Tantangan dan Peluang Pembelajaran Berbasis Proyek Pembuatan Biopestisida dalam Meningkatkan Keterampilan Proses Sains
DOI:
https://doi.org/10.31949/pb.v3i02.15667Abstrak
Penelitian ini bertujuan menganalisis tantangan dan peluang penerapan pembelajaran berbasis proyek (Project-Based Learning) dalam pembuatan biopestisida untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa. Kajian dilakukan menggunakan metode literatur review dengan model narrative review terhadap 17 artikel relevan yang dipublikasikan pada rentang 2018-2025, mencakup bidang pendidikan, pertanian, dan pengabdian kepada masyarakat melalui database Google Scholar, Scopus, ResearchGate. Hasil kajian menunjukkan bahwa penerapan Project-Based Learning efektif dalam meningkatkan keterampilan pada abad ke-21 seperti berpikir kritis, kretivitas, kolaborasi, sikap peduli lingkungan, serta keterampilan proses sains. Dari sisi pertanian, biopestisida alami terbukti ramah lingkungan dan berpotensi mengurangi ketergantungan pada pestisida kimia, sehingga mendukung pertanian berkelanjutan. Namun, implementasi Project-Based Learning dalam konteks ini masih menghadapi tantangan berupa keterbatasan fasilitas, kesiapan guru, serta manjemen waktu pembelajaran. Disisi lain, peluang besar dapat dimanfaatkan melalui integrasi dengan kurikulum merdeka, pengembangan perangkat ajar berbasis Project-Based Learning, dan kolaborasi antara sekolah, perguruan tinggi, serta masyarakat. Penelitian ini menegaskan bahwa integrasi Project-based Learning dengan pembuatan biopestisida tidak hanya memperkuat pembelajaran biologi, tetapi juga memberikan kontribusi nyata terhadap kelestarian lingkungan dan ketahanan pangan.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Nita Ayu Nurlaela, Vitta Yaumul Hikmawati, Abdur Rasyid

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.