APLIKASI PENGENALAN ALAT MUSIK MENGGUNAKAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY(STUDI KASUS SDN SAGALAHERANG III)
DOI:
https://doi.org/10.31949/infotech.v9i2.6522Abstract
Pendidikan Seni Budaya menjadi penting dalam kurikulum dan berdampak pada pembentukan karakter siswa. Seni Musik, sebagai bagian dari seni budaya, memberikan manfaat seperti keterampilan penalaran, koordinasi tangan-mata, dan pengembangan kepribadian. Namun keterbatasan akses alat musik di sekolah dapat menghambat pemahaman siswa. Solusi berbasis modul dan berbasis video kurang interaktif. Augmented Reality (AR) muncul sebagai alternatif, menggabungkan dunia nyata dan virtual. Studi sebelumnya telah menggunakan AR untuk mengajarkan alat musik dengan tampilan dan suara 3D. Penelitian ini berfokus pada pengembangan aplikasi AR interaktif untuk pengenalan alat musik, mencoba memberikan pemahaman yang lebih baik kepada siswa sekolah dasar.
Keywords:
Augmented Reality, InteractiveApplication, MusicDownloads
References
Azuma, Ronald, Yohan Baillot, Reinhold Behringer, Steven Feiner, Simon Julier, and Blair MacIntyre. 2001. “Recent Advances in Augmented Reality.” IEEE Computer Graphics and Applications 21 (6): 34–47. https://doi.org/10.1109/38.963459.
Elisa, Edi. 2016. “Pengertian Media Pembelajaran.” 2016. https://educhannel.id/blog/artikel/pengertian-media-pembelajaran.html.
Feradhita. 2021. “Pengertian, Model, Dan Tahapan SDLC (Software Development Life Cycle).” Logique. 2021. https://www.logique.co.id/blog/2021/04/28/tahapan-sdlc/#Pengertian_SDLC_Software_Development_Life_Cycle%0Ahttps://ww w.logique.co.id/blog/2021/04/28/tahapan-sdlc/#:~:text=Tahapan SDLC yang selanjutnya adalah proses analisis. Pada,fungsi dari software yang.
Fernando, Mario. 2013. “Membuat Aplikasi Android Augmented Reality Menggunakan Vuforia SDK Dan Unity.” 2013. https://digilib.unikadelasalle.ac.id/index.php?p=show_detail&id=8037.
Hutasuhut, Ronald. 2017. “Fungsi Pelajaran Seni Musik Di Sekolah.” 2017. https://www.kompasiana.com/ronaldhutasuhut/58d9b119ba93735432587b9c/fungsi-pelajaran-seni-musik-di-sekolah.
Sofiudin, Mohamad, Tubagus Mohammad Akhriza, and Dinny Wahyu Widarti.
“Aplikasi Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Pada Buku Pengenalan Alat Musik Modern Untuk Anak.” Jurnal Teknika 11 (1): 1050. https://doi.org/10.30736/jt.v11i1.281.
Subagja, Herri Sutiana. 2020. “PENINGKATAN PEMAHAMAN SISWA TERHADAP TANAMAN HIAS MELALUI IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY.”
Sutiono S.Kom., M.Kom., M.T.I. 2019. “Metode Prototype: Pengertian, Kekurangan Dan Kelebihan.” 2019. https://dosenit.com/software/metode- prototype.
Adi. 2022. “Pre Test Dan Post Test, Pengertian, Tujuan Serta Perbedaan.” EsaiEdukasi. 2022. https://www.esaiedukasi.com/2022/04/pre-test-dan-post-test.html.
Azuma, Ronald, Yohan Baillot, Reinhold Behringer, Steven Feiner, Simon Julier, and Blair MacIntyre. 2001. “Recent Advances in Augmented Reality.” IEEE Computer Graphics and Applications 21 (6): 34–47. https://doi.org/10.1109/38.963459.
Banoe, Pono. 1984. Pengantar Pengetahuan Alat Musik.
Efriwan, Agung Andrey. 2017. “Pengembangan Sistem Pembelajaran Interaktif Berbasis Web.” Repository.Upi.Edu.
Lestari, R. Savitri Puji. 2018. “Representasi Kaum Menak Priangan Dalam Gamelan Degung.”
Rosa A.S, M.Shalahuddinn. 2016. Rekayasa Perangkat Lunak Terstrukur Dan Berorientasi Objek.
Upandi, Pandi. 2010. Gamelan Salendro Gending Dan Kawih Kepesindenan Lagi-Lagu Jalan.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D).Bandung: Alfabet
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Danisya Krisna, Oman Komarudin, Carudin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.