Brand Switching Behavior In Purchasing Smartphone Products At Online Ojek Drivers In Banjarmasin
DOI:
https://doi.org/10.31949/maro.v6i2.6338Abstract
Semakin berkembang jaman, semakin berkembang pula alat komunikasi yaitu smartphone, semakin lama semakin menarik dari bentuk dan fiturnya. Setiap smartphone pasti memiliki keunggulan dan kelemahan yang berbeda-beda. Konsumen yang mengalami ketidakpuasan pasca konsumsi mempunyai kemungkinan akan mencari alternatif merek lain pada konsumsi berikutnya untuk meningkatkan kepuasannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi perilaku Driver Ojek Online sebagai konsumen dan faktor-faktor apa saja yang menjadi penyebab perilaku brand switching konsumen terhadap smartphone pada Driver Ojek Online di Banjarmasin. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif, teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan wawancara kepada Driver Ojek Online di Banjarmasin. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yaitu, mereduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dengan responden yang mempengaruhi perilaku konsumen adalah faktor sosial yaitu kelompok referensi dan keluarga, dan faktor pribadi yaitu pekerjaan, umur, dan gaya hidup. Yang menjadi penyebab perilaku brand switching adaah kualitas produk, harga, iklan dan promosi, dan variasi. Di mana setiap konsumen dalam melakukan brand switching pasti akan mencari produk dan merek smartphone yang lebih baik dari produk dan merek smartphone yang konsumen gunakan sebelumnya.