PENDAMPINGAN DAN PELATIHAN STRATEGI PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI ERA NEW NORMAL: IDENTIFIKASI DAN SOLUSI PERMASALAHAN PSIKOLOGIS ANAK SELAMA PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ) KEPADA GURU-GURU SD NEGERI JOHO 2 SUKOHARJO
DOI:
https://doi.org/10.31949/jb.v2i1.630Abstract
Penerapan pembelajaran jarak jauh ataupun tatap muka di era normal baru pendidikan memiliki implikasi psikologis kepada siswa. Diperlukan dukungan orangtua, guru, dan sesama teman pergaulan agar siswa tidak stres. Namun, secara psikologis, hal yang membuat peserta survei merasakan hal yang negatif adalah adanya pengurangan penguasaan materi selama PJJ. Siswa, khususnya, paling terdampak selama PJJ. Mereka harus penyesuaian akademis, interaksi sosial terbatas, dan kemungkinan perasaan negatif. Aspek-aspek psikologis yang timbul seperti itu tidak bisa dibiarkan. Ketidakteraturan dan ketiadaan alat ukur PJJ, seperti belum terbitnya kurikulum dan penyederhanaan kompetensi dasar, semakin membawa dampak negatif kepada siswa. Misalnya, kemampuan akademik mereka turun. Penanganan stres kepada siswa diperlukan. Siswa perlu dibekali kemampuan untuk mengenali emosi diri guna menjamin kesejahteraan psikologisnya selama menjalani PJJ. Guru dituntut untuk dapat membantu siswa menangani stress karena pelajaran jarak jauh (pjj). Pendampingan kepada guru dalam identifikasi dan solusi permasalahan psikologis anak selama pembelajaran jarak jauh (pjj) memberikan penjelasan dan pandangan mengenai pembelajaran jarak jauh (PJJ) yang baik sehingga tidak menimbulkan masalah psikologis bagi siswa serta guru diberi gambaran sehingga mampu mengidentifikasikan masalah apa saja yang dialami siswa pada masa pembelajaran jarakjauh (PJJ).
Keywords:
Strategi Pembelajaran, Identifikasi dan Permasalahan Psikologi Siswa, Pembelajaran Jarak JauhDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work