PENGEMBANGAN MEDIA UNPLUGGED CODING TERHADAP COMPUTATIONAL THINKING DAN PROBLEM SOLVING PADA PENDIDIKAN ANAK USIA 5-6 TAHUN

Penulis

  • Cicik Fauziyah Universitas Negeri Surabaya, Surabaya, Jawa Timur, Indonesia
  • Kartika Rinakit Adhe Universitas Negeri Surabaya, Surabaya, Jawa Timur, Indonesia
  • Wulan Patria Saroinsong Universitas Negeri Surabaya, Surabaya, Jawa Timur, Indonesia
  • Andi Kristanto Universitas Negeri Surabaya, Surabaya, Jawa Timur, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31949/madinasika.v6i2.14120

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas media unplugged coding dalam meningkatkan kemampuan numerasi dan berpikir kritis anak usia 5–6 tahun. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain quasi-experimental nonequivalent control group, melibatkan 40 anak dari TK Islam Al-Azhar Surabaya yang dibagi menjadi dua kelompok, yaitu eksperimen dan kontrol. Kelompok eksperimen mendapatkan perlakuan pembelajaran menggunakan media unplugged coding, sedangkan kelompok kontrol tidak. Instrumen berupa lembar observasi dan Lembar Kerja Anak digunakan untuk menilai perkembangan computational thinking dan problem solving. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada kelompok eksperimen, baik dalam kemampuan berpikir komputasional (dari rata-rata 32,15 menjadi 43,20) maupun kemampuan menyelesaikan masalah (dari 29,50 menjadi 40,10). Analisis uji-t bahwa media unplugged coding efektif dalam menstimulasi keterampilan kognitif anak. Pembelajaran berbasis permainan non-digital terbukti memberi pengalaman eksploratif yang kontekstual dan menyenangkan sesuai tahap perkembangan anak. Simpulan penelitian ini menunjukkan bahwa pendekatan inovatif seperti unplugged coding dapat menjadi strategi pembelajaran efektif dalam pendidikan anak usia dini untuk mengembangkan keterampilan berpikir tingkat tinggi.

Kata Kunci:

unplugged coding, Numerasi, Berikir Kritis, Anak Usia Dini

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Haryono, P., Judijanto, L., Maidartati, M., Heriani, D., & Aryanti, N. (2024). Dasar-Dasar Pendidikan Usia Dini: Konsep, Teori & Perkembangan. PT. Green Pustaka Indonesia.

Nainggolan, A. M., & Daeli, A. (2021). Analisis teori perkembangan kognitif Jean Piaget dan implikasinya bagi pembelajaran. Journal of Psychology Humanlight, 2(1), 31-47.

Mutoharoh, M., Munawar, M., & Hariyanti, D. P. D. (2023). Kegiatan Unplugged Coding Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Logis Dan Kritis Anak Usia Dini. In Seminar nasional" Transisi PAUD ke SD yang menyenangkan".

Haloho, B., & Napitu, U. (2023). Pelaksanaan Kegiatan Literasi Dan Numerasi Bagi Peserta Didik Kelas Tinggi Sekolah Dasar. Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan, 12(2).

Puling, H., Manilang, E., & Lawalata, M. (2024). Logika dan Berpikir Kritis: Hubungan dan Dampak Dalam Pengambilan Keputusan. Sinar Kasih: Jurnal Pendidikan Agama Dan Filsafat, 2(2), 164-173.

Hartono, C. P., Agustini, K., & Sudatha, I. G. W. (2025). Systematic Literature Review: Efektivitas Pembelajaran Pembelajaran Plugged dan Unplugged dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Komputasional Siswa. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(1), 1043-1050.

Prasetyo, T. R., Pradini, S., & Irzalinda, V. (2023). Pemahaman Guru PAUD tentang Pembelajaran Coding untuk Anak Usia Dini. Aulad: Journal on Early Childhood, 6(2), 121-126.

Suci, Y. T. (2018). Menelaah Teori Vygotsky dan interdepedensi sosial sebagai landasan teori dalam pelaksanaan pembelajaran kooperatif di sekolah dasar. Naturalistic: Jurnal Kajian dan Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 3(1), 231-239.

Wing, J. (2008). Computationa thingkin and thingking about computing. Philosophical Transactions of The Royal Society A Mathematical, Physical and Engineering Sciences, 366(1881), 3717-3725

Unduhan

Abstract Views : 16
Downloads Count: 11

Diterbitkan

2025-06-10

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama