dasar. In Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Kerjasama Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud 2016.
Kadarwati, A. (2016). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Melalui Supervisi Akademikdengan Teknik Kunjungan Kelas. Gulawentah: Jurnal Studi Sosial, 1(2), 103-12.
Kartini, K., & Susanti, S. (2019). Supervisi Klinis Oleh Kepala Sekolah Terhadap Kualitas Pembelajaran. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan), 4(2), 160-168.
Kryati, L. (2018). Sistem Pengelolaan Kelas di Indonesia dalam Kurikulum 2013. Jurnal Ilmiah Iqra', 11(2).
Mahyuddin, M. (2020). Penerapan Supervisi Klinis Pengawas Dalam Meningkatkan Keterampilan Guru Mengelola Pembelajaran Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. JURNAL PENA EDUKASI, 5(1), 43-51.
Matsum, J. H. (2016). Class Management As A Determinative Factor Toward Learning Result (A Study to Economic Subject Student High and Low Group in Public Senior High Schools in Singkawang). Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan IPS Indonesia), 1(1), 6-10.
Mi, L. N. C. (2012). Pelaksanaan Supervisi Klinis Kepala Sekolah untuk Meningkatkan Kinerja Guru Dalam Mengelola Pembelajaran pada SMA Negeri 2 Sambas. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 7(1).
Muhaimin, E. R. (2016). Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidik dan Tenaga Kependidikan di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Sumpiuh Banyumas dan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Kroya Cilacap (Doctoral dissertation, IAIN PURWOKERTO).
Mujiam, M. (2015). Pelaksanaan Supervisi Pembelajaran Oleh Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru Di SMP Negeri Kecamatan Kaway Xvi Kabupaten Aceh Barat. Intelektualita, 3(2).
Mundiri, A., & Bariroh, A. (2019). Amplifikasi Profesi Guru Dalam Proses Pendidikan Transformatif Perspektif Al-Ghazali. Jurnal Ilmiah Islam Futura, 18(1), 159-184.
Muryati, M. (2019). Meningkatkan Kemampuan Guru Kimia Dalam Mengelola Pembelajaran Dengan Model Project Based Learning. Edudikara: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 4(3), 174-183.
Nikmah, F. (2018). Penerapan manajemen kelas untuk mengatasi problematika belajar siswa dalam pembelajaran IPS SMPN 1 Sukorejo Pasuruan (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).
Nurcholiq, M. (2018). Supervisi Klinis. Journal EVALUASI, 1(1), 1-25.
Nurfatah, N., & Rahmad, N. (2018). Pelaksanaan Supervisi oleh Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan), 3(1).
Nurmalasari, N. (2019). Pendekatan Dalam Pengelolaan Kelas. Jurnal Pendidikan Islam Al-Ilmi, 2(1).
Replianis, R. (2019). Manajemen Kelas Dalam Meningkatkan Proses Pembelajaran. Al-Afkar: Jurnal Keislaman & Peradaban, 7(1), 91-111.
Rohiyatun, B., & Mulyani, S. E. (2017). Hubungan Prosedur Manajemen Kelas dengan Kelancaran Proses Belajar Mengajar. JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala, 2(2), 92-99.
Sabri, M., & Elfizon, E. (2020). Pengembangan Jobsheet Berbasis Industri pada Mata Kuliah Praktik Instalasi Listrik Industri. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 1(1), 91-94.
Tumiran, T. (2018). Pengelolaan Murid Unggul Berbasis Manajemen Kelas Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Almufida: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(1).
Warsono, S. (2016). Pengelolaan Kelas dalam Meningkatkan Belajar Siswa. Manajer Pendidikan, 10(5).
Widiansyah, A. (2018). Peranan Sumber Daya Pendidikan sebagai Faktor Penentu dalam Manajemen Sistem Pendidikan. Cakrawala-Jurnal Humaniora, 18(2), 229-234.
Yahmo, S. (2016). Manajemen Kelas Berbasis Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran Tematik di SDN 4 Grobogan (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Zahroh, L. (2015). Pendekatan dalam Pengelolaan Kelas. Tasyri': Jurnal Tarbiyah-Syari'ah Islamiyah, 22(2), 175-189.
Zulaikha, S. (2011). Peningkatan Kemampuan Manajerial Guru melalui Optimalisasi Pengelolaan Kelas. Perspektif Ilmu Pendidikan, 24(XV), 174-187.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work