PERAN KEPEMIMPINAN VISIONER KEPALA SEKOLAH DALAM MENGHADAPI TANTANGAN PENDIDIKAN ERA SOCIETY 5.0
DOI:
https://doi.org/10.31949/madinasika.v7i1.14085Abstract
Sekolah dihadapkan pada tantangan besar untuk melakukan transformasi tidak hanya pada kurikulum, tetapi juga budaya kerja, pola pikir guru, cara belajar siswa, dan penggunaan teknologi dalam pembelajaran di era society 5.0. Penelitian ini bertujuan menganalisis peran kepemimpinan visioner kepala sekolah dalam menghadapi tantangan tersebut di SMA Negeri 1 Cilamaya dan SMPIT Nurul Fikri. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan fenomenologi untuk menggali pengalaman dan pandangan kepala sekolah secara mendalam. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam secara daring selama April hingga Mei 2025. Analisis tematik digunakan untuk mengolah data hasil wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah di kedua sekolah tersebut mampu merumuskan visi dan misi yang relevan dengan kebutuhan zaman, menguatkan budaya inovasi, serta melakukan transformasi digital dalam manajemen dan pembelajaran. Pemberdayaan guru melalui pelatihan dan kolaborasi dengan berbagai pemangku kepentingan menjadi strategi penting untuk mendukung kesiapan sekolah menghadapi perubahan. Kepemimpinan visioner ini menjadi kunci keberhasilan dalam membangun lingkungan belajar yang adaptif, inovatif, dan berorientasi pada pengembangan karakter dan kompetensi digital siswa di era Society 5.0
Keywords:
Kepemimpinan Visioner, Era Society 5.0, Transformasi Digital, Inovasi Pendidikan, Pendidikan AdaptifDownloads
References
Anwar, S., Kasenda, I., Zalharis, E., Marlina, L., & Febriyanti. (2025). Manajemen Sekolah Dalam Membudayakan Literasi Media dan Penerapan Teknologi Dalam Pembelajaran PAI Di SMP Bukit Asam Tanjung Enim. Irfani, 21(1), 98–107. https://doi.org/10.30603/ir.v21i1.6273
Apandi, I. (2018). Strategi Pembelajaran Aktif Abad 21 dan HOTS. Yogyakarta: Penerbit Samudra Biru (Anggota IKAPI).
Hamengkubuwono, Kristianto, M. N., & Kristiawan, M. (2020). Strategi Pengendalian Konflik. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan), 5(2), 206–216. https://doi.org/10.31851/jmksp.v5i2.3771
Hartono, Ilhami, A. H., Rukhama, A., Pratama, M. D., & Fathoni, T. (2025). Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah Dalam Mewujudkan Pendidikan Berbasis Masa Depan di MA Ma’arif Balong. Al-Mikraj: Jurnal Studi Islam dan Humaniora, 5(2), 611–624. https://doi.org/10.37680/almikraj.v5i2.6290
Hidayat, R. (2021). Peran Keilmuan Manajemen Industri Pada Era Revolusi Industry 4.0 Dan Society 5.0. Malang: Media Nusa Creative.
Ihwan, M. B. (2025). Kepemimpinan Visioner: Membangun Perilaku Organisasi Pendidikan yang Dinamis. Mojokerto: Insight Mediatama.
Mukaddamah, I. (2023). Peran Kepala Sekolah Dalam Pengelolaan Pendidikan. Jurnal Ilmiah Hospitality, 12(2), 1–14. https://doi.org/10.47492/jih.v12i2.3069
Nurjanah, S., Bedi, F., & Fitri, T. A. (2024). Strategi Pemimpin Dalam Meningkatkan Daya Saing Siswa Lulusan Di Era Digitalisasi. Re-JIEM (Research Journal of Islamic Education Management), 7(2), 1–14. Diambil dari http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI
Putri, D. A., & Nanggala, A. (2023). Analisis Penerapan Literasi Digital Dalam Pembelajaran Di SDN 258 Sukarela. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 3836–3848.
Rachman, E. A., Humaeroh, D., Sari, D. Y., & Mulyanto, A. (2023). Kepemimpinan Visioner Dalam Pendidikan Karakter. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 1024–1033. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.5053
Sagala, A. H., Nurhaliza, M., Anikmah, S. Al, & Nasution, I. (2024). Peran Kepemimpinan Transformasional dalam Meningkatkan Kinerja Organisasi Pendidikan The Role of Transformational Leadership in Enhancing Educational Organization Performance. JICN: Jurnal Intelek dan Cendikiawan Nusantara, 1(2), 1448–1456.
Sofi’i, I., Mukhoyyaroh, & Yunus. (2020). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Bandung: CV. Adanu Abimata.
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suherman, Y. R., Nugroho, T. A., Quraini, F. B., & Yasin, M. (2023). Analisis Perkembangan Industrialisasi Era 5.0 Terhadap Kondisi Pendidikan Di Kecamatan Menganti Kabupaten Gresik Jawa Timur. Jurnal Kajian dan Penelitian Umum, 1(3), 169–182. https://doi.org/10.47861/jkpu-nalanda.v1i3.241
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ernani Yunita, Jeesssy Isjtidla, Irnie Victorynie

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.