MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH DENGAN LATIHAN LOMPAT TALI : PENELITIAN TINDAKAN KELAS PADA KELAS VIII.2 SMPN 5 KOTA CIREBON
DOI:
https://doi.org/10.31949/respecs.v3i2.1222Abstrak
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk lebih memperbaiki pembelajaran lompat jauh dalam upaya meningkatkan hasil belajar terutama hasil lompatan yang optimal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan di SMPN 5 Kota Cirebon tahun ajaran 2012/2013 pada siswa kelas VIII.2 dengan jumlah siswa 25 (Dua kelas RSBI). Hasil penelitian pembelajaran lompat jauh dengan latihan lompat tali menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar yang dibuktikan dengan peningkatan rata-rata nilai teknik lompat jauh dari 57,24 menjadi 84,20 atau meningkat 47,1 %, ketuntasan belajar mencapai 100 % dan hasil jarak lompatan dari rata-rata meningkat 51,96 % dari rata-rata jarak 257,6 cm. menjadi 391,3 cm. Dari segi sikap, siswa termotivasi menerima konsep latihan kekuatan dengan skipping karena merasa senang dan gembira yang ditunjukkan dengan keaktifan siswa pada setiap tahapan pembelajaran. Dengan demikian Semakin tinggi frekuensi dan intensitas pengulangan maka akan semakin tinggi pula hasil kemampuan teknik dan hasil lompatan yang diperoleh.