NAIVE BAYES DAN WORDCLOUD UNTUK ANALISIS SENTIMEN WISATA HALAL PULAU LOMBOK
DOI:
https://doi.org/10.31949/infotech.v9i1.5322Abstract
Lombok merupakan salah satu destinasi wisata halal di Indonesia dan sudah diakui dunia. Untuk membuktikan asumsi tersebut berdasarkan sumber dari opini wisatawan, maka perlu dilakukan analisis sentimen apakah keberadaannya sesuai dengan yang diharapkan. Google Maps merupakan salah satu platform yang dapat menunjukkan lokasi pulau Lombok beserta ulasan tertulis dari wisatawan yang pernah berkunjung. Pengumpulan data ulasan dilakukan melalui teknik Web Scraping pada Google Maps Review, kemudian data diolah menggunakan RapidMiner dengan algoritma Naive Bayes. Visualisasi Wordcloud juga ditampilkan untuk memunculkan kata-kata yang sering diutarakan wisatawan. Text preprocessing yang dilakukan meliputi tokenize, filter token by length, transform case, stopword, dan stemming. Dari hasil pengujian model algoritma Naive Bayes didapatkan tingkat akurasi sebesar 74,75%. Visualisasi Wordcloud juga menemukan kata terbanyak teratas antara lain "indah", "wisata". “pantai”, “alam”, “gunung”, dan “masjid”.
Keywords:
Naive Bayes, world, cloud, sentimen, analisis, wisataDownloads
References
Amaliah, F., & Nuryana, D. I. K. (2022). Perbandingan Akurasi Metode Lexicon Based Dan Naive Bayes Classifier Pada Analisis Sentimen Pendapat Masyarakat Terhadap Aplikasi Investasi Pada Media Twitter. Journal of Informatics and Computer Science, 03.
Atmadja, B. R. (2022). Analisis Sentimen Bahasa Indonesia Pada Tempat Wisata di Kabupaten Sukabumi Dengan Naïve Bayes. 15(2), 371–382. http://journal.stekom.ac.id/index.php/elkompage371
Ayu Rizaty, M. (2022, November 3). Jumlah Penduduk Muslim Indonesia Terbesar di Dunia pada 2022. DataIndonesia.Id. https://dataindonesia.id/ragam/detail/populasi-muslim-indonesia-terbesar-di-dunia-pada-2022
Deviacita, D. A., Sasty, H. P., & Muhardi, H. (2019). Implementasi Web Scraping untuk Pengambilan Data pada Situs Marketplace. 7(4).
Haq, F. U. (2020). PENGGUNAAN GOOGLE REVIEW SEBAGAI PENILAIAN KEPUASAN PENGUNJUNG DALAM PARIWISATA. Tornare, 2(1), 10. https://doi.org/10.24198/tornare.v2i1.25826
Pratiwi, S. R., Dida, S., & Sjafirah, N. A. (2018). Strategi Komunikasi dalam Membangun Awareness Wisata Halal di Kota Bandung. Jurnal Kajian Komunikasi, 6(1). https://doi.org/10.24198/jkk.v6i1.12985
Siti Utami, D., & Erfina, A. (2022). Analisis Sentimen Objek Wisata Bali Di Google Maps Menggunakan Algoritma Naive Bayes. In Jurnal Sains Komputer & Informatika (J-SAKTI (Vol. 6, Issue 1).
Sudianto, Wahyuningtias, P., Warih Utami, H., Ahda Raihan, U., Nur Hanifah, H., & Nicholas Adanson, Y. (2022). COMPARISON OF RANDOM FOREST AND SUPPORT VECTOR MACHINE METHODS ON TWITTER SENTIMENT ANALYSIS (CASE STUDY: INTERNET SELEBGRAM RACHEL VENNYA ESCAPE FROM QUARANTINE). Jurnal Teknik Informatika (JUTIF), 3(1), 141–145. https://doi.org/10.20884/1.jutif.2022.3.1.168
Thomas, V. W. D., & Rumaisa, F. (2022). Analisis Sentimen Ulasan Hotel Bahasa Indonesia Menggunakan Support Vector Machine dan TF-IDF. JURNAL MEDIA INFORMATIKA BUDIDARMA, 6(3), 1767. https://doi.org/10.30865/mib.v6i3.4218
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 INFOTECH journal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.