PENDAMPINGAN UMKM PEMASARAN SECARA OFFLINE DAN PEMASARAN SECARA ONLINE PADA UD. ARTOMORO MEBEL

Authors

  • Yustina Suhandini Tjahjaningsih Universitas Panca Marga
  • Mohammad Universitas Panca Marga
  • Rr. Setyani Hidayati Universitas Panca Marga
  • Nurul Jannah Lailatul Fitria Universitas Panca Marga
  • Sabrina Maula Sabila Universitas Panca Marga
  • Diana Supriyantika Dewi Universitas Panca Marga

Abstract

Meningkatkan daya saing dalam lingkup usaha  dibutuhkan konsep pemasaran dengan didasarkan pada minat pemasaran serta kebutuhan pelanggan. Salah satu upaya untuk mencapai target penjualan dengan menerapkan strategi pemasaran dan penggunaan media pemasran yang tepat. Termasuk oleh UMKM dalam melakukan pemasaran yang baik tentu akan memperoleh respon yang baik oleh konsumen. Strategi pemasaran dapat dilakukan secara offline dan pemasara secara online. Dibutuhkan pendampingan kepada UMKM dalam mengenalkan dan menerapkan pemasaran secara offline dan pemasara secara online. Tim pengabdian kepada masyarakat melakukan pendampingan pada UMKM bidang meubel yang bernama UD. Artomoro Meubel Desa Pabean. Metode yang digunakan pada pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat adalah Metode pendekatan (melakukan observasi langsung), diskusi (wawancara pada pemilik usaha), pengarahan (menyusun konsep strategi pemasaran offline dan online), dan pemberian pendampingan langsung. Hasil dari kegiatan pengabdian ini adalah meningkatnya keterampilan dan pengetahuan mitra. Serta mitra dapat memanfaatkan seluruh media seperti kartu nama, flyr, katalog, postingan di Whatsapp dan postingan akun Meta untuk memasarkan produk mebel dan jasa perbaikan furniture. Kegiatan pengabdian dengan pendampingan ini mendapat respon positif dan antusias yang tinggi. Hal ini terbukti dari sikap dan feedback mitra dalam kegiatan. Hasil monitoring mendapatkan data dan informasi bahwa pemilik usaha beserta pekerja mengoptimalkan penggunaan media pemasaran offline dan pemasaran online. sebagai tindak lanjut dari program pengabdian kepada masyarakat dengan konsep pendampingan pemasaran secara offline dan pemasaran secara online tim pengabdian meneruskan informasi ini dengan menyebarkan informasi dan materi ini kepada warga Desa Pabean. Penyebaran informasi diadakan di balai Desa Pabean sebagai bentuk pelaksanaan posko bantuan informasi Desa Pabean.

Keywords:

offline, online, media pemasaran, UMKM

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Abstract Views : 404
Downloads Count: 588

Published

2022-11-10

How to Cite

Tjahjaningsih, Y. S., Mohammad, M., Hidayati , R. S., Lailatul Fitria, N. J., Sabila, S. M., & Dewi, D. S. (2022). PENDAMPINGAN UMKM PEMASARAN SECARA OFFLINE DAN PEMASARAN SECARA ONLINE PADA UD. ARTOMORO MEBEL . BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(4), 1101–1111. Retrieved from https://www.ejournal.unma.ac.id/index.php/bernas/article/view/3262

Issue

Section

Articles