Peran Citizen Science Dalam Dunia Pendidikan dan Upaya Konservasi Biodiversitas Di Indonesia: Literature Review
DOI:
https://doi.org/10.31949/pb.v2i2.15413Abstrak
Tujuan dari artikel ini adalah untuk mendeskripsikan peranan dari Citizen Science (CS) dalam dunia pendidikan dan upaya konservasi biodiviversitas di Indonesia. CS merupakan sebuah pendekatan baru dalam upaya melibatkan partisipasi masyarakat (Citizen) dalam membantu para ilmuwan untuk pengumpulan, analisis, dan publikasi data penelitian ilmiah. Pendekatan CS telah digunakan dalam berbagai bidang seperti ekologi, biologi konservasi, lingkungan dan berbagai bidang disiplin ilmu yang lain. Sebagai negara biodiversitas Indonesia memiliki berbagai jenis keanakeragaman hayati yang sangat tinggi hal ini perlu dibarengi dengan adanya partisipasi Citizen untuk membangun big data biodiversitasnya. Saat ini pendekatan CS telah digunakan dan diadaptasi dalam dunia pendidikan melalui konsep Student Citizen Science (SCS) dan telah terbukti bahwa pendekatan ini mampu meningkatan literasi sains, keterampilan inkuiri, kepedulian lingkungan dan konservasi, serta mengembangkan keterampilan riset. Di Indonesia praktik CS untuk konservasi biodiversitas sudah mulai berkembang dengan banyaknya komunitas-komunitas CS serta dikembangkannya berbagai aplikasi Citizen Science Online (CSO) seperti Biodiversity Warrior, Burungnesia, Burung, Ampibi Reptil Kita, AWS dan lain-lain. Peranan CS dalam upaya konservasi biodiversitas di Indonesia di wujudkan melalui pengumpulan data biodiversitas serta pendidikan konservasi biodiversitas pada generasi muda untuk membentuk insan yang memiliki kepedulian dan keterampilan terkait pemanfaatan dan konservasi biodiversitas.
Kata Kunci:
Citizen science, pendidikan, konservasi biodiversitas, IndonesiaUnduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Ipin Aripin, Topik Hidayat, Diana Yulianti

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.