Analisis Kemampuan Calon Guru Matematika dalam Menyusun PowerPoint Terintegrasi TPACK Sebagai Media Pembelajaran
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v10i3.9405Abstract
Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampaun calon guru matematika dalam menyusun PowerPoint terintegrasi TPACK sebagai media pembelajaran. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar penilaian dan wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu menggunakan teknik analisis Miles, Huberman, dan Saldana yang terdiri dari 1) data reduction; 2) data display; 3) verification. Penelitian ini dilakukan pada kelas Micro Teaching FKIP Universitas Mataram Tahun Ajaran 2023/2024 dengan subjek penelitian yang digunakan yaitu sebanyak 14 orang mahasiswa yang ditentukan menggunakan teknik cluster random sampling. Instrumen pada penelitian ini menggunakan lembar penilaian kemampuan menyusun PowerPoint terintegrasi TPACK dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan mahasiswa calon guru pendidikan matematika dalam menyusun PowerPoint terintegrasi TPACK sebagai media pembelajaran berada pada kategori sedang dengan persentase yang didapatkan yaitu 72%.
Keywords:
Calon Guru, Micro Teaching, PowerPoint, TPACKDownloads
References
Andayani, Y., Sridana, N., Kosim, Setiadi, D., & Hadiprayitno, G. (2019). Harapan Dan Tantangan Implementasi Pembelajaran IPA Dalam Konteks Kompetensi Keterampilan Abad 21 Di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Edukasi Sumba (JES), 3(2), 1–8. https://doi.org/https://doi.org/10.53395/jes.v3i2.56
Aminah, N., & Wahyuni, I. (2018). Kemampuan Pedagogic Content Knowledge (PCK) Calon Guru Matematika Pada Program Pengalaman Lapangan di SMP/SMA Negeri Kota Cirebon. JNPM: Jurnal Nasional Pendidikan Matematika, 2(2), 259-267. http://dx.doi.org/10.33603/jnpm.v2i2.1291
Faridah, S., Djatmika, E. T., & Utaya, S. (2020). Kompetensi Profesional dan Pedagogik Guru Dalam Pengelolaan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 5(9), 1359-1364. http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v5i9.14059
Hasanah, N. (2020). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Microsoft Power Point Sebagai Media Pembelajaran pada Guru SD Negeri 050763 Gebang. JPKM: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 34–41.
Koehler, M. J., & Mishra, P. (2009). What is Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK)? Contemporary Issues in Technology and Teachers Education, 9(1), 60–70. https://doi.org/10.1177/002205741319300303
Malichatin, H. (2020). Analisis Kemampuan Technological Pedagogical and Content Knowledge Mahasiswa Calon Guru Biologi Melalui Kegiatan Presentasi Di Kelas. Journal Of Biology Education, 1(2), 162–171. https://doi.org/10.21043/jbe.v2i2.6352
Muntaha. (2018). Pengetahuan Mahasiswa Mengenai Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) dalam Pembelajaran Bahasa Inggris. ResearchGate, October. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.31467.18727
Purwoko, R. Y. (2017). Analisis Kemampuan Content Knowledge Mahasiswa Calon Guru Matematika Pada Praktek Pembelajaran Mikro. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE), 3(1), 55-65.
Rahma, M., Yulis, E., Pratiwi, N.,Susanto, R., & Syofyan, H. (2021). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi Untuk Mengembangkan Kompetensi Pedagogik Guru. Eduscience: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(2), 97-105. https://doi.org/10.47007/edu.v6i2.4142
Rahmadi, I. F. (2019). Penguasaan technological pedagogical content knowledge calon guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 16(2), 122–136. https://doi.org/10.21831/jc.v16i2.20550
Rusandi., & Rusli, M. (2021). Merancang Penelitian Kualitatif Dasar/Deskriptif dan Studi Kasus. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan dan Studi Kasus Islam, 2(1),46-60. https://doi.org/10.55623/au.v2i1.18
Salsabila, U. H., & Agustian, N. (2021). Peran Teknologi Pendidikan dalam Pembelajaran. Islamika: Jurnal Keislaman Dan Ilmu Pendidikan, 3(1), 123–133. https://doi.org/10.36088/islamika.v3i1.1047
Shulman, L. S. (1987). Knowledge and Teaching: Foundations of the New Reform. Harvard Educational Review, 57(1), 1–21.
