Pelatihan Menulis Naskah Drama Bertema Romantisme Remaja di SMK Kartika XIX-3 Kota Cirebon

Authors

  • Ima Siti Rahmawati Universitas Majalengka
  • Adita Widara Putra Universitas Siliwangi
  • Ela Nurlela Wati Universitas Majalengka
  • Firman Universitas Majalengka
  • Ifan Adi Hidayat Universitas Majalengka

DOI:

https://doi.org/10.31949/jsk.v3i2.15225

Abstract

Keterampilan menulis naskah drama merupakan salah satu bentuk ekspresi sastra yang mampu meningkatkan kreativitas dan kepekaan bahasa siswa. Kegiatan ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses dan hasil pelatihan menulis naskah drama bertema romantisme remaja yang diberikan kepada siswa SMK Kartika XIX-3 Kota Cirebon. Pelatihan dilakukan dengan pendekatan partisipatif dan teknik pembelajaran berbasis proses kreatif. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah deskriptif-kualitatif dengan teknik observasi, wawancara, dan analisis dokumen hasil karya siswa. Hasil pelatihan menunjukkan bahwa siswa mampu memahami struktur naskah drama, mengembangkan konflik secara logis, serta mengeksplorasi tema romantisme remaja yang relevan dengan kehidupan mereka. Temuan ini mengindikasikan bahwa pelatihan menulis drama tidak hanya meningkatkan keterampilan menulis, tetapi juga membentuk kesadaran emosional dan sosial siswa. Artikel ini merekomendasikan agar pelatihan serupa dapat dijadikan program rutin pengembangan literasi sastra di sekolah kejuruan.

Keywords:

pelatihan menulis, , naskah drama,, romantisme remaja,, siswa SMK, , kreativitas

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bithrah, I. H. (2013). Peningkatkan keterampilan menulis naskah drama melalui metode sugestopedia (Penelitian tindakan kelas terhadap siswa kelas XI IPA MA Tanwiriyyah Cianjur Tahun Ajaran 2012/2013).

Hafnati, H., & Rahayu, D. (2017). Melatihkan kemampuan menulis naskah drama dengan model experiential learning berbantuan media audio visual.

Kartika, R. W. (2014). Penggunaan media audio visual ilustrasi tokoh dalam pembelajaran menulis naskah drama (Penelitian eksperimen semu terhadap siswa kelas XI SMAN 26 Bandung Tahun Ajaran 2013/2014).

Kusniarti, T. (2015). Pembelajaran menulis naskah drama dengan strategi menulis terbimbing (SMT) sebagai upaya peningkatan kreativitas bersastra. Kembara: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 1(1), 108–116.

MuhammadYusuf, M., & Ezabella, S. (2014). Penggunaan media komik untuk meningkatkan kemampuan menulis naskah drama siswa kelas XI IPS 4 SMA Negeri 8 Bandar Lampung. Retrieved from

Nurliana. (2022). Implementasi model picture story sequence untuk meningkatkan kemampuan menulis naskah drama siswa kelas XI SMA Negeri 2 Bireuen.

Permatasari, D., & Pratiwi, Y. (2021). Karakteristik naskah drama serial bertema cinta tanah air karya siswa ekstrakurikuler teater SMAN 4 Malang. Metalingua: Jurnal Penelitian Bahasa, 6(1), 43–50. https://doi.org/10.21107/METALINGUA.V6I1.10504

Rahmah, N. (2016). Menulis naskah drama berbasis kelompok berorientasi pada pengalaman sosial siswa. Retrieved from https://consensus.app/papers/menulis-naskah-drama-berbasis-kelompok-berorientasi-

Sari, N. M., Taufina, T., & Zulfia, M. (2020). Analisis kemampuan menulis naskah drama siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Padang.

Sasmita, D. (2018). Implementasi model pembelajaran berbasis proyek dalam menulis naskah drama siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bukit Batu.

Downloads

Abstract Views : 3
Downloads Count: 0

Published

2025-09-13

How to Cite

Rahmawati, I. S., Putra, A. W., Wati, E. N., Firman, & Hidayat, I. A. (2025). Pelatihan Menulis Naskah Drama Bertema Romantisme Remaja di SMK Kartika XIX-3 Kota Cirebon. SANISKALA : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 48–52. https://doi.org/10.31949/jsk.v3i2.15225

Issue

Section

Articles