PENDAMPINGAN UMKM PEMASARAN SECARA OFFLINE DAN PEMASARAN SECARA ONLINE PADA UD. ARTOMORO MEBEL
Abstract
Meningkatkan daya saing dalam lingkup usaha dibutuhkan konsep pemasaran dengan didasarkan pada minat pemasaran serta kebutuhan pelanggan. Salah satu upaya untuk mencapai target penjualan dengan menerapkan strategi pemasaran dan penggunaan media pemasran yang tepat. Termasuk oleh UMKM dalam melakukan pemasaran yang baik tentu akan memperoleh respon yang baik oleh konsumen. Strategi pemasaran dapat dilakukan secara offline dan pemasara secara online. Dibutuhkan pendampingan kepada UMKM dalam mengenalkan dan menerapkan pemasaran secara offline dan pemasara secara online. Tim pengabdian kepada masyarakat melakukan pendampingan pada UMKM bidang meubel yang bernama UD. Artomoro Meubel Desa Pabean. Metode yang digunakan pada pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat adalah Metode pendekatan (melakukan observasi langsung), diskusi (wawancara pada pemilik usaha), pengarahan (menyusun konsep strategi pemasaran offline dan online), dan pemberian pendampingan langsung. Hasil dari kegiatan pengabdian ini adalah meningkatnya keterampilan dan pengetahuan mitra. Serta mitra dapat memanfaatkan seluruh media seperti kartu nama, flyr, katalog, postingan di Whatsapp dan postingan akun Meta untuk memasarkan produk mebel dan jasa perbaikan furniture. Kegiatan pengabdian dengan pendampingan ini mendapat respon positif dan antusias yang tinggi. Hal ini terbukti dari sikap dan feedback mitra dalam kegiatan. Hasil monitoring mendapatkan data dan informasi bahwa pemilik usaha beserta pekerja mengoptimalkan penggunaan media pemasaran offline dan pemasaran online. sebagai tindak lanjut dari program pengabdian kepada masyarakat dengan konsep pendampingan pemasaran secara offline dan pemasaran secara online tim pengabdian meneruskan informasi ini dengan menyebarkan informasi dan materi ini kepada warga Desa Pabean. Penyebaran informasi diadakan di balai Desa Pabean sebagai bentuk pelaksanaan posko bantuan informasi Desa Pabean.
Keywords:
offline, online, media pemasaran, UMKMDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Yustina Suhandini Tjahjaningsih, Mohammad, Rr. Setyani Hidayati , Nurul Jannah Lailatul Fitria, Sabrina Maula Sabila, Diana Supriyantika Dewi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work