Pelatihan Pentingnya Membacakan Cerita Anak pada Siswa Sekolah Dasar Sebagai Upaya dalam Menumbuhkan Karakter Bangsa di SDN Padahanten
DOI:
https://doi.org/10.31949/jsk.v3i2.15226Abstract
Penanaman nilai-nilai karakter bangsa sejak dini merupakan bagian penting dalam pembentukan generasi yang berakhlak mulia dan berwawasan kebangsaan. Salah satu pendekatan yang efektif adalah melalui kegiatan membacakan cerita anak, yang mampu menyampaikan pesan moral secara halus dan menyenangkan. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pelatihan kepada guru-guru di SDN Padahanten agar memiliki keterampilan dalam membacakan cerita anak yang mengandung nilai-nilai karakter bangsa, seperti kejujuran, kerja sama, empati, dan tanggung jawab. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan tahapan pelaksanaan meliputi observasi awal, pelatihan guru, implementasi di kelas, evaluasi, dan tindak lanjut. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa pelatihan ini meningkatkan kemampuan guru dalam menyampaikan cerita secara ekspresif dan interaktif, serta berdampak positif terhadap perilaku siswa dalam kehidupan sehari-hari. Kegiatan ini membuktikan bahwa cerita anak dapat menjadi media yang efektif dalam menanamkan karakter bangsa, sekaligus memperkuat peran guru dalam pendidikan karakter berbasis literasi.
Keywords:
pelatihan guru, cerita anak, karakter bangsa, sekolah dasar, literasiDownloads
References
Berkowitz, M. W. (2002). Character education and the development of moral reasoning. Educational Psychologist, 37(1), 13–22.
Hughes, C., & Dunn, J. (2000). Teaching Children to Care: A Curriculum for Development. Cambridge University Press.
Lickona, T. (2013). Educating for Character: How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility. Bantam Books.
Thomas, R. M. (1997). Educational Psychology: Effective Teaching, Effective Learning. HarperCollins College Publishers.
Ryan, K., & Bohlin, K. (1999). Building Character in Schools: Practical Ways to Bring Moral Instruction to Life. Jossey-Bass.
Narvaez, D. (2006). Integrative ethical education. Handbook of Moral Development, 703–733.
Santrock, J. W. (2011). Child Development (13th ed.). McGraw-Hill.
Ghosn, I. K. (2002). Four good reasons to use literature in the primary school ELT. ELT Journal, 56(2), 172–179.
Zuchdi, D. (2009). Humanisasi Pendidikan: Menumbuhkembangkan Nilai Kemanusiaan dalam Pendidikan. Penerbit Ar-Ruzz Media.