Pemanfaatan Generatif Artificial Intelligence di Bidang Pendidikan dan Pendidikan Biologi: Literature Review
DOI:
https://doi.org/10.31949/pb.v3i02.15616Abstract
Perkembangan Artificial Intelligence (AI), khususnya Generative AI, telah memberikan dampak signifikan dalam dunia pendidikan khususnya pendidikan biologi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemanfaatan Generative AI dalam meningkatkan kualitas pembelajaran, baik dari sisi manfaat maupun tantangan yang dihadapi. Metode yang digunakan adalah literature review dengan menelaah tujuh artikel ilmiah yang diterbitkan pada tahun 2020–2025 mengenai penggunaan Generative AI di sektor pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Generative AI berperan penting dalam meningkatkan efisiensi pembelajaran, membantu penyusunan materi ajar, memperkaya strategi pembelajaran, mendukung kreativitas siswa, serta menyediakan pengalaman belajar yang adaptif dan personal. Namun demikian, pemanfaatan teknologi ini juga menghadirkan sejumlah tantangan seperti isu etika, keaslian karya ilmiah, risiko ketergantungan pada teknologi, keterbatasan literasi digital, dan kesenjangan infrastruktur. Kesimpulannya, Generative AI memiliki potensi besar untuk mendorong transformasi pendidikan yang lebih inovatif, inklusif, dan berdaya saing apabila diterapkan secara bijak dengan menempatkan guru sebagai fasilitator utama serta didukung regulasi etis dan pemerataan akses teknologi.
Keywords:
Generative AI, Artificial Intelligence, Pendidikan BiologiDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Aden Arif Gaffar, Ipin Aripin, Nia Naimatul Robi'ah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.