PENINGKATAN KUALITAS PENGAMBILAN KEPUTUSAN MELALUI MANAJEMEN BERBASIS DATA DI SEKOLAH

Authors

  • Teguh Tianung Djoko Susanto Program Studi Magister Manajemen Pendidikan, Universitas Negeri Jakarta
  • Lutfia Syafruddin Program Studi Magister Manajemen Pendidikan, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia
  • Sultan Fadhly Abdullah Program Studi Magister Manajemen Pendidikan, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31949/madinasika.v6i2.13723

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana manajemen berbasis data (data driven management) dapat meningkatkan kualitas pengambilan keputusan di lingkungan sekolah. Fokus utamanya adalah pada penggunaan data sebagai dasar proses manajemen oleh kepala sekolah dan tenaga kependidikan. Metode penelitian yang digunakan adalah telaah pustaka sistematis dengan pendekatan Preferred Reporting Items for Systematic Reviews and Meta-Analyses (PRISMA), meninjau lima belas artikel ilmiah dari sumber nasional dan internasional yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan manajemen berbasis data dapat meningkatkan akurasi dan efisiensi keputusan, memperkuat penilaian berbasis bukti, dan mendorong budaya organisasi yang kolaboratif dan akuntabel. Kontribusi utama penelitian ini adalah memberikan pemahaman konseptual dan rekomendasi praktis tentang pentingnya meningkatkan literasi data, menyediakan infrastruktur pendukung, dan memperkuat kepemimpinan berbasis data sebagai dasar pengambilan keputusan yang strategis dan berkelanjutan di sekolah.

Keywords:

Manajemen berbasis data, Pengambilan keputusan, Literasi data

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alonzo, D., Quimno, V., Townend, G., & Oo, C. Z. (2024). Using information and communication technology (ICT)-based data systems to support teacher data-driven decision-making: Insights from the literature (2013–2023). Educational Assessment, Evaluation and Accountability, 36(4), 433-451.

Athanatou, M., Prendes Espinosa, M. P., & Gutierrez Porlan, I. (2023). Data-Driven Decision Making as a Model to Improve in Primary Education. Journal of Education and e-Learning Research, 10(1), 36-42.

Candra, M. A. A., & Wulandari, I. A. (2021). SISTEM INFORMASI BERPRESTASI BERBASIS WEB PADA SMP NEGERI 7 KOTA METRO. Jurnal Mahasiswa Ilmu Komputer (JMIK) Vol. 01, No. 01, Maret 2021, 16(4), 327–332. https://doi.org/10.22141/2224-0721.16.4.2020.208486

Fitriyani, N. I. (2021). Metode PRISMA untuk memprediksi penyakit kanker payudara. JII : Jurnal Inovasi Informatika Universitas Pradita, 6(September 2021), 13–18. https://jurnal.pradita.ac.id/index.php/jii/article/download/187/82/642

Ghodoosi, B., Torrisi-Steele, G., West, T., & Li, Q. (2023). An Exploration of the Definition of Data Literacy in the Academic and Public Domains. International Journal of Adult Education and Technology, 14(1), 1–16. https://doi.org/10.4018/ijaet.325218

Habbah, U. N., & Nasution, M. I. padli. (2024). Pentingnya Data Integrasi Dalam Pengembangan Sistem Informasi di Bidang Pendidikan. JurnalIlmiahNusantara, 1(4), 711–717.

Hebbecker, K., Förster, N., Forthmann, B., & Souvignier, E. (2022). Data-based decision-making in schools: Examining the process and effects of teacher support. Journal of Educational Psychology, 114(7), 1695.

Lindarahayu. (2021). Pengambilan Keputusan Dalam Lembaga Pendidikan. Proceedings of Annual Conference on Islamic Educational Management, 3(1), 162 - 178.

Noor, S. (2020). Pengambilan keputusan dalam perencanaan program kepala SMA Negeri 1 Danau Sembuluh (Doctoral dissertation, IAIN Palangka Raya).

Nur Habibah, U., & Irwan Padli Nasution, M. (2024). PENTINGNYA DATA INTEGRASI DALAM PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI DI BIDANG PENDIDIKAN. Jurnal Ilmiah Nusantara ( JINU), Vol.1, No., 1–7.

Nurzen, S. M. (2022). Data-based decision making for education planning: strategies for principal success. Journal of Counseling and Education, 10(4), 589-596.

Pasolong, H. (2023). Teori Pengambilan Keputusan.

Rasyidi. (2022). Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Prestasi Sekolah. Al-Miskawaih: Journal of Science Education, 1(1), 49–70. https://doi.org/10.56436/mijose.v1i1.81

Riske, A. K. (2022). Teacher Professional Knowledge and Pedagogical Practices for Data-Driven Decision-Making.

Rustandy, dkk. (2023). Mendorong Pertumbuhan Bisnis: Memanfaatkan Pengambilan Keputusan Berbasis Data untuk Optimalisasi Sumber Daya dan Inovasi dalam Manufaktur Agil. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 4(6), 9459-9468.

S, M. Nurzen. (2022). Data-based decision making for education planning: strategies for principal success. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 10(4), 589–596. https://doi.org/10.29210/189500

Turnip, H. (2024). Penggunaan Big Data untuk Optimalisasi Pengambilan Keputusan di Sekolah. 7(8), 3138–3145. https://doi.org/10.56338/jks.v7i8.5971

Utami, M. C., Jahar, A. S., & Zulkifli, Z. (2021). Tinjauan Scoping Review Dan Studi Kasus. RADIAL : Jurnal Peradaban Sains, Rekayasa Dan Teknologi, 9(2), 152–172. https://doi.org/10.37971/radial.v9i2.231

Wibowo, A., Faridah, I., & Nurmalasari, I. (2023). The Role of Big Data in Improving Educational Management Decisions in Madrasah. 02(01), 1–9.

Yuli, S., Yulihapsari, I. U., Sundari, P., Purwoko, H., & Firdiansyah, R. (2024). Application Of Data-Driven Management For More Effective Decision Making : A Perspective Penerapan Manajemen Berbasis Data Untuk Pengambilan Keputusan Yang Lebih Efektif : Dalam Suatu Perspektif. 5(2), 5260–5268.

Downloads

Abstract Views : 136
Downloads Count: 108

Published

2025-06-30