IMPLEMENTASI KONSEP SPACE SAVING PADA PERANCANGAN DESAIN INTERIOR RUANG KEPALA SEKOLAH PAUD. STUDI KASUS: TKA/TPQ AL-HIJRAH, CIMAHI

Authors

  • Vika Haristianti Universitas Telkom, Bandung
  • Aida Andriana Universitas Telkom, Bandung, Indonesia
  • Djoko Murdowo Universitas Telkom, Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31949/jb.v5i1.7662

Abstract

Tujuan dari program pengabdian masyarakat ini adalah untuk membantu menyiapkan rencana desain dan implementasinya pada Gedung belajar TKA/TPQ Al-Hijrah.  Secara khusus pada perencanaan ruang Kepala Sekolah. Adapun Hasil desain merupakan rancangan ruang kepala sekolah yang menerapkan konsepsi space saving. Di dalam pelaksanaannya, kegiatan pengabdian Masyarakat ini menerapkan metodologi desain yang terdiri dari proses analisis, sintesis, dan evaluasi. Mitra sasar dan berperan aktif dengan memberikan masukan dan juga umpan balik sehingga pelaksanaan program pengabdian Masyarakat dapat berjalan dengan optimal. Hasil dari pelaksanaan kegiatan menunjukan bahwa mitra sasar merasa banyak terbantu dengan adanya program pengabdian masyarakat ini.  Hal tersebut dapat terlihat dari jumlah suara setuju dan sangat setuju yang diberikan oleh mitra sasar terhadap dampak program bagi TKA/ TPQ Al-Hijrah. Program pengabdian terhadap masyarakat ini dianggap sudah sesuai dengan kebutuhan masyarakat sasar.

Keywords:

Space-Saving, Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Pra-sarana Pembelajaran, Ruang Kepala Sekolah

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Abstract Views : 110
Downloads Count: 106

Published

2024-01-18

How to Cite

Haristianti, V., Andriana, A., & Murdowo, D. (2024). IMPLEMENTASI KONSEP SPACE SAVING PADA PERANCANGAN DESAIN INTERIOR RUANG KEPALA SEKOLAH PAUD. STUDI KASUS: TKA/TPQ AL-HIJRAH, CIMAHI. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 1004–1012. https://doi.org/10.31949/jb.v5i1.7662

Issue

Section

Articles