IMPLEMENTASI KONSEP SPACE SAVING PADA PERANCANGAN DESAIN INTERIOR RUANG KEPALA SEKOLAH PAUD. STUDI KASUS: TKA/TPQ AL-HIJRAH, CIMAHI
DOI:
https://doi.org/10.31949/jb.v5i1.7662Abstract
Tujuan dari program pengabdian masyarakat ini adalah untuk membantu menyiapkan rencana desain dan implementasinya pada Gedung belajar TKA/TPQ Al-Hijrah. Secara khusus pada perencanaan ruang Kepala Sekolah. Adapun Hasil desain merupakan rancangan ruang kepala sekolah yang menerapkan konsepsi space saving. Di dalam pelaksanaannya, kegiatan pengabdian Masyarakat ini menerapkan metodologi desain yang terdiri dari proses analisis, sintesis, dan evaluasi. Mitra sasar dan berperan aktif dengan memberikan masukan dan juga umpan balik sehingga pelaksanaan program pengabdian Masyarakat dapat berjalan dengan optimal. Hasil dari pelaksanaan kegiatan menunjukan bahwa mitra sasar merasa banyak terbantu dengan adanya program pengabdian masyarakat ini. Hal tersebut dapat terlihat dari jumlah suara setuju dan sangat setuju yang diberikan oleh mitra sasar terhadap dampak program bagi TKA/ TPQ Al-Hijrah. Program pengabdian terhadap masyarakat ini dianggap sudah sesuai dengan kebutuhan masyarakat sasar.
Keywords:
Space-Saving, Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Pra-sarana Pembelajaran, Ruang Kepala SekolahDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Vika Haristianti, Aida Andriana, Djoko Murdowo

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work