Strategi Pengurangan Risiko Bencana Gerakan Tanah Melalui Pendidikan dan Pelatihan Tentang Kebencanaan Bagi Masyarakat
DOI:
https://doi.org/10.31949/jb.v4i3.6078Abstract
Sejak tahun 1970, proses belajar dan mengajar untuk orang dewasa dan anak-anak dianggap berbeda. Tujuan tulisan ini adalah menganalisis pendidikan kebencanaan untuk orang dewasa dalam mengurangi risiko bencana gerakan tanah yang dilakukan oleh PPSDM Geominerba. PPSDM Geominerba memiliki beberapa pilihan diklat baik untuk masyarakat maupun untuk aparatur sipil negara dan juga terkait jenis bencana seperti gerakan tanah, gempa bumi, banjir, dan tsunami. Tujuan dari pendidikan kebencanaan (disaster education) adalah untuk mengurang risiko potensi bencana. Pendidikan kebencanaan mempunyai arti yang berbeda-beda diantaranya adalah pendidikan kebencanaan (disaster education), pendidikan risiko bencana (disaster risk education), dan pendidikan pencegahan bencana (disaster prevention education). Pendidikan kebencanaan dapat diselenggarakan melalui sekolah formal, non formal, dan informal. Pendidikan dan pelatihan untuk penyuluh bencana gerakan tanah telah menarik perhatian karena dimensinya yang luas dalam peranannya untuk mempromosikan tentang mitigasi atau pencegahan, dan kesiapsiagaan pada saat sebelum terjadinya bencana. Kesimpulan dari tulisan ini adalah pendidikan dan pelatihan untuk penyuluh bencana gerakan tanah gerakan tanah perlu dikembangkan lebih luas dalam rangka meningkatkan kesiapsiagaan terhadap bencana khususnya gerakan tanah.
Keywords:
Pengurangan risiko bencana, Pendidikan Kebencanaan, Gerakan Tanah, Diklat MasyarakatDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Nendi Rohaendi, Iwan Fahlevi Setiawan, Hilman Suwargana, Herlinawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work