DESAIN LINGKUNGAN BELAJAR YANG MENDUKUNG PENDIDIKAN INKLUSIF DI PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
DOI:
https://doi.org/10.31949/madinasika.v6i2.13837Abstract
Penelitian ini membahas pentingnya desain lingkungan belajar yang mendukung pelaksanaan pendidikan inklusif di jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), sejalan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) poin keempat tentang pendidikan inklusif dan berkualitas. Permasalahan utama dalam penelitian ini adalah masih kurangnya pemahaman dan penerapan desain lingkungan belajar yang benar-benar adaptif terhadap keragaman kebutuhan anak usia dini, terutama mereka yang memiliki kebutuhan khusus. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi elemen-elemen desain ruang belajar yang inklusif serta peran pendidik dan masyarakat dalam menciptakan suasana belajar yang ramah bagi semua anak. Metode yang digunakan adalah studi literatur dengan pendekatan kualitatif, melalui penelusuran sistematis terhadap artikel ilmiah dari database bereputasi seperti SpringerLink, Google Scholar, dan Taylor & Francis. Analisis dilakukan dengan teknik content analysis untuk menelaah tema-tema utama dalam literatur yang dipilih. Hasil penelitian menunjukkan bahwa desain lingkungan belajar yang efektif harus mempertimbangkan aspek fisik, sosial, dan emosional anak, serta didukung oleh pendekatan pedagogis inklusif dan kolaboratif. Selain itu, budaya sekolah yang menerima keberagaman dan pelatihan guru yang berkelanjutan menjadi faktor pendukung utama. Artikel ini diharapkan dapat memberikan kontribusi teoritis dan praktis dalam pengembangan strategi pendidikan inklusif yang berkelanjutan di PAUD.
Keywords:
inklusif, pendidikan, PAUDDownloads
References
Benítez-Lugo, M. L., Pinero-Pinto, E., Leon-Larios, F., Medrano-Sánchez, E. M., de-la-Casa-Almeida, M., & Suarez-Serrano, C. (2021). Inclusive design in the field of education from the paradigm of early intervention. Children, 8(6), 474.
Famella, S., Susardi, S., Sitohang, R. Z., Budiarti, I. A., Haris, M., Yusmita, Y., ... & Ginting, N. B. (2024). Kajian Pengelolaan Sistem Pendidikan. CV. Gita Lentera.
Finders, J., Wilson, E., & Duncan, R. (2023). Early childhood education language environments: Considerations for research and practice. Frontiers in Psychology, 14, 1202819.
Grönman, S., Lindfors, E., & Rönkkö, M. L. (2024). Design thinking in early childhood education and care. A literature review and consideration from the perspective of young learners’ craft, design, and technology education. International Journal of Technology and Design Education, 1-21.
Harahap, E. (2022). Pendidikan Inklusi. Penerbit NEM.
Haryono, P., Judijanto, L., Maidartati, M., Heriani, D., & Aryanti, N. (2024). Dasar-Dasar Pendidikan Usia Dini: Konsep, Teori & Perkembangan. PT. Green Pustaka Indonesia.
Herdian, H., & Listiana, A. (2024). Implementasi Psikologi inklusif dalam Pengembangan Keterampilan Sosial Emosional Anak Usia Dini. Aulad: Journal on Early Childhood, 7(2), 636-636.
Idhayani, N., Nurlina, N., Risnajayanti, R., Halima, H., & Bahera, B. (2023). Inovasi pembelajaran anak usia dini: Pendekatan kearifan lokal dalam praktik manajemen. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(6), 7453-7463.
Jusni, E., Fonsén, E., & Ahtiainen, R. (2023). An inclusive early childhood education setting according to practitioners’ experiences in Yogyakarta, Indonesia. Education Sciences, 13(10), 1043.
Mulyadi, S., & Kresnawaty, A. (2020). Manajemen pembelajaran inklusi pada anak usia dini. Ksatria Siliwangi.
Mustari, M., & Darmayanti, R. (2024). Masa depan manajemen pendidikan di Indonesia: era society 5.0 teori, strategi, analisis, dan aplikasinya. Penerbit Adab.
Nadhiroh, U., & Ahmadi, A. (2024). Pendidikan inklusif: membangun lingkungan pembelajaran yang mendukung kesetaraan dan kearifan budaya. Ilmu Budaya: Jurnal Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya, 8(1), 11-22.
Nelis, P., Pedaste, M., & Šuman, C. (2023). Applicability of the model of inclusive education in early childhood education: a case study. Frontiers in Psychology, 14, 1120735.
Paramansyah, A., & Parojai, M. R. (2024). Pendidikan Inklusif Dalam era Digital. Penerbit Widina.
Pertiwi, E. P., Ali, A. Z., & Sartinah, E. P. (2025). Filosofi dan Prinsip Dasar Pendidikan Inklusi: Implikasi terhadap Masalah Sosial Masyarakat. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 14(1), 329-346.
Pranyoto, Y. H., & Berangka, D. (2025). Implementation of Inclusive Education in Elementary Schools in Merauke District: An Analysis of Challenges and Solutions. Jurnal Masalah Pastoral, 13(1), 93-114.
Prihatin, E., & Sutangsa, S. P. (2025). Transformasi Kebijakan Pendidikan: dari Konsep hingga Pelaksanaan di Era Digital. Indonesia Emas Group.
Pugu, M. R., Riyanto, S., & Haryadi, R. N. (2024). Metodologi Penelitian; Konsep, Strategi, dan Aplikasi. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Siregar, D., Ringo, E. G. S., Ramadani, F., Butarbutar, F. F. N., Hutasoit, F. Y. N., Silalahi, M., ... & Tansliova, L. (2025). Analisis Stereotip Negatif: Tantangan Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah. CARONG: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Humaniora, 1(3), 421-430.
Surianto, S. P., & Mat, M. (2025). Pendidikan Inklusif (Perspektif Teori dan Praktek). umsu press.
Susanto, D., & Jailani, M. S. (2023). Teknik pemeriksaan keabsahan data dalam penelitian ilmiah. QOSIM: Jurnal Pendidikan, Sosial & Humaniora, 1(1), 53-61.
Syamsuardi, E. M., Ridha, A., Yolanda, D., & Hudia, T. (2024). Peran Guru Dalam Membentuk Lingkungan Belajar Multikultural Yang Inklusif. Paramurobi: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 7(1), 63-77.
Ueda, K., Goto, A., Imamoto, T., & Yamazaki, Y. (2021). An inclusive early childhood intervention program for children with disabilities: Possible Effects on Children and Nursery Teachers. Frontiers in Rehabilitation Sciences, 2, 759932.
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Enik Susilowati, Mochamad Nursalim, Budi Purwoko

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.