ANALISIS PENGARUH KUALITAS SISTEM, KUALITAS INFORMASI, DAN KUALITAS LAYANAN PADA SISTEM (ERP) TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA DI PT. SRI REJEKI ISMAN TBK

Authors

  • Fiqih Dwi Rifai Universitas Duta Bangsa
  • Eko Purwanto Universitas Duta Bangsa
  • Nurmalitasari

DOI:

https://doi.org/10.31949/infotech.v10i1.8396

Keywords:

sistem informasi, kualitas sistem, ERP

Abstract

ERP adalah suatu sistem integrasi yang mengalami penyederhanaan proses bisnis suatu organisasi agar dapat beroperasi dengan lebih efisien dan efektif. Namun, salah satu hambatan dalam penerapan sistem ERP ini adalah kurangnya pengetahuan beberapa pengguna terkait sistem tersebut. Keberhasilan suatu sistem ERP sangat bergantung pada sejauh mana sistem tersebut bermanfaat dan memberikan kemudahan kepada pengguna, sehingga dapat memberikan kepuasan kepada mereka. Aspek-aspek kualitas seperti kualitas sistem, informasi, dan layanan sangat berpengaruh secara signifikan terhadap tingkat kepuasan pengguna terhadap sistem ERP. Temuan dari penelitian ini didapatkan dari 17% dari total 486 karyawan di PT. Sri Rejeki Isman Tbk, dengan sampel berjumlah 83 karyawan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner yang didistribusikan kepada 83 karyawan. Hasil analisis dari pengolahan data penelitian menunjukkan bahwa kualitas sistem, kualitas informasi, dan kualitas layanan dalam sistem ERP secara positif dan signifikan memengaruhi tingkat kepuasan pengguna

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akram, Animah, dan Basuki. 2017. Pengaruh Kualitas Sistem Informasi, Kualitas Informasi, Kepuasan Pengguna, Dan Kompetensi Sumber Daya Manusia Terhadap Penggunaan Sistem ERP (Enterprise Resource Planning) Berbasis Tam (Technology Acceptance Model). Jurnal Magister Manajemen Universitas Mataram. e-issn: 2548-3919.

Anjelita, P., dan Rosiska, E. 2021.Rancang Bangun Sistem Informasie-Learningpada SMK Negeri 3 Batam. Computer and Science Industrial Engineering (COMASIE), Vol. 1(01): 132–141.

Arikunto, S. 2019. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka cipta

Buanawati, B., Sopa, H., Harun, N., dan Amalia, R. 2019. Peran Kualitas Layanan Dan Kualitas Sistem Enterprise Resource Planning (Erp) Dalam Meningkatkan Kepuasan Pengguna Dilingkungan Universitas Padjadjaran. Dharmakarya: Jurnal Aplikasi Ipteks untuk Masyarakat. Vol. 8(1): 20-28.

Chugh, R., Sharma, S, C., and Cabrera, A. 2017. Lessons learned from enterprise resource planning (ERP) implementations in an Australian company. International Journal of Enterprise Information Systems. Vol. 13 (3): 23–35, 2017

Dahur, A., Sediyono, E., dan Widodo, A. 2023.Analisis Faktor-Faktor Kesuksesan Penerapan Enterprise Resource Planning Terhadap Kinerja Organisasi. INTEGER: Journal of Information Technology. Vol. 8(1): 22-33

Dessyana, dan Yolanda, Y. 2022. Pengaruh Kualitas Sistem Dan Kualitas Informasi Terhadap Kepuasan Pengguna Enterprise Resource Planning-System Application And Product In Data Processing (Erp-Sap) Pada Pt. Inalum (Persero) Sumatera. JIMAT (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi) Universitas Pendidikan Ganesha. Vol. 13(1):259-270

Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Edisi 9. Semarang: Universitas Diponegoro.

Lingga, N., Aldian, M., dan Ruslan, R. 2022. Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, Kualitas Layanan Dan Perceived Usefulness Terhadap Kepuasan Pengguna Dan Kinerja Karyawan Pada Sistem Enterprise Resource Planning (Erp) Mobiz Di Pt. Nusa Mandiri Utama. Syntax Idea. Vol. 4(3):565-584

O’Brien, A, J., dan Marakas, G. M. 2017. Sistem Informasi Manajemen Buku 1 -9/E. Jakarta Selatan: Salemba Empat.

Pawirosumarto, S. 2016. Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pengguna Sistem E-Learning. Jurnal Ilmiah Manajemen. Vol. 6(3): 416–433

Ramadhan, S., Safitri, N., dan Setiawan, S. 2021. Model Kesuksesan Sistem Informasi Delone Dan Mclean Terhadap Sistem Informasi Akademik Pada Universitas Bina Insani. Nformation Management For Educators And Professionals. Vol. 5(2): 85-96

Sekaran, Uma dan Bougie, Roger Bougie. 2017. Metode Penelitian Bisnis, Edisi 6. Jakarta: Salemba Empat.

Sidanta, O., dan Meyliana. 2023. Pengaruh Implementasi ERP Kepada Kinerja Karyawan Saat Melakukan Work From Home (WFH). Jurnal Sistem Cerdas. Vol. 6(2): 153-167

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alphabeta.

Wibisono, Setyawan. 2005. Enterprise Resource Planning (ERP) Solusi Sistem Informasi Terintegrasi. Jurnal Teknologi Informasi Dinamik. Vol. 10(3): 150-159.

Wicaksono, A., Mulyo H., dan Riantono, I. 2015. Analisis Dampak Penerapan Sistem ERP Terhadap Kinerja Pengguna. Binus Business Review. Vol. 6(1): 25-34

Witjaksono, R., Islamiyah, M., dan Azizah, A. 2019. Pengaruh Adopsi Sistem ERP Terhadap Kinerja Karyawan Menggunakan Task Technology Fit. Jurnal Rekayasa Sistem Dan Industri. Vol. 6(2):85-90

Downloads

Published

18-01-2024

How to Cite

Rifai, F. D., Eko Purwanto, & Nurmalitasari. (2024). ANALISIS PENGARUH KUALITAS SISTEM, KUALITAS INFORMASI, DAN KUALITAS LAYANAN PADA SISTEM (ERP) TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA DI PT. SRI REJEKI ISMAN TBK. INFOTECH Journal, 10(1), 49–56. https://doi.org/10.31949/infotech.v10i1.8396

Issue

Section

Articles