Sosialisasi Pendampingan Penyusunan Bahan Ajar Sekolah yang Inovatif bagi Guru SMAS Surya Pematangsiantar dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran
DOI:
https://doi.org/10.31949/jb.v6i3.14213Abstract
Program ini bertujuan untuk mensosialisasikan dan mendampingi penyusunan bahan ajar sekolah yang inovatif dalam mengembangan pembelajaran sebagai upaya untuk meningkatkan mutu pembelajaran. Pengabdian masyarakat merupakan salah satu bagian Tri Dharma Perguruan Tinggi. Pengabdian pada masyarakat bertujuan memberikan motivasi kepada para guru SMAS Surya Pematangsiantar untuk menyusun sendiri bahan ajar sesuai degan kebutuhan peserta didik dan guru yang memiliki kualitas baik. Kegiatan pengabdian masyarakat ditujukan kepada para guru di SMAS Surya Pematangsiantar yang terdiri atas: guru agama, bahasa indonesia, matematika, ilmu pengetahuan sosial, sejarah, PPKN, fisika, kimia, bahasa inggris, penjaskes, dan BK. Permasalahan utama yang berkaitan dengan persiapan pembelajaran adalah sebagai berikut: (1) Mereka tidak terbiasa menghasilkan bahan ajar yang sesuai dengan mata pelajaran yang diampunya; (2) Para guru telah disibukkan dengan administrasi persiapan pembelajaran, sehingga mereka tidak ada waktu untuk membuat bahan ajar; (3) Para guru sangat menggantungkan kepada sekolah untuk menyediakan buku-buku yang dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran; (4) Ada beberapa kendala yang dihadapi mereka untuk menciptakan bahan ajar, misalnya minimnya buku literatur yang digunakan sebagai rujukan dalam penulisan bahan ajar, minimnya contoh bahan ajar yang relevan dengan kebutuhan guru dan siswa. Hasil yang diperoleh dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah: (1) Para guru memiliki kemauan yang sangat tinggi untuk menghasilkan bahan ajar yang sesuai dengan kebutuhan guru dan siswa; (2) Para guru mampu menghasilkan bahan ajar berbentuk buku yang memiliki kualitas baik seperti buku ajar; (3) Para guru memiliki buku ajar yang sesuai dengan kebutuhan siswa dan guru sebesar 52, 94 % dari jumlah keseluruhan yang mengikuti pendampingan yaitu 17 guru yang terdiri atas berbagai bidang studi
Keywords:
pelatihan, pendampingan, bahan ajar, inovatif, kualitas pembelajaranDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Eva Pratiwi Pane, Nancy Angelia Purba, Vita Riahni Saragih, Sunggul Pasaribu, Gayus Simarmata, Maria Barus, Sukardo Sitohang, Gloria Sirait, Golda Novatrasio Sauduran, Jon Roi Tua Purba

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work