Sintawati, M., & Indriani, F. (2019). Pentingnya Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) Guru Era Revolusi Industri 4.0. Seminar Nasional Pagelaran Pendidikan Dasar Nasional, 417-422.
Sridana, I. N., Arjudin, Amrullah, Turmuzi, M., & Junaidi. (2021). Sosialisasi dan implementasi perangkat pembelajaran matematika dalam mendukung keterampilan abad 21. Rengganis, Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 58–62. https://doi.org/https://doi.org/10.29303/rengganis.v1i1.1
Sridana, N., Soeprianto, H., & Amrullah. (2024). Analysis of Mathematics Teaching Devices of Teachers Based on the Integration of TPACK ( Technological , Pedagogic and Content Knowledge ). Path of Science, 10(6). https://doi.org/10.22178/pos.105-18
Sridana, N., Soeprianto, H., & Turmuzi, M. (2022). Domination Analysis of Influence between Educational and Professional Competency on the Performance of Prospective Mathematics Teachers in the School Field Introduction Program Domination Analysis of Influence between Educational and Professional Competen. Traektoriâ Nauki: Path of Science, 8(10), 5006–5012. https://doi.org/10.22178/pos.86-10
Sripatmi, Sridana, N., Arjudin, Wulandari, N. P., & Lu’luilmaknun, U. (2022). Pendampingan penyusunan perangkat pembelajaran inovatif bagi guru matematika SMP dan MTs di kecamatan Labuapi Lombok Barat melalui kegiatan LSLC. Rengganis Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 253–261. https://doi.org/https://doi.org/10.29303/rengganis.v2i2.262
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29–39. https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927
Suyamto, J., Masykuri, M., & Sarwanto, S. (2020). Analisis Kemampuan TPACK (Technological, Pedagogical, and Content Knowledge) Guru Biologi SMA Dalam Menyusun Perangkat Pembelajaran Materi Sistem Peredaran Darah. INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA, 9(1), 44-53. https://doi.org/10.20961/inkuiri.v9i1.41381
Wulanndari, E., Sutikyanto., & Mujiyanto. (2024). Optimalisasi Praktik Pengalaman Lapangan dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Calon Guru. Jurnal Educatio, 10(1), 98-104. https://doi.org/10.31949/educatio.v10i.6582
Turmuzi, M., & Kurniawan, E. (2021). Kemampuan Mengajar Mahasiswa Calon Guru Matematika Ditinjau dari Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) pada Mata Kuliah Micro Teaching. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2484–2498. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.881
Unaida, R., & Fakhrah. (2021). Studi Evaluasi Kemampuan TPACK (Technological, Pedagogical, and Content Knowledge) Guru Biologi SMA/MA Kecamatan Dewantara. Prosiding Seminar Nasional Biotik, 222-228. https://dx.doi.org/10.22373/pbio.v9i2.11599
Widaningsih, R., Irianto, D. M., & Yuniarti, Y. (2023). Pembelajaran Berbasis Tpack Untuk Meningkatkan Kemampuan Numerasi Dan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 9(1), 9–16. https://doi.org/10.26740/jrpd.v9n1.p9-16
Wulandari, E., Sutikyanto., & Mujiyanto. (2024) Optimalisasi Praktik Pengalaman Lapangan dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Calon Guru. Jurnal Educatio, 10 (1), 98-104. https://doi.org/10.31949/educatio.v10i.6582
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Nurul Magfirah, Nyoman Sridana, Dwi Novitasari, Ketut Sarjana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work