IMPLEMENTASI TEKNIK HEURISTIC DAN PEMODELAN POHON KEPUTUSAN TERHADAP PERANCANGAN GAME IQ
DOI:
https://doi.org/10.31949/infotech.v7i1.1000Abstract
Pemecahan suatu masalah dapat dilakukan dengan melakukan pencarian diantara pilihan – pilihan yang ada. Hal ini di dasari pada cara pandang manusia dalam menyelesaikan masalah. Salah satu teknik yang dibutuhkan dalam penyelesaian masalah adalah Teknik Heuristic. Teknik Heuristic adalah sebuah teknik yang mengembangkan efisiensi dalam proses pencarian yang disebut sebagai fungsi heuristic.Pengambilan keputusan yang mungkin dari semua alternatif yang ada dapat dilakukan dengan pemodelan pohon keputusan (Decision Tree). Hampir semua permainan (game) yang berjenis strategi dirancang dengan pemodelan pohon keputusan karena setiap cabang pada pohon merepresentasikan keputusan yang mengawali penyelesaian yang lebih komplit dan node daun merepresentasikan penyelesaian yang komplit. Untuk itu dilakukan suatu perancangan perangkat lunak game IO dengan menggunakan teknik Heuristic dan pemodelan pohon keputusan, untuk menemukan solusi terbaik dengan menggunakan metode pencarian Minimax Searching.
Keywords:
Teknik Heuristic, Fungsi Heuristic, Pengambilan Keputusan, Decision Tree, GameDownloads
References
Azmi, Z., & Dahria, M. (2013). Decision Tree Berbasis Algoritma Untuk Pengambilan Keputusan. Jurnal SAINTIKOM, 157-164.
Mardiana, A., Zalilludin, D., & Fitriani, D. (2020). Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Keluarga Miskin Menggunakan Logika Fuzzy Tsukamoto. Infotech Journal, 24-29.
Romindo, R. (2019). Analisa Perbandingan Metode ANP dan SAW Dalam Menentukan Mahasiswa Terbaik. Jurnal Mantik Penusa, 43-50.
Sonata, F. (2018). Analisis Studi Kelayakan Pelayanan E-Commerce Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP). Jurnal Komunikasi, Media dan Informatika, 58-71.
Suyanto, S. (2017). Searching, Reasoning, Planning Dan Learning. Bandung: Informatika.