POLA PENDIDIKAN BERBASIS PONDOK PESANTREN DALAM UPAYA MENCAPAI KEUNGGULAN KOMPETITIF
Abstract
Penelitian dilatarbelakangi paradigma masyarakat yang menganggap pola pendidikan di pesantren masih tradisional, sehingga lulusannya kurang memiliki life skill yang memadai. Penelitian bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan : a)Inovasi pendidikan pondok pesantren modern al-Islam; b)Penerapan modernisasi di pondok pesantren; c) Keunggulan kompetitif dalam Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif, teknik dan alat pengumpul data utama menggunakan wawancara mendalam, penentuan informan secara purposive. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif interpretatif melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diuji melalui teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukan : a) Inovasi dilakukan dalam rangka modernisasi pendidikan dan pembelajaran; b) Penerapan modernisasi dilakukan pada semua aspek kurikulum; c) Keunggulan kompetitif dalam pendidikan diwujudkan dalam bentuk prestasi lulusan bidang ilmu pengetahuan, bahasa, dan kewirausahaan. Kesimpulan, keunggulan kompetitif dapat dibangun melalui penerapan pola pembelajaran modern tanpa mengurangi pola pesantren yang sudah baku.
Keywords:
Pola pendidikan, Pondok Pesantren, Keunggulan KompetitifDownloads
References
Abdul Fattah Abu Ghuddah. (2009). 40 Metode Pendidikan Dan Pengajaran Rasulullah SAW, Bandung: Penerbit IBS
Adams S. (2000). The secret of focus. Yogyakarta: Psikologi Corner
Arikunto S. (2010), Prosedur Penelitian. Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT.Rineka Cipta .
Arifin, HM. (2011). Ilmu Pendidikan Islam; Tinjauan Teoretis dan Praktis Berdasarkan Pendidikan Interdisipliner, Jakarta: PT Bumi Aksara.
Allejar, M (2017). Pengaruh Implementasi Kebijakan Standar Proses Pendidikan Terhadap Manajemen Kurikulum untuk Mewujudkan Efektivitas Pembelajaran, 1(1), 39048.
Colloin, G dan Dizon, H (1991), Integrated Learneng, Autralia: Bookshelf Publishing.
Djamarah S, (2010). Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta.
Daradjat, Z. (2002). Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: PT Bumi Aksara.
Mashuri, MP. (2011). Metodologi Penelitian. Pendekatan Praktis dan Aplikatif. Bandung: PT. Refika Aditama
Nata A, (2005). Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta Selatan: Cetakan Pertama.Gaya Media Pratama
Ngalimun, (2013). Perkembangan Dan Pengembangan Kreatifitas. Yogyakarta: Aswaja Pressindo
Puji N. (2019). Assalamualaikum Generasi Milenial. Jakarta: PT.Gramedia
Rasyid Dimas M. (2006). 25 Kiat Mempengaruhi Jiwa dan Akal Anak. Bandung: Syaamil Cipta Media.
Rahyasih, Yayah (2011) Pengembangan Sumber Daya Manusia Universitas Pendidikan Indonesia, 13(2),16-31.
Ramdhani, A (2014). Lingkungan Pendi- dikan dalam Implementasi Pendidikan Karakter, JPUG, 8(1), 27-36.
Rosidah (2004). Dimensi Budaya dalam Peningkatan Sumber daya Manusia Melalui Implementasi Total Quality Management, 2(1),52-58.
Saeful P, (2018). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT.Bumi Aksara.
Saroni, M. (2011). Manajemen Sekolah Kita Menjadi Pendidik yang Kompeten, Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2018). Metode penelitian Kombinasi (mixed methods). Bandung: CV. Alfabeta
Sumarna C. (2008). Filsafat Ilmu. Bandung: Mulia Press
Isjoni. (2010). Cooperative learning efektifitas pembelajaran kelompok. Bandung; Penerbit Alfabeta.
Junawan (2015). Mengembangkan Sumber Daya Manusia (HRM) yang strategis untuk Menunjang Daya Saing Organisasi; Perspektif Competency & Talent Management, 13(3), 285-269.
Kompri, (2018). Manajemen & Kepemim- pinan Pondok Pesantren. Jakarta: Prenadamedia Group
Syamsuddin M, (2007). Psikologi Kependidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Syatori N (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Bandung: CV. Pustaka Setia
Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Yunus A, (2013). Entrepreneurship. Maja- lengka: Unit Penerbitan Universitas.
Zarnuji, Al Burhan al-Islam (t.th) Ta’lim al- Muta’allim (dalam syarh SyaikhIbrahim bin Ismail, Semarang: PT Toha Putra.
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Adin Amadin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